Rubik adalah suatu teka-teki atau sebuah mainan yang dibuat oleh Erno Rubik pada tahun 1974 dan pertamanya disebut kubus ajaib. Teka-teki ini telah dipatenkan pada tahun 1980 dengan via pengusaha Tibor Laczi dan Seven Towns Founder yang diberi nama kubus rubik. Mainan ini memenangkan hadiah untuk teka-teki terbagus untuk tahun itu. Dan pada tahun 2009, jutaan kubus ini telah dijual ke seluruh dunia. Sampai sekarang kubus ini masih dianggap sebagai salah satu mainan yang sangat laku.
Pada kubus original (3x3), setiap enam sisi kubus terlapis sembilan tempelan warna. Tetapi, kubus ini tidak selalu ada tempelan kadang-kadang kubusnya sudah ada warna. Di dalam satu kubus ada enam warna yaitu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan putih. Tapi ada kondisi dimana tempelan diganti warnanya seperti merah diganti pink. Kubus ini dapat dibilang selesai jika semua sisi memilikiwarna yang sama. Contoh, untuk sisi merah (yang bagian tengahnya merah), kamu harus mengembalikan semuawarna merah ke sisi tersebut.
Setelah kiriman pertama kubus tersebut pada tahun 1980, ada banyak promo-promo untuk kubus ini, tetapi ada juga yang ditayangkan pada televisi di tengah tahun yang juga promosikan didalam koran. Pada tahun 1981, kubus ini telah dimainkan dengan banyak orang fan di diperkirakan dari tahun 1980 sampai dengan tahun 1983, terdapat 200juta kubus yang terjual. Banyak orang yang dapat menylesaikan satu sampai dua sisi atau tidak dapat menyelesaikannya, banyak buku yang dikeluarkan hanya untuk menjelaskan cara menylesaikan kubus ini. Erno Rubik pun memerlukan banyak sekali waktu untuk menyelesaikan kubus ini.
Kubus ini lanjut untuk dipasarkan dan dijual sampai sekarang. Oleh karena itu, banyak kelompok telah membuat kompetisi rubik (dimulai pada tahun 2003). Kompetisi kubus ini melaju ke pembentukan World Cube Assosiation (WCA) yang dibuat pada tahun 2004. Penjualan kubus ini sudah mancapai 15juta ke seluruh dunia pada tahun 2008. Dwngan kemajuan teknologi, kubus ini susah dapat ditayangkan di aplikasi YouTube. Mengikuti merk kubus ini keluarlah merk-merk kubus lain terutama dari China.
Kubus biasa memiliki panjang 5.7 cm pada setiap sisi. Teka-teki ini terbuat degan 26 miniatur unik lainnya. Setiap miniatur tersebut memiliki kegunaan masing-masing (ada yang berbentuk kubus, segitiga, segilima, dan lain-lain). Tetapi, bagian tengah membentuk suatu bentuk. Ini menbuat sturktur-struktur sisi lain dan juga dapat diputar. Jadi terdapat 21 bagian (tidak termasuk bagian dalam kubus.
Kubus original terdapat 8 bagian yang terdapat 3 sisi dan 12 bagian yang terdapat 2 sisi. Terdapat 322,560 cara untuk menyelesaikan bagian yang terdapat 3 sisi. Setiap bagian yang terdapat 3 sisi mempunyai 3 tempat yang pasti. Dan juga terdapat 2x2 (mempunyai 8 bagian) atau pyraminx (berbentuk pyramid).
YOU ARE READING
Information about rubik's cube (Indonesian version)
RandomMencantum semua informasi tentang kubus rubik. Name : Bryan Class : 7B