5. Love & Live

310 16 3
                                    

Love & Live


Love and live adalah title song untuk album dengan nama yang sama. Lagu ini dinyanyikan oleh unit pertama loona yaitu Loona 1/3 (sambuneil). Unit ini menjadi unit pertama yang dipublikasikan oleh block berry creative, dengan beranggotakan empat member yaitu Heejin, Hyunjin, Haseul dan Vivi. Vivi adalah member baru yang dipublikasikan bersamaan dengan unit ini. Selain itu lagu ini juga menjadi awal keanehan mulai terjadi didalam Loonaverse.

Lagu kali ini berjudul 지금 좋아해 (sekarang suka?(?)) atau dengan judul internasionalnya adalah Love & Live. Lagu ini memiliki tempo sedang dengan bagian reff yang sangat mudah diingat khas lagu kpop dan jpop. Lagu ini menceritakan tentang seorang perempuan yang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan dan ingin mengungkapkan perasaannya tapi tidak bisa.

Pertama kali suara yang kita dengar adalah suara Hyunjin yang berkata "Dengan segenap hatiku, Aku rindu, kini..." pertanyaannya kenapa harus Hyunjin? Sedangkan pada saat kata-kata ini terdengar kamera sedang fokus pada Vivi, apa mungkin kata-kata Hyunjin ditunjukan pada Vivi?

Heejin berkata, "Kau yang terus berkembang didalam hatiku, Dadaku seperti memeluk matahari terasa semakin panas." Ini jelas sekali seseorang yang Heejin maksud ini seperti matahari yang bukan lagi menghangatkannya tapi malah memanaskan tubuhnnya. Bagian berkembang dalam hati diatas juga tampak sedikit mencurigakan, sebenarnya apa arti kata 'Berkembang' diatas? Apa itu sebuah kata ganti atau mungkin memang ada seseorang didalam hati Heejin yang terus berkembang?

Hyunjin kemudian berkata "pikiranku yang selangkah didepan membuatku resah." Tunggu, apa disini berarti apa dia bisa melihat masa depan? Tidak, mungkin dia hanya membayangkan sesuatu yang kemungkinan akan terjadi, tapi apa itu?

Kemudian bagian Haseul, "Kutak bisa menahanya, ku seperti gunung berapi." Biasanya gunung berapi diasosiasikan dengan amarah atau rasa marah. Apa Haseul marah? Disusul dengan Vivi yang berkata, "Bagaimana dengan perasaanku ini?" seperti bertanya pada seseorang. Siapa yang dimaksud oleh Vivi?

"Aku rindu, saat ini aku ingin bertemu denganmu. Dalam keseharianku, pertanyaan tentangmu menjadi PR terberat yang ingin kupecahkan satu persatu." Bagian reff ini sendiri sedikit aneh, diawal mereka berkata ingin bertemu dengan seseorang, tapi saat bagian Heejin, Heejin seperti tidak tahu siapa yang dia bicarakan. Kemungkinan ini ditujukan untuk para member yang lain, karena tidak seperti yang lain Heejin hanya memiliki sedikit cerita yang bisa terungkap.

Bagian reff ke dua, "Aku ingin membagikan, semua cerita yang memenuhi hatiku. Bukan hanya dalam mimpi yang fana tapi dalam pelukanmu yang hangat." Bagian ini dinyanyikan oleh Haseul dan membuat saya berpikir 'apakah mereka sedang berbicara satu sama lain?' apa mereka sedang saling menyahut. Heejin yang ingin tahu dan Haseul yang ingin memberi tahukan semuanya.

Selanjutnya bagian Hyunjin kembali "Aku penasaran, bagaimana kalau kau dan aku itu sama?" disini kembali menunjukan Hyunjin yang sepertinya berkata pada Vivi ataupun sebaliknya, karena saat lirik ini dinyanyikan kita bisa melihat Vivi sedang memandang kearah Hyunjin. Walaupun ada Haseul disana, tapi kamera hanya fokus kearah wajah Hyunjin.

Kemudian Haseul berkata, "apa kau juga memikirkan hal yang sama sampai tak bisa tidur?" tidak bisa tidur? Saat tidak bisa tidur dengan nyenyak biasanya apa yang menyebabkannya? Kemungkinan stress, sedih atau kehilangan sesuatu. Dalam Let me ini, Haseul seperti sedang mencari sesuatu atau seseorang dan itu menyebabkan kesedihan untuknya hingga dia menyerang binatang representatifnya sendiri.

Bagian bridge, Semuanya bergantian bernyanyi, "ditempat yang sangat dekat, ditempat yang bisa kuraih dengan tanganku. Disanalah perasaanku yang sebenarnya berada. Sepertinya dengan satu sentuhan saja aku bisa menangis. Jika kau tahu semua, apa kau mau datang?" disini mereka terlihat seperti seorang yang sedang meminta tolong. Tapi pada siapa?




MV analisis

Diawali dengan empat orang member 1/3 sedang kelelahan, tapi ada seorang yang tampak tidak kelelahan sama sekali. Penyebab mereka kelelahan tentu saja karena telah melakukan latihan lari estafet. Mereka bergantian berlari dari mulai Heejin, lalu Hyunjin, Haseul dan terakhir Vivi. Mereka berhasil mencapai finish dengan waktu 49,75 detik dari 400 meter.

Selanjutnya scene berganti kesekolah dimana Vivi terlihat sedang memperhatikan Haseul dan Hyunjin dari jauh. Haseul dan Hyunjin sepertinya sangat bahagia dan Vivi terlihat seperti ingin tahu kenapa mereka bisa bahagia seperti itu (tapi harus diingat saat ini kamera lebih fokus pada Hyunjin dari pada Haseul). Setelah itu kita ditunjukan sebuah fakta yang mencengangkan, yaitu fakta bahwa Vivi adalah sebuah robot. Terlihat dari cara dia mencharge dirinya sendiri. Disaat seperti itu, Heejin melihat Vivi yang sedang mengisi ulang, tapi dimatanya dia tidak melihat hal yang aneh dan dia hanya tertawa seakan dia baru saja memikirkan sesuatu yang tidak masuk akal(cuplikan dari "You and Me Together").

Kemudian mereka berempat berjalan bersama dikota. Heejin, Hyunjin dan Haseul tampak akrab dan berbicara sambil tertawa-tawa, dilain pihak Vivi terlihat sangat datar dan hanya mengikuti mereka dari belakang. Disini juga diperlihatkan kekuatan luar biasa milik Vivi, dimana dia bisa melempar bola basket dari jarak yang sangat jauh. Pada waktu itu Haseul dan Heejin memang terlihat memperlihatkan ekspresi terkejut, sedangkan Hyunjin terlihat santai saja seperti itu bukanlah sesuatu yang aneh.

Saat yang lainnya sedang minum minuman kotakpun, Vivi tidak meminumnya dan hanya menyimpannya hingga menumpuk didalam loker miliknya. Karena seperti yang kita tahu kalau Vivi adalah android atau robot jadi dia tidak perlu makanan atau nutrisi seperti manusia.

Kita bisa melihat kali ini vivi memandangi tas (baterai) miliknya dengan datar. Disini Vivi terlihat seperti sedang bimbang walaupun dia terlihat datar karena dia seorang robot. Setelah itu, diapun melepaskan supply listrik untuk baterainya hingga daya baterainya turun cukup cepat. Setelah itu kembali ke scene berlari kembali dan sejenak kita dilihatkan sebelah mata Vivi yang terlihat aneh. Seperti matanya dipenuhi dengan bintang-bintang. Sebenarnya ada apa ini? Kenapa matanya bisa seperti itu? Kita bahas nanti.


Setelah mencabut baterainya Vivi berlari entah kemana. Dia melewati keberbagai tempat berbeda dari perkotaan, ke daerah lapangan yang luas hingga ke perumahan mewah. Mungkin tempat-tempat ini menunjukan setiap dunia di Loonaverse, entahlah mungkin kita bisa lihat perkembangannya nanti. Pada akhir MV, vivi akhrinya kehabisan baterai dan berhenti berlari.


Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 12, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

LOONA MV ANALISIS INDONESIATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang