#2 Tema Budaya

26 2 2
                                    

LENONG KITA LENONG SIAPA?

"Ooooyyy, Penontoooonnn!!!" teriak Ratna di atas panggung.

"Ooooooyyy!!!" balas penonton.

"Saben hari gua liat temen gua pada shoping-shoping ngabisin uang orang tuanye," kata Ratna. "Yaelah, gua ngelenong dari pagi ampe pagi, kagak ade duitnye, nyang onoh enak banget dah ah tinggal ngabisin duit orang tuanye!"

Penonton tertawa.

Puspa masuk dengan wajah judesnya. "Penontooooonn!!!" sapa ia.

"Ooooooyyyy!!!" sahut mereka.

"Ini orang ngapa dah, gini hari masih aje ngeluh!" kata Puspa sambil menunjuk Ratna.

Penonton tertawa.

"Yaelah si Puspa, kagak tahu aje. Jaman sekarang  nih ye, anak-anak muda bukannye cinte ame budayanye sendiri, malah sibuk shoping-shoping jajanin uang orang tua," ujar Ratna. "Iye kagak penonton?" tanyanya sambil menatap penonton yang duduk di lantai.

"Yoi."

"Sepakat."

"Ooooyy."

Sahut-sahutan suara penonton menjawab pertanyaan Ratna.

"Etdah hari gini masih aje ngurusin orang!" kata Puspa. "Asal lo pade tahu aje nih ye, anak muda jaman sekarang tuh canggih-canggih. Mereka turut serta dalam membangun kebudayaan. Contohnye, budaya ngegibah, budaya nyelak antrean, budaya mau enaknye sendiri, budaya nyalahin orang padahal die yang salah, dan yang lagi heboh nih ye, budaya mencintai seseorang yang tak akan bisa dimiliki."

Penonton tertawa.

"Buset dah, lu kalo ngomong kira-kira ape. Nyang kayak begitu lu kate budaya. Budaya tuh arak-arakan ondel-ondel, lenong Betawi, festival Condet noh, budaya mengantre, budaya nari jaipong. Kalo nyang lu kate tadi mah namanye kebiasaan."

"Lah, lu pegimane dah. Nih ye, nyang namanye kebiasaan lama-lama jadi tradisi, nyang namanye tradisi lama-lama jadi budaya. Lu tanye dah entar ame bule-bule, apaan tuh budaya orang Jakarte. Pasti pada jawab nyelak antrean. Percaya ama gua! Di luar negeri noh, pada ngantre, di sini mah boro-boro mau ngantre, kebelet berak juga pade sikut-sikutan lu."

Penonton tertawa.

"Ooooyyy penontoooonn!!!" kata Ratna.

"Oooooyyy!!!"

"Setuju lu pade ame si Puspa?"

"Setuju!!!" jawab penonton sambil tertawa.

"Et dah, kalo gitu gua setuju juga dah, biar cepet. Tapi inget nih, nyang namanye budaya itu kudu kite lestarikan. Kalo udeh dikate kudu dilestarikan, berarti kan budaya itu sebuah hal positif. Ya kali dah, melestarikan budaya nyalahin orang padahal die yang salah. Apalagi melestarikan budaya mencintai orang yang tidak mungkin bisa kita miliki. Sakiiitt!!!"

Penonton tertawa.

***

"Lenong telah berubah di tangan orang-orang praktis," kata pengelola perkampungan budaya Betawi sambil melipat kedua tangannya di dada.

"Ya, saya kira juga begitu. Seiring perubahannya gaya hidup masyarakat modern yang melakukan apapun dengan serba instan, kebudayaan lenong pun berubah menjadi lawakan instan khas orang-orang di televisi. Jaman kita dulu, ngelenong latihan sampai pendalaman karakter dan memikirkan bagaimana pesan sampai setiap adegannya tanpa menggurui dan terlibat interaksi. Tetapi jaman sekarang, penonton pun lebih suka lawakan ulang yang tidak mendidik."

"Ya, begitulah. Budaya akan selalu mengalami pergeseran setiap berpindah di tangan orang yang berbeda."

"Budaya pun berubah jadi pilihan selera. Saya tidak tahu lagi sekarang, mana pelestarian budaya, mana pelestarian kebutuhan pasar. Mau berbudaya saja harus mengikuti selera pasar," kata anggota komite kesenian.

"Betul. Tidak jarang juga saya dengar lenong Betawi memakai tutur kasar, dan pembicaraan tak bermoral."

"Betul-betul mengikuti perkembangan."

"Tanpa mempelajari kebudayaan lenong yang sesungguhnya."

"Ini tugas kita semua, untuk melestarikan kebudayaan kita sendiri."

"Pelan-pelan, semoga."

***

(*) Terinspirasi dari wawancara seputar lenong Betawi oleh Indra Sutisna, anggota komite kesenian dan pemasaran lembaga pengelola perkampungan budaya Betawi, Setu Babakan.

(*) Lenong memiliki pakem. Yaitu, cerita tutur, berdurasi, ada bagian-bagian dalam penyajian cerita, dan ada pesan yang sampai pada penonton. Bukan semata hiburan.

(*) Lenong memiliki 2 aliran besar, yaitu lenong dengan kisah keseharian (lenong preman) yang berkisah tentang tokoh jawara silat atau jagoan, dan lenong denes yang bercerita tentang kisah fiksi, contohnya "Ada Jula Juli Bintang Tujuh" berkisah tentang orang pusing lalu naik layang-layang dan jatuh ke negeri China. Dalam Lenong denes ini, kostum dan bahasa pun lebih mewah dan halus, karena bergaya kerajaan.

(*) Sekarang, lenong preman lebih populer ketimbang lenong denes, karena bahasa yang digunakan lebih luwes (bahasa sehari-hari) namun, lenong preman biasanya bercerita tentang orang-orang yang tertindas. Sekarang, lenong bergaya praktis dan lawakannya instan seperti di televisi.

#katahatichallenge
#10kalitantangankatahati
#katahatiproduction

TANTANGAN MENULIS KATA HATITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang