Peringatan: berhijab adalah murni kewajiban dari Tuhan yang tak pernah dipengaruhi oleh perilaku siapapun.
Pada suatu saat yang tidak disengaja, Deva dan teman sekolahnya dulu, si Pliry, lagi makan mie ayam di pengkolan gang. Di sebelah mereka ada dua orang ibu-ibu yang lagi ngegosip. Sebut saja mereka Bunga.
Bunga 1: Eh jeng jeng, tau gak sih? Saya punya kabar paling hot lho.
Bunga 2: Apa tuh jeng?
Bunga 1: Itu, Pak RT kan kawin lagi abis cerai sama istrinya.
Bunga 2: Hah? Yang bener jeng? Padahal baru sebulanan cerainya ya.
Bunga 1: Iya, kayaknya istri barunya ini orang ketiga hubungan Pak RT sama mantan istrinya deh jeng. Pelakor gitu.
Bunga 2: Bisa jadi jeng. Kalo nggak, mana mungkin mau langsung nikah cepet gitu ya.
Bunga 1: Iya jeng, udah gitu, istri barunya ini katanya hijabnya panjang lho jeng. Ih, gak malu ya jeng?
Bunga 2: Hih, amit-amit. Mending kita ya jeng, gak berhijab tapi bukan penggoda suami orang.
Bunga 1: Ho-oh.
Bunga 2: Udah yuk jeng, kita pulang.
Bunga 1: Yuk. Eh, bang, tadi udah bayar ya dua mangkok. Makasiiii.
Tukang Mie Ayam: Beres bu. Sama-sama.
Deva: ... *ngeliatin ibu-ibu itu pergi*
Pliry: Dev, tadi nguping gosip?
Deva: Bukan nguping. Tapi gak sengaja denger.
Pliry: Menurut loe, gimana?
Deva: Apanya yang gimana?
Pliry: Itu hijaber yang dituduh pelakor.
Deva: Hmm, kirain ibu-ibu tukang gosipnya, itu mah jelas-jelas jangan ditiru ya.
Pliry: Iyalah. Jadi, gimana? Kok ada ya wanita berhijab yang jadi perebut laki orang?
Deva: Ya gak gimana-gimana.
Pliry: Kok gitu? Bukannya itu salah ya Dev?
Deva: Lah, gue aja gak tau kebenarannya. Itu kan cuma gosip.
Pliry: Harusnya gimana dong kalo ada berita kayak gitu?
Deva: Tabayyun. Cek dan ricek kebenaran. Tapi khusus urusan yang beginian, ngapain loe repot pengen tau urusan rumah tangga orang? Apa untungnya loe tau masalah para artis, tetangga, atau orang-orang yang loe gak kenal?
Pliry: Ya gak ada sih, paling cuma jadi bahan obrolan.
Deva: Emang gak ada bahan obrolan lain?
Pliry: Ada sih, tapi kan seru Dev ngomongin orang, hihihi.
Deva: Menurut gue, gak ada gunanya.
Pliry: Ya tapi kan bisa diambil hikmahnya Dev.
Deva: Hikmahnya atau kesenangannya liat orang lain susah dan menderita?
Pliry: Dua-duanya, hihihi.
Deva: Huu.
Pliry: Eh, Dev-- *ngeliatin Deva*
Deva: Apa? *melotot*
Pliry: Loe berubah ya, jadi lebih bijak gitu.
Deva: Ah, loe aja kali yang baru tau.
Pliry: Beneeeer.
Deva: Pliry, gue tuh cuma berusaha mencoba belajar dari kesalahan-kesalahan gue di masa lalu dan gak mau mengulanginya. Gue juga berusaha untuk belajar dari pengalaman orang-orang di sekitar gue, biar gue gak melakukan kesalahan yang sama seperti mereka. Tapi bukan berarti apa yang gue katakan dan ucapkan ini, udah gue terapkan semua dalam hidup gue sehari-hari. Masih ada yang belum gue lakukan, cuma kata-kata aja. Gue kan juga masih belajar, untuk jadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya.
Pliry: ...
Deva: Kenapa loe?
Pliry: Speechless gue.
Deva: Oh iya! *raba-raba kantong celana pake tangan kanan* Eh Pliry, gue lupa bawa dompet!
Pliry: Lah itu apaan di tangan kiri?
Deva: *liat tangan kiri* Eh? Iya ini dompet gue, hehehe.
Pliry: ... *smirk*
KAMU SEDANG MEMBACA
Berhijab Tapi Kok ... [TAMAT]
RandomSeri #3 Humaniorama [untuk usia 15 tahun ke atas] Berhijab tapi kok begini ... Berhijab tapi kok begitu ... Apakah kalian salah satunya?