Iya, gue tahu. Hari ini jatahnya gue bersih-bersih rumah; beresin semua kekacauan yang udah gue lakuin tiga hari ini.
But, Im one of those freak human yang maniak sama fotografi. Yang gak bisa nolak ajakan Singto buat hunting kamera. Jadi, bersih-bersihnya diundur besok aja.
Hehehe.
Jangan bilang Newwiee, please.
Singto bilang salah satu pasar induk elektronik di daerah dia barusan buka pameran kamera dan bakal ngadain diskon besar-besaran, yang kita berdua sama-sama tahu kalau kejadian ini langka. Tanpa apa-apa lagi, langsung aja gue iyain.
Lagian, gue emang butuh kamera baru.
And now I fcking busy with this fcking DSLR.
Kalau kalian tanya kenapa gue butuh kamera baru padahal kamera lama gue masih bagus-bagus aja, lagi-lagi jawabannya adalah Newwiee.
Gue gak bisa nyampurin foto Newwiee sama yang lain. Jadi gue butuh satu kamera yang fungsinya cuma buat foto dia.
Memang sebelumnya gue masih gak peduli, dan nyampur adukin di satu kamera. Sampe akhirnya Off minjem kamera gue, dan dia gak sengaja ngilangin memori kameranya.
Padahal gue belum pindah semua foto di situ. Dan isinya 97% fotonya Newwiee yang gue dapet dengan susah payah. Yang niatnya mau gue cetak buat koleksi pribadi. Gue gak masalah sama foto-foto pemandangan atau yang lainnya, gue bisa dapet itu di lain waktu, lain kesempatan.
Tapi fotonya Newwiee ....
Gue bahkan gak bisa jamin, bakal bisa dapet yang sama persis lagi apa gak.
Kenapa gak beli memori baru aja?
Sama aja ntar ceritanya. Mending gue totalitas misahin mana buat umum, dan mana buat Newwiee.
Setelah setengah jam penuh gue nimang-nimang, akhirnya gue beli kamera yang lebih ramping dari kamera biasa gue. Yang lebih mudah gue bawa travel bareng Newwiee.
Singto udah balik dari tadi, dia cuma nunjukin gue tempat ini sekalian nyari kamera juga buat dia. Setelah dapet, dia ngacir gitu aja. Dapet panggilan dari Krist, katanya.
Jadi sekarang, gue masih muter-muter area pameran. Emang udah dapet kameranya, tapi gue masih belum puas aja kelilingnya.
Gue terus keliling sampe nemu kamera polaroid, mendadak keinget kamera polaroid Newwiee yang udah mulai minta dipensiunkan. Gue natap kamera itu lama; ragu-ragu mau gue ambil apa gak.
Kalau gue beli, Newwie suka gak ya?
Bahkan kamera itu dibungkus pake warna kesukaan Newwiee, tapi gue takut aja dia gak suka.
Ribet emang.
Setelah lama dirayu-rayu sama salesnya, akhirnya gue kebujuk juga. Gue ambil itu kamera, plus segala pritilannya.
Kalau kalian ngira gue bakal balik setelah beres beli dua kamera sekaligus, kalian salah.
Gue mutusin buat uji coba, sekalian beradaptasi sama anak-anak baru gue ini. Jadi gue keliling kota, buat hunting foto.
Bener-bener jalan gitu aja, dan motret apapun yang menurut gue menarik. Yang mungkin bisa gue upload di Twitter nanti.
Salah satu hal yang gak Newwiee suka dari kegiatan gue adalah hunting foto. Kata dia, kalau gue udah mulai ngelakuin hobby gue yang satu ini, bakal lupa waktu. Tapi kata dia—lagi—itu masih gak seberapa. Karena ada hal yang lebih penting yang bakal gue lupain.
Lupa jalan pulang.
Persis seperti apa yang terjadi sekarang.
Gue lupa arah mana yang gue ambil, sampai akhirnya gue berakhir di tempat ini. Bener-bener lupa sampe rasanya gue pengen nonjokin diri sendiri.
Tolol banget Tay, parah.
Waktu gue sibuk garukin kepala; frustasi sama kebodohan gue sendiri. Nyaris aja ke kantor polisi setelah ngumpulin nyali dikata anak kecil, dan tepukan dipundak kanan gue, narik gue kembali di ambang kesadaran.
"Phi? Kau kah itu?"
Gue terkejut dan balik badan. Seketika bersyukur ketemu orang yang gue kenal di sini. Pengen banget gue peluk remaja satu ini.
"Oh thanks God!" ujar gue kesenengan; gak jadi tidur ngemper.
"Thanks to me, too." Nanon, anak baru gede itu petentang-petenteng di hadapan gue. Mbusungin dada bangga, yang gue gak paham dia banggain apaan.
"Phi, ngapain di sini?"
Gue nelen ludah, siapin mental sebelum ngejawab,
pasti diketawain.
"Kesasar, Non."
Info aja nih, gak ada yang lebih memalukan daripada di ketawain anak dua rebu macem Nanon. Sumpah, dongkol banget gue. Dia ketawa keceng, bener-bener keras dan lepas. Ketawa yang sampe perut lu sakit, sampe nangis, nyaris ngompol, gak lupa kedua pipi linu-linu.
"Non, elah. Jangan ketawa dong!"
Dia berhentiin ketawanya sejenak, "Lagian gimana ceritanya bisa kesasar?"
Gue nyeritain dari awal perjalanan gue, yang terus jalan gak tahu arah sampe ke sini. Terus lupa arah gitu aja.
Oh ya, Nanon ini juga salah satu junior gue di GMM. Sering dibilang mirip gue sama Newwiee, makanya sering dibercandain kalau dia anak kita berdua.
Tapi sebenernya masih ada dua orang lagi yang dipanggil begitu. Pluem—yang kemarin gue ceritain—sama Frank.
"Yaudah, ayo! Nanon anterin Dad pulang."
Gue sendiri gak inget, gimana ceritanya Nanon bisa panggil gue "Dad" itu sontak aja jadi kebiasaan anak dua rebu ini. Dan gue sama sekali gak masalahin, apalagi ketika Pluem dan Frank ikut-ikut manggil begitu. Gue berasa beneran udah punya tiga anak laki-laki.
Coba aja Nanon gak ngeselin, udah gue adopsi beneran ini anak.
Gue jelasin bentar ya. "Anak" gue sama Newwiee yang tertua itu Pluem, diikuti Nanon, dan yang terakhir Frank. Si bungsu yang paling mirip sama gue.
"Btw, Nanon habis dari mana emang?" tanya gue seraya ngikutin langkah kaki dia.
Nanon nyengir sebentar, sebelum jawab, "Biasa, nemenin Chimon jalan."
Gue diem sebentar, ragu-ragu tanya pertanyaan yang seharusnya gak gue keluarin.
"Chimon? Nanon gapapa?"
"Gapapa gimana, dad?" Gue gak tahu dia pura-pura bego, atau beneran bego.
"Gapapa makan hati tiap hari?"
Nanon ketawa pelan, "Iya, gapapa. Lagian Chimon udah sayang banget sama P'Pluem. Udah gak bakal kemana-mana lagi."
Gue diem, mendadak melow dengerin Nanon. Salah Nanon sendiri sih, udah tahu Chimon punya Pluem, "kakak" dia, tapi masih aja jatuh hati.
"Nanon tahu kok, dad. Nanon gak ada apa-apanya dibanding P'Pluem."
Tangan kiri gue refleks mukul kepala dia. "Sok-sokan lu ngomong begituan, udahlah jangan galau. Nanti gue dimarahin Newwiee, udah bikin anak lakinya galau."
Nanon lagi-lagi ketawa dengerin omongan gue, ketawa hambar lebih tepatnya. Sampai akhirnya dia ngucapin kalimat yang gak gue sangka bakal keluar dari mulutnya.
Yang bikin gue diem.
Bener-bener diem, sampe kaki gue melangkah masuk rumah.
[]
daripada stress mikir Tryout mending aku update wkwkwk.
terimakasih telah baca+vote dan komen, ily guys.
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Sewindu; taynew ✔
FanfictionCatatan harian seorang Tay Tawan, kala ditinggal "sahabat" kesayangannya selama satu minggu. Ya, Tay mana tahu? Seminggu bisa jadi sewindu, tanpa "sahabat" di sampingnya. © 190119 - 090519