Good Enough

8 1 0
                                    

"Ada yang bilang
Jarak akan
Membuatmu
Mengerti,
Bagaimana rasa
Sakitnya merindu.


" if someone wasn't love you enough. You just need to love yourself good enough. "

Aku merasa harus menulis tentang ini.  Aku banyak membaca kecewaan.
Namun aku juga kerap membaca perjuangan.  Akan cinta. Ada satu hal
yang begitu mengusikku, bagaimana seseorang perempuan bisa merasa begitu tidak berharga setelah sekali saja tidak berhasil dicintai dengan baik oleh pasangannya.  Setiap kali ada yang bercerita padaku bahwa ia begitu sulit untuk move on, begitu berat untuk melepaskan, kebanyakan dari mereka pasti sudah melepaskan hal berharga yang mereka punya untuk laki-laki tersebut. Percayalah, nyaris hampir seluruh perempuan yang sudah kehilangan banyak hal baik di dalam dirinya sebelum menikah merasa tidak lagi cukup berharga untuk dinikahi oleh laki-laki baik. Dan seberapa buruk nya laki-laki yang menggerut keindahan itu dari diri mereka, mereka selalu ingin tetap bertahan mencintainya. Aku tidak bisa serta merta mengatakan ini bodoh. Tetapi aku bisa dengan lantang mengatakan;dear, berhentilah tidak mencintai dirimu sendiri. Setiap manusia pernah melakukan kesalahan. Dan tidak ada kesalahan yang lantas tidak membuat manusia tidak pantas dimanusiakan.  Tidak peduli seburuk apa pun masalalu seseorang, memiliki harapan dan impian baik selalu menjadi haknya yang paling hakiki.

Aku adalah seorang yang meyakini bahwa setiap dari kita(yang beruntung) pasti memiliki masa yang lalu yang kita tidak ingin kita ceritakan.  Yang membuat kita merasa sangat malu, tetapi juga membentuk kita jadi orang yang kuat.  Tetapi seberapa pun buruk masa lalu, Tuhan selalu menjanjikan masa depan yang lebih baik apabila kita bersedia memperbaiki diri kita. Tidak ada satu manusia pun yang berhak menilai buruk dan baiknya dirimu kecuali Dia

Aku selalu merasa sedih saat membaca cerita tentang perempuan yang tidak bisa lepas dari laki-laki yang jelas-jelas tidak baik untuk dirinya. Hanya karena perempuan itu merasa sudah tidak berarti lagi untuk di perjuangkan oleh laki-laki yang lebih baik. Ketika banyak sekali perempuan yang merasa takut, tidak akan menemukan pria yang jauh lebih baik dari yang ada di hadapannya saat ini,  maka saat itulah dia membatasi jodohnya sendiri. Saat sebenarnya Tuhan sudah mempersiapkan yang lebih baik di harinya yang akan datang, tetapi ia bersikeras untuk menginginkan laki-laki yang saat ini ada di sisinya tetap tidak pernah ingin ada dia di sisinya.

Pernakah kamu berpikir, bila kita terlalu keras kepala, dan tidak percaya bahwa rencana Tuhan itu baik? Lalu Tuhan memutuskan; baiklah Aku akan biarkan kamu hidup bersamanya, tetapi Aku tak akan lagi bertanggung jawab atas kehidupanmu

Tidakkah itu akan merepotkan dirimu sendiri? Kalau kamu merasa dirimu tidaklah cukup baik untuk dicintai, maka perbaikilah dirimu semampu yang kamu bisa. Kalau kamu bertemu seseorang yang tidak bisa menerima masa lalumu, itu berarti dia bukanlah orang yang pantas untuk kamu peluk masa depannya bersamamu. Tidak ada yang salah. Kamu hanya perlu berjalan lagi dan menemukan yang benar-benar baik untukmu. Tidak perlu tergesa-gesa, karena Tuhan selalu punya jeda yang pas untuk setiap pertemuan dari perpisahan.

Berhentilah menilai dirimu rendah, hanya karena seseorang pernah merendahkanmu. Kalau pun saja hidup datang dua kali. Tidak ada alasan untuk tinggal di dalam planet yang begitu indah ini tanpa mengisinya dengan kenangan yang indah. Jangan biarkan orang di masa lalumu, menjadi penentu nilai dirimu sendiri dimasa sekarang. If someone wasn't love you enough. You just need to love yourself good enough

"Kalau kamu bertemu
Seseorang yang tidak
Bisa menerima
Masa lalumu,
Itu berarti dia bukanlah
Orang yang pantas
Untuk kamu peluk masa
Depannya bersamamu.

Memberi Jarak Pada RinduTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang