I really wish there is easier and less messy way of meal preparation. Unfortunately.. if you want to cook then you have to get dirty.
Lalu, kenapa kita ngga mass produce aja suatu lauk yang bisa dimakan terus setiap hari. Bahannya itu-itu aja, alatnya itu-itu aja kan simpel. You wish... Sayangnya selain gizinya nanti tidak seimbang kalau makannya itu-itu saja, suami saya juga bukan robot yang betah dikasih menu monoton. Ntar salah-salah dia malah beli di luar. Alih-alih hidup sehat, malah hidup boros dan makin obese.
Jadi harus enak dan variatif. Ini bagian gampangnya. Bagian susahnya, kita harus bisa magic. Menyelipkan aktivitas ke pasar, nyiangin sayur, menyiapkan makanan dan masak sambil bekerja fulltime. Yang artinya butuh pengaturan waktu tingkat tinggi.
Dengan keterbatasan waktu, sudah seyogyanya aku punya beberapa basic rules buat strategic battle ini:
1. Planning Meal tiap hari Kamis
2. Belanja tiap Jumat (dan Selasa) pagi pk 05.30.
3. Preparasi minimal masakan buat dua hari di hari yang sama dengan pergi ke pasar.
4. Makanan dibagi dalam batch-batch dan disimpan di dalam tupperware. Freezer untuk simpan semingguan, sementara fridge untuk simpan
Max 3 hari.5. Refurbish food A menjadi food B selang sehari (nanti dijelasin sambil praktek).
Sedangkan "senjata" tambahan yg bakal kuperlukan selain dari peralatan masak yang umum, antara lain:
1. Kulkas dengan space yang cukup besar.
2. Tupperware. Lock&lock atau sejenisnya.
3. Cling wrap, ziplock dan kantong plastik (tahan panas) buat makanan.
4. Koran bekas. Atau baru. Pokoknya koran lah.
5. Bumbu-bumbu. Tanpa bermaksud promosi yah, someone just share to me about this two...
Konon bumbu ini bikin ayam panggang jadi enak.Konon bumbu ini bikin semua punya citarasa ala indomie.
Next-- Planning #1 (Kamis)
KAMU SEDANG MEMBACA
START DARI DAPUR (Marriage Life)
NonfiksiMe and my picky eater husbando. Yg dikeluhin ngga jauh-jauh dari bosen dengan segala macam masakan. Baik masakan aku, masakan mamaku, masakan semua koki di Jakarta (dengan perkecualian beberapa item makanan yang mahal banget atau susah banget dicari...