Hei kenalin, gue Gavin, asal dari Garut, SMA di Jakarta, dan sekarang kuliah di Malang, dan lagi-lagi ngekos bareng sahabat gue dari zigot, namanya Fadel. Untungnya kali ini kita gak sekamar karena ukuran kamar kos yang pas-pasan, beda kayak SMA dulu yang kamarnya lumayan luas dan ada dua kasur. Gue gak kebayang kalau di kamar sekecil ini gue tidur seranjang sama Fadel, badannya kayak gentong gitu. Gak, dia gak gendut, gemuk atau apalah itu, justru badannya itu bagus, berotot, tapi tetap aja gede, cuma agak kelebihan lemak aja di perutnya. Beda banget sama gue yang kurus ini, bisa-bisa bangun tidur tulang gue patah semua gara-gara diimpit sama si gentong.
Gue sedang menempuh pendidikan D3 di salah satu kampus favorit di kota Malang, jangan tanya kenapa gue gak ngambil program sarjana. Karena gak keterima uy! Tapi gak papa, gue tetap bersyukur ditambah gue dapat teman-teman baru yang asyik disini dan ceweknya cantik-cantik uy! Si Fadel kunyuk itu juga satu jurusan sama gue yang mana jurusan gue ini cuma ada satu kelas, dari sekarang yang statusnya kita masih mahasiswa baru sampai ntar jadi mahasiswa basi, gue bakal sekelas terus sama dia. Gue memilih jurusan ini karena gue merasa sesuai dengan passion gue, sedangkan Fadel? Anak itu gak pernah punya pendirian sendiri, selalu aja ngekorin gue.
"HE CUK!" Gue kaget, refleks langsung ngelus dada, tiba-tiba ada makhluk tak diundang yang masuk ke kamar gue tanpa salam tanpa ngetok pintu.
Ternyata makhluk tak diundang itu Fadel, "cak cuk cak cuk, ape lo? Datang tak diundang, pulang tak di antar."
"Lu kata jelangkung anjir. Ayok makan, laper gue," kata Fadel sambil ngelemparin kunci motor dan jatuh tepat di pangkuan gue.
"Dasar gentong," kata gue sambil ngambil jaket dan ngikutin Fadel menuju motornya ke parkiran kos-kosan.
Sejak milih untuk merantau dari SMA, gue emang gak dikirimin motor, jadi kemana-mana ya pakai motornya Fadel, gue sempat minta motor tapi tetap ditolak, 'kamu pakai motornya Fadel aja biar hemat, lagian badan kayak kamu juga gak berasa kalau dibonceng, ntar bensinnya patungan sama Fadel.' Kira-kira begitulah ucapan emak gue ketika gue minta dikirimin motor. Mak, kalau emak baca cerita ini, mak gak tau aja kalau selama ini Gavin mak yang bawa motor, bukan yang dibonceng, Gavin ngebonceng Fadel yang segede gaban itu maaaak.
Gue sama Fadel itu bisa dibilang beda nasib. Orangtua kita emang udah saling kenal sebelum kita berdua direncanakan untuk lahir. Keluarga Fadel lebih berada dibanding keluarga gue, tapi lagi-lagi gue tetap bersyukur karena selama ini gak pernah hidup kekurangan meskipun pas-pasan.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Pendam Rasa
Short StoryKusimpan cintaku dalam diam, biarlah kupendam rasa ini. Maafkan aku dan egoku.