Pernah tidak kalian duduk di samping anak-anak alay pacaran yang lagi berantem? Beneran lucu bro, mau ketawa kok ya ndak enak, tapi kalo ndak ketawa kok ya perut sakit nahannya. Pengen rasanya di video terus di lihatkan ke anak kelak terus bilang "Nak, jangan alay kayak gini ya atau bapak coret dari kartu keluarga" hahaha. Tapi, ada yang ngrekam tuh kayak nya mau di upload di sosmed, mungkin biar viral. Duh, jaman milenial, anak alay lebih cepat terkenal daripada anak berprestasi.
Yang belum pernah tahu anak alay pacaran yang berantem nih, gue kasih sedikit cerita. Disuatu ketika, ada pasangan anak muda mudi yang berantem (haha biar dramatis dikit). Berantemnya itu lucu banget, awalnya sih mereka datang, boncengan pakai sepeda motor yang modifan nya nanggung (yang cowok punya SIM apa ndak ya? Gue ndak tau). Si cewek meluk dari belakang, nempel semua kayak di lem. Tuh pasangan turun ditaman, duduknya lumayan deket lah sama gue. Awalnya romantis banget, suami istri mah kayaknya bakal kalah, gandengan tangan, si cewek nyandar terus nyuapin makanan danbilang sayang sayangan (yang jomblo jangan baper). After a few moment (ndak begitu lama), eh tu anak berantem (ndak main pukul ya cuman cek cok adu argumen, tapi tetep pakai panggilan sayang hahaha), "Kamu kok sekarang gini pa? tega sama mama", seketika gue langsung noleh. "Tidak begitu ma, papa bisa jelasin kok", si cowok menjawab sambil megang tangan si cewek. Si cewek nglempar tuh tangan cowok sambil nangis terus bilang "Papa jahat, sekarang sudah tidak menghargai mama". Gue tetep ngelihatin mereka berdua dan dalam hati gue "Ini anak sehat apa ndak ya". Waktu si cewek mulai nangis, si cowok narik tangan si cewek terus meluk sambil bilang "maafin papa ya ma, papa ndak bakalan nglakuin nya lagi, aku bakalan selalu ngehargain mama", adegan pelukan sambil nangis pun terjadi dan gue pergi dari tempat itu (sekali lagi yang jomblo jangan baper). Beneran kayak sinetron, gue cuman bisa geleng-geleng sambil ketawa, apakah ini efek sinetron pada anak muda ya, mungkin di masa depan bakalan ada mahasiswa yang buat skripsi "efek sinetron terhadap pengaruh mental anak-anak" hahaha. Gini amat ya pacaran, gue kalo pacaran ya ndak gitu-gitu amat. Pulang nya gue tetep kepikiran sama tuh kejadian, terus gue cerita ke temen-temen, eh jawabannya katanya sekarang banyak anak kayak gitu. Lanjut ngobrol sama teman-teman eh gue baru tahu kalo hal kayak gitu viral di sosmed, kok gini amat ya, ndak pa pa deh, lihat gituan itung-itung ngilangin stres.
Hal yang menarik buat gue dari kejadian itu sih waktu si cewek bilang tidak dihargai. Berapa ya harga tu cewek, kalo murah lumayan nih, hahaha bercanda. Dihargai dan menghargai sesuatu yang sering kita jumpai di aktivitas kita, kyak disebuah ikatan hubungan sampai ke tempat kerja. Kelihatan sepele tapi ternyata penting bro. Banyak sih temen gue yang putus sama pcarnya gara-gara pasangannya kurang menghargai (katanya sih). Yang jadi pertanyaan gue adalah knapa sih kok banyak keributan gara-gara mereka ingin di hargai, kayak barang aja ada harganya hahaha. Kalo gue mah itu urusan pribadi masing-masing. Tapi memang menarik sih, gara-gara "diharai dan menghargai" orang bisa sangat dekat atau bisa jadi musuhan. Tidak percaya? Coba aja deh.
"Menghargai" sesuatu yang banyak definisinya di internet tapi sulitnya minta ampun buat dilaksanain. Kalo dari katanya sih menghargai brerarti kan kita harus memberi penghargaan kepada orang lain entah apa itu wujudnya. Real nya kita cenderung sulit menghargai orang kalo tidak cocok dengan kita. Kalo menurut teori sih gampang, tapi kadang orang juga lupa nglakuin. Kalo ditanya malah jawab "maklum lupa, namanya juga manusia", jangan bawa-bawa manusia woy elu aja yang lupa. Ya kalo susah ya kita mulai dari yang gampang dulu. Loe ndak perlu jadi sopan banget buat ngehargain orang, lihat kondisi aja. Waktu pagi, beri salam ke orang, itu kan termasuk menghargai. Kalo sudah mahir mah biasa ndak langsung marah i orang lihat dulu jerih payah mereka.
Sekarang "dihargai", ini nih yang sulit. Gue yakin semua orang pasti ingin dihargai kan entah dalam bentuk apapun. Ngaku aja loe juga pengen (ya mungkin kodrat ya, hahaha).kalo menurut gue mah kalo pengen dihargain ya buat diri loe pantas buat di hargain. Contoh ni ya, loe seorang pimpinan devisi proyek di perusahaan dan loe pengen di hargai, ya lo tunjukin dengan kinerja baik lo, keramahan dan kualitas diri, tanpa loe suruh pasti karyawan lain ngehargai loe sebagai inpinan yang baik. Kalo menghargai itu pilihan kita untuk memberikan penghargaan ke orang lain. Dihargai itu adalah penghargaan atas pencapaian kita. Jadi, jangan risau, loe baik ya loe di hargai, loe jahat ya lo di caci maki, kan simple. Hidup itu cuman satu kali, jangan diersulit.
Mungkin untuk beberapa orang ada yang gila pengen di hargai, yah cuman sebagian sih. Tapi ya semuakan berdasarkan pandangan orang juga. Yang penting jadi diri loe sendiri. Hal yang paling simple lagi ya, "hargai orang, jika loe mau di hargai".
Semua orang berhak untuk dihargai atas usaha keras mereka
--Galuh_Arben--
YOU ARE READING
Manusia dan Kebodohannya
Short StoryManusia pada esensinya adalah makhluk yang tak pernah merasa puas. Raja dari dunia fana yang kejam dibalik bayangannya. Ini adalah cerita tentang manusia dibalik manisnya dunia.