Jadi gimana sih pakaian syar'i kalau keluar rumah?
1. Pakaian muslimah itu harus menutupi seluruh tubuh, terdiri dari khimar (kerudung) dibagian atas dan jilbab di bagian bawahnya seperti yang di jelaskan dalam QS. Al- ahzab : 59 dan An-Nur :31
2.bahanya harus tebal (tidak tipis) supaya nga menggambarkan apa yang ada di baliknya. Dalilnya adalah hadits yang menceritakan dua golongan penghuni neraka yang salah satunya adalah perempuan yang berpakaian tapi telanjang (sebagaimana tercantum dalam Shahih Muslim). Maksud dari hadits itu adalah para perempuan yang mengenakan pakaian yang menerawang seperti aquarium sehinnga justru bisa menggambarkan lekuk tubuhnya. Dengan kata lain, mereka itu berpakaian namun pada hakikatnya mereka itu telanjang.
3.harus longgar tidak boleh sempit atau ketat bak lembee karena akan menampakkan bentuk tubuhnya.
4. Tidak boleh diberi wangi-wangian. Dalilnya adalah sabda nabi: "perempuan manapun yang memakai wangi-wangian kemudian berjalan melewati sekelompom orang agar mereka mencium keharumannya maka dia adalah perempuan pezina" ( HR. An-Nasa'i, Abu Daud & Tirmidzi dari sahabt Abu Musa Al-Asy'ari). Bahkan Al-Haitsami menyebutkan bahwa keluarnya perempuan dari rumabya dengan memakai wangi-wangian dan bersolek adalah disa besar, meskipun ia diizinkan oleh suaminya. Wadow....
Padahal berapa banyak perempuan muslim yang terbiasa pakai minyak wangi cap goodbay...5. Tidak boleh menyerupai pakaian orang kafir.
Ketentuan ini berlaku bagi kaum laki-laki dan perempuan. Dalilnya adalah kejadiam yang menimpa Ali. Ketika itu Ali memakai dua lembar baju mu'ashafar. Melihat hal itu Rasulullah SAW bersabda, ini adalah pakaian kaum kafir.jangan kamu kenakan pakaian itu. (HR. Muslim, Nasa'i & Ahmad)Dengan berhijab itu ada kebaikan buat kamu yaitu akan terjaga kehormatan dan harga diri, mengingat kita untuk terus berbuat baik, juga dimuliakan sebagai seorang muslimah.
Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita berhijab karena Allah dan sesuai dengan aturan Allah.