Makna Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

50 4 0
                                    

1. Bulan Ramadhan penuh kesabaran
     Makna bulan Ramadhan bagi umat Islam yang pertama adalah sebagai bulan dimana umat Muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Selama berpuasa umat Muslim diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.
     Rasulullah saw bersabda, "Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka." (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).
     Selain itu puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bulan Ramadhan bagi umat Islam sangatlah besar. Ramadhan penuh dengan berbagai kebaikan serta keberkahan.
     Kamu diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi saat berpuasa, selain tentunya untuk menahan haus dan lapar. Segala emosi seperti nafsu, amarah, dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa.
     Oleh karena itu kamu sebaiknya memperbanyak ibadah dan tadarusan ketika berpuasa. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk tidak bergosip pada bulan Ramadhan.
     Kamu harus menjaga mulutmu untuk tidak mengatakan tentang orang lain serta mengatakan hal-hal yang jorok atau tidak seharusnya kamu katakan. Hal ini menjadi bukti bahwa makna bulan Ramadhan bagi umat Islam sangatlah besar.

2. Bulan turunnya al-Quran
     Al-Quran pertama kali diturunkan kepada nabi Muhammad saw pada bulan Ramadhan tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Al-Quran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap Muslim.
     Malam pertama kalinya diturunkan al-Quran kepada nabi Muhammad saw disebut dengan Nuzulul Qur'an.
     Jadi makna bulan Ramadhan bagi umat Islam menjadi tambahan penting dengan diturunkannya al-Quran sebagai kitab pedoman kehidupan umat Muslim
di dunia ini.

3. Malam Lailatul Qadar
     Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar
(Q.S 97:1). Malam Lailatul Qadar ini tentunya  menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat Islam.
     Tentunya untuk mendapatkan malam seribu bulan ini kamu harus melaksanakan ibadah dan amalan yang saleh, seperti berpuasa, tilawah, tadarus al-Quran, berdoa, berdzikir, muhasabah diri, dan amalan ma'ruf lainnya untuk diri sendiri maupun
orang lain.
     Hanya orang yang beramalan salehlah yang bisa mendapatkan malam ini. Karena itu, makna bulan Ramadhan bagi umat Islam salah satunya adalah adanya malam Lailatul Qadar yang sangat special.

4. Bulan penuh kedermawanan
     Pada bulan ini, nabi Muhammad saw memberi keteladanan terbaik denagn banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan
suci ini. Hal ini membuat kamh mendapatkan bahwa makna bulan Ramadhan bagi umat Islam selanjutnya adalah untuk banyak bersedekah dan memberi kepada orang yang tidak mampu serta mengurangi beban orang fakir
dan miskin.
   
5. Bulan pengampunan dosa
     Makna bulan Ramadhan bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang lalu akan diampuni." (H.R. al-Bukhari).
     Dengan hadist tersebut maka telah jelaslah bagi kita semua bahwa bulan Ramadhan ini memang penuh dengan pengampunan. Allah swt menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang-orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata-mata untuk mengharap ridha-Nya.
     Apalagi ketika bulan Ramadhan pintu-pintu Syurga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Sebagaimana nabi Muhammad saw bersabda, "Jika datang bulan Ramadhan pintu-pintu Syurga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." (H.R. al-Bukhari dan Muslim). Membuat makna bulan Ramadhan bagi umat Islam sangatlah besar.
     Bahkan Allah swt menyediakan pintu khusus di Syurga untuk umat Islam yang berpuasa Ramadhan, yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana nabi Muhammad saw bersabda, " Pintu Ar-Rayyan hanya diperuntukkan bagi orang yang berpuasa, bukan untuk selain mereka. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadhan, maka tak ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya." (H.R. al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

~~~

Jadi dengan mengetahui berbagai makna bulan Ramadhan bagi umat Islam ini kamu dapat memperbanyak amalan dan semakin bertaqwa dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan yang akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik untuk selanjutnya.

ISLAM ITU INDAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang