”...اِنَّ الصَّلٰوةَ كَا نَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا“innash-sholaata kaanat 'alal-mu'miniina kitaabam mauquutaa.
“...Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 103)Dalam ayat lain, Allah berfirman:
“Hai orang-orang beriman, janganlah kesibukan terhadap harta dan anak-anakmu menyebabkan kamu lalai dalam mengingat Allah (sholat). Siapa yang berbuat demikian, merekalah orang-orang yang merugi.”Sementara itu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
"Pertama kali yang diwajibkan atas umatku adalah sholat lima waktu, pertama yang terangkat dari amal mereka juga sholat lima waktu, dan yang akan ditanya dari amal mereka adalah sholat lima waktu."Dari Jabir radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Perumpamaan sholat lima waktu itu bagaikan sungai yang lebar mengalir dimuka pintu salah satu rumah kamu, lalu ia mandi daripadanya tiap hari lima kali. Apakah yang demikian itu masih ada kotoran yang tertinggal pada badannya?”
(HR. Muslim)Dalam kitab Az-Zawajir karya Ahmad bin Hajar Al-Haitami, disebutkan bahwa; “Siapa yang menjaga sholat lima waktu maka Allah akan memuliakannya dengan lima kemuliaan, yaitu dihindarkan kesempitan hidup, dijauhkan dari siksa kubur, diberi kitab amalnya dengan tangan kanannya, berjalan di atas shiratal mustaqim bagaikan kilat, dan masuk surga tanpa hisab.”
Sedangkan, mereka yang meremehkan atau meninggalkan sholat akan dihukum dengan 15 siksaan, masing-masing lima didunia, lainnya disiksa ketika meninggal dunia, siksa alam kubur, dan ketika keluar dari kubur. Na'uzubillah min zalik.
Hadits-hadits diatas telah menjelaskan tentang betapa pentingnya menjaga sholat, terlebih sholat fardu. Jadi, mari perbaiki kualitas sholat kita. Jangan lagi melaksanakan sholat hanya sebagai penggugur kewajiban. Tetapi, mari kita jadikan sholat sebagai prioritas kita dalam menjalani kehidupan.