"Mi, Asep arek mangkatlah ka Jakarta, bosen hirup di kampung wae" dengan nada bercanda Asep menerka kaget Ibunya yang tengah menjemur pakaian.
"Alah, Asep ari maneh teh, teu sayang keurah ka Umi, naha make hayang indit"
"Haduhhh Mi, Asep teh bosen atuh, awewe di didieu mah eweuh nu bohay, gararepeng kabeh euy, Haha"
"Asep, Asep, awewe dipikiran maneh mah, da lain garepeng atuh sep, tapi maneh we anu nggeus buluk, bujang lapuk, umur 26 taun can boga kabogoh-kabogoh acan"
"Etah Umi, muka kartu, enggeuslah Asep arek indit, aya panggilan interview ti Jakarta, isukan arek mangkat"
"Heeuh kumaha maneh we lah, alus ari gawe mah daripada ngajedog di imah, da kawin henteu maneh teh deuih"Asep meninggalkan teras yang sedari tadi menjadi tempat ia mengobrol dengan ibunya, dari teras ke tempat jemuran memang tidak jauh jaraknya, sama seperti lagu, pacar 5 langkah.
****
Ketika malam datang, Asep termenung memikirkan nasib dan jodohnya. Jika mengenai pekerjaan Asep dengan mudahnya dapat, tapi........... berbicara mengenai jodoh, bukan Asep ahlinya, apalagi jikalau harus merayu wanita, gagu tidak mampu berbicara saat di depannya, mematunglah tubuh mungil dan jangkungnya.
Sembari berbaring di kasur, lama ia hanyut dalam khayal sampai akhirnya terlelap dalam tidur.
"Umi, Asep arek kawin jeung si Iteung, hayu urang lamaran"
"Ari maneh, nu bener iyeu teh, si Iteung anu mana tea?" tanya Ibu Asep.
"Eta Mi, babaturan Asep anu ti Jakarta, teu nyangka sugan teh Asep doang anu bogoh, manehna ge bogoheun gening ka Asep, manehna anu nembak Asep tiheula Mi"
"Nembak, atuh maneh paeh meren di tembak mah sep, geninganan hirup keneh"
"Etah Umi, lainna nembak make pistol tapi nyatakeun perasaana ka Asep"
"Oh, sugan teh nembak make pistol, pan lumayan we meren ari maneh paeh mah biaya pengeluaran Umi ngurangan, Jhahahaha"
"Umiiiiiiiii .... "
"Haha, heeuh atuh hayu sok arek lamaran mah, ngke poe Saptu isukan urang ka Imahna"****
Ketika hari Sabtu datang, tibalah dimana Asep dan keluarganya akan melamar Iteung sang pujaan hati Asep yang berada di Jakarta. Rombongan Asep begitu banyaknya, muat hingga 2 bus untuk orang dan 1 truk untuk seserahan.
"Assalamualaikum" Sahut Asep dan rombongan.
"Waalaikumsalam, eehh calon besan ya, silahkan masuk" sambil membuka pintu dan mempersilahkan semua tamu untuk masuk."Ibu, Bapak, perkenalkan saya teh Asih, ibunya Asep dan yang di sebelah saya ustad Kodir, kami kesini dengan maksud untuk melamar anak Ibu dan Bapak, Nak Iteung" Ucap Ibu Asep membuka pembicaraan.
"Iya, saya sudah tahu maksud kedatangan Ibu, saya Ibu Anjasmara dan ini suami saya Bapak Charlotte, Iteung sudah berbicara dan meminta restu dari kami berdua, Asep pun sudah sering datang kemari, kami sudah setuju dan kita bisa nentuin tanggalnya"
"Alhamdulilah, kalau seperti itu, Bapak ustad monggo kita cocokkan tanggal lahir mereka dan mencari waktu yang tepat untuk menikahkan mereka" Sahut Ibu Asep yang mempersilahkan Bapak Ustad Kodir.Selesai berdiskusi akhirnya mereka sudah menetapkan waktu dan tanggal pernikahan Asep dan Iteung, kedua keluarga nampak bahagia. Semua mas kawin dan perlengkapan lainnya diberikan oleh keuarga Asep dan mereka akan melaksanakan resepsi pernikahan di dua tempat, yaitu rumah Asep dan Hotel Ibbis Jakarta.
Waktu yang di tunggu-tunggu telah tiba. Rumah Asep berhiaskan bunga-bunga cantik dan runtuian kain penutup yang elok sederhana, putih klasik menghiasi setiap dinding, meja kayu jati bertenteng di halaman rumah, lampion tersudut di setiap ruang, menghias klasiknya pemandangan yang harmonis.
"Nak Asep, sudah siap untuk ijab kabul?" tanya Bapak Penghulu.
"Iya Pak saya sudah siap" jawabnya.
"Kalau begitu kita mulai, saya nikahkan engkau saudara Asep bin Bapak Jaenudi dengan saudari Iteung binti Bapak Charlotte dengan mas kawin seekor sapi betina hitam dan 20 gr emas dibayar hutang"
"Saya terima nikah dan kawinnya Asep bin Bapak Jaenudi dengan Iteung binti Bapak Charlotte dengan mas kawin seekor sapi betina hitam dan 20 gr emas dibayar hutang"
"Bagaimana saksi sah?"
Tib-tiba ......****
"Aseeeeeeeeeepp, Aseeepp hudang woy subuh, molor meni jiga kebo nya" Ibu Asep mengguncang-guncangkan tubuh Asep dan menyiramkan percikan air kepada wajahnya.
"Sah.. Sah.." dengan terkaget Asep bangun dari tidurnya.
"Asep naon eta teh, sah sah cenah, mimpi kawin sugan, buruan gera kacai solat subuh"
"Ih Umi mah, heeuh keudeung, mana kopeah Asep"
"Yeuh, kopeah jeung sampingna, buru gera indit"Dengan mata sembap dan nyawa yang belum terkumpul, Asep meninggalkan kamarnya dan menuju masjid untuk menunaikan ibadah salat subuh.
"Sial, mimpi geuning aing mah, genah genah, sugan teh beneran arek kawin jeung si Iteung, hadeuuuuhhhhh" dengan wajah lesu dan suara nyaring sambil melayangkan peci ke kepala.
"Asep...., Asep... " Guman Ibunya dengan menggelengkan kepala.-Bersambung-
KAMU SEDANG MEMBACA
Hayang Kawin
RomanceAsep, seorang pria berusia 26 tahun asli Sunda. Kehidupan yang membosankan, mengalir tanpa lesu, tanpa konflik penjajal rima, menyayat kalbu akan rasa petualangan. HmmpzzZ.. Satu hal yang pasti dia masih jomblo, bisa dibilang jones, mau bagaimana la...