Macam-Macam Kubus

1 0 0
                                    

          Ada banyak sekali macam kubus dari tiga sisi. Ada 2x2, 3x3, 4x4, dan 5x5. 17x17 adalah kubus yang paling besra dan mahal (dapat dibeli dari tahun 2011 sampai 2017). Kubus ini berharga lebih dari 2000$, tetapi tidak ada kompetiai WCA untuk kubus ini. Design 22x22 sedang dibuat dan dikenalkan pada 2016 dan 33x33 pada december 2017. Kubus dari Cina bernama Shengshou membuat kubus, dari 2x2 sampai 10x10 dan lain-lain.

          Ada juga kubus original. Beberapa kubus original dibuat oleh Erno Rubik seperti 3x3 mini. Versi terbaru 3x3 adalah touch cube. Kamu tidak menyelesaikan kubus ini kamu hanya menggeser diatas permukaan kubus ini. Kubus ini ada tombol ditenggah untuk memberi petunjuk, menyelesaikan sendiri, dan mengacak sendiri. Kubus ini pertama dikenalkan pada hari mainan internasional Amerika di Ney York pada Febuary 2009.

          Kubus ini diinspirasi oleh kategory kubus similar. Biasanya dikenal sebagai teka-teki twisty, yang termasuk kubus dengan macam-macam bentuk. Contoh, pyraminx yang berbentuk seperti pyramid, megaminx (terdapat 12 sisi dengan warna yang berbeda), mirror cube (berbentuk kubus tetapi setiap bagian berbeda bentuk) untuk menyelesaikan kubus ini kamu harus mengembalikan bentuk ke semula.

          Di tahun 2011, Guinness World Record memberikan recor untuk pembuatan kubus terbesar magic cube yaitu 17x17. Kubus ini dibuat oleh Oskar van Deventer. Pada December 2017, Gregoire Pfennig mengajukan bahwa dia telah memecahkan recor dengan 33x33. Pengajuan tersebut telah disampaikan ke Guinness World Record untuk pengecekan. Pada April 2018, dia mengajukan recor lagi dengan 2x2x50 cuboid. Apakah ini penggantian recor 33x33 atau penambahan recor.

          Sejak tahun 2015, dengan produksi di Icosaix, semua lima sisi tentang kubus menjadi bisa digunakan. Selain kubus tetahedron berlaku sebagai pengganti pyraminx, octahedron sebagai pengganti the face turning octahedron, dodecahedron sebagai pengganti megaminx, dan isocahedron sebagai pengganti icosaix.

          Teka-teka terus berkembang dari kubus original. Contohnya the cuboid adalah teka-teki yang dasarnya kubus rubik. Kubus ini ada kegunaan yang berbeda dari dimensi yang berbeda, seperti 2x2x4, 2x3x4, 3x3x5. Banyak cuboid yang berdasarkan cara guna 4x4x4 dan 5x5x5. Beberapa menggunakan cara guna megaminx, bevel cube, 1x2x3, dan lain-lain.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Jan 06, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Information about rubik's cube (Indonesian version)Where stories live. Discover now