Interview yang Mendebarkan

17 0 0
                                    

Kicauan burung berkoar di sore ini, jalanan lenggang berhiaskan langit senja yang merona. Asep tengah asyik bersantai ria di depan teras rumah. Hari yang ditunggu-tunggu untuk Asep Interview di Jakarta tiba-tiba mundur menjadi hari esok.

"Hmmmnn.. Leuseuh urang mah euy nggeus bungah-bungah arek interview poe ayena, kalakah di undurkeun jadi isukan, jadul teh" guman Asep.
"Aseeppp... Aseeepp... Kadieu heula sakedap!" Ibu Asep berteriak memanggil Asep.
"Aya naon sih Mi, keudeung eeyy"
"Buruan kadieu, aya telepon yeuh ti si Reza"
"Beneran Mi, ti si Reza, budak kacrut eta" sambil berlari-lari menuju ruang tengah dimana Ibu Asep berada.
"Dieukeun Mi, teleponna" merebut paksa telepon yang dipegang oleh Ibunya dan menempelkannya pada daun telinga.

Lama tidak bersua, dua sahabat sejati sejak kecil Asep dan Reza, begitu semangatnya Asep mengobrol dengan Reza, saling bertukar kabar dan bercanda, mengenang masa saat bersama.

****

Keesokan harinya saat Asep hendak bersiap-siap untuk panggilan Interview ke Jakarta....

"Assalamualaikum.. Assalamualaikum Asep" sahut seorang pemuda tinggi dengan rambut pirang, alis tebal, hidung mancung dan bibir tipis, sebaya dengan Asep, dia mengenakan pakaian rapi bak pegawai kantor.
"Waalaikumsalam wr. wb... Wooyy Reza, jadi oge maneh kadieu, buruan asup heula urang sarapan" Asep mengajak Reza untuk masuk ke dalam rumah.
"Mi, si Reza datang yeuh, anak pungut kasayangan umi" teriak Asep
"Eehhh, naon eta teh, anak pungut, tega sia mah Sep ka aing teh" timpal Reza
"Hahahahaha, pan bener meren, hahahha"

Setelah selesai sarapan, Reza dan Asep pamit untuk pergi.

****

"Za, aing mah heran da, sia make menang pagawean sarua jeung aing?" dengan nada bingung.
"Haha, bisa atuh Sep, iyeu mah tawaran langsung ti anu boga perusahaanna"
"Maenya, sia kenal ajang bosna"
"Bwahahahahhaaaha...." tawa seketika meledak.
"Heh Asep, aing teh emang urang Sukabumi, henteu nyaho Jakarta, tapi pan kolot aing boga perusahaan di Jakarta mereun" jelas Reza.
"Hah" Asep terkaget
"Maksudna?"
"Anu boga perusahaan PT. Yix teh kolot aing Sep, makana gera sia mah ari ngasupkeun lamaran teh, tingali heula asal usulna"
"Oh.. Ari kieu mah gampang asup atuh.. Hahaha"

****

Dua jam perjalanan, Asep dan Reza asyik mengobrol hingga tanpa disadari mereka telah sampai di Jakarta. Pemandangan yang telah lama Asep rindukan. Jalanan yang macet, bangungan tinggi pencakar langit berjejer, tukang asongan disana-sini, mobil pribadi berlalu lalang dan pengamen penghias keramaian. Pemandangan asing untuk Reza. Reza berlarian sepanjang terminal.

"Jakarta, iyeu teh Jakarta, waahhh" teriak Reza.
"Za, ntong ngerakeun eh, welcome to Jakarta" dengan senyum simpul Asep melerai kegirangan Reza sembari melentangkan kedua tangannya bertandakan penyambutan.

****

"Asep, tingali itu aya ice cream meuni gede kitu, luhurna jiga emas" tunjuk Reza ke salah satu bangunan.
"Ari maneh eh, heran aing mah nu kitu disebut ice cream, lain ice cream atuh eta mah, eta teh ngaranna Monas Za" jelas Asep.
"Oh eta nu ngaranna Monas teh, haha, jiga ice cream tuda"
"Nggeus heula ah, aing arek molor heula Za, ngke hudangkeun mun ntos nyampe" tukas Asep.

Asep mulai tertidur. Pengembaraan yang luar biasa, Reza dari Sukabumi, Asep dari Bogor menjelajah Jakarta, entah apa yang akan menunggu mereka selanjutnya di tempat yang baru.

****

Di suatu tempat di waktu yang bersamaan.

"Rina, tolong ambilkan dokumen untuk interview nanti siang ya, saya perlu cek terlebih dahulu"
"Baik bu" pergi mengambil dokumen.

Amanda, manajer HRD PT. Yix yang akan melakukan interview Asep dan Reza. Wajahnya yang cantik menjadi idaman para pria di kantor, bibirnya yang manis saat tersenyum, bak kelopak mawar merekah, anggun dan elok untuk di pandang.

****

"Iteung, abang Asep datang" sembari menyodorkan kedua tangan ke depan.
"Bang Asep......" berlari menuju pelukan Asep.
"Iteung"

"Sep, hudang Sep nggeus nyampe di hareup kantor yeuh, Sep hudang" menggoyang-goyangkan tubuh Asep.
"Hmmm.. Iteung, eh Reza, nggeus nyampe?"
"Nggeus buruan gera hudang, terus ka cai heula sibeungeut"
"Hah Ok Za, hayu, bismillah" sahut Asep.
"Bismillah" timpal Reza.
"Za, tidieu heula mun nggeus nyampe kajero bahasa kudu di robah, pake bahasa Indonesia nya"
"Siap Sep" jawab Reza.

****

Asep dan Reza sampai di lobby PT. Yix dan tengah menunggu. Tubuh Asep bergetar hebat, dia rekatkan kedua tangannya dengan kepalan ke bawah dagu, beribu doa terucap di hati dengan harapan agar pekerjaan ini bisa Ia dapatkan. Dilihatnya Reza yang berada di sebelah Asep, begitu santai tanpa adanya tanda-tanda keraguan, sungguh percaya diri.

"Aahh, si Reza mah pantes santai oge da perusahaan kolotna" guman Asep di dalam hati.

Saat berlalu dalam lamunan, seorang perempuan melintas di depan Asep sehingga membuyarkan lamunannya. Iteung?

Dengan rasa penasaran, Asep mengikuti perempuan tersebut hingga sampai ke dalam toilet wanita tanpa Asep sadari. Dengan rasa percaya dan bangga Asep memegang tangan perempuan tersebut dari belakang erat, seperti tidak ingin kehilangan.

"Iteung, ini beneran Iteung kan?" dag dig dug hati Asep tidak karuan.
"Iteung....." penuh harap

Saat perempuan itu membalikkan badannya seketika ....

-Bersambung-

Hayang KawinTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang