Tahukah kamu?
1. Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat nabi terkuat. Pada masa jahiliyah, dia adalah juara bertahan turnamen gulat tahunan di Pasar Ukadz di Mekah. Selain bertarung dengan tangan kosong, dia juga mahir berpedang.
2. Umar bin Khattab memiliki tubuh yang sangat besar dan kekar. Jika dia duduk di atas kuda, kakinya bisa mencapai tanah.
3. Saat masih kafir, Umar sangat benci Islam. Dia suka menyiksa kaum muslimin bahkan pernah ingin membunuh Rasulullah saw.
4. Saat masih kafir, Umar pemabuk berat. Khamr adalah minuman sehari hari. Setelah masuk Islam, dia tidak pernah lagi menyentuh khamr padahal khamr belum diharamkan. Bahkan dia berdoa agar khamr diharamkan sehingga Allah swt menurunkan ayat yang mengharamkan khamr.
5. Ada 2 orang yang dijuluki singa di Mekah pad saat itu yaitu Umar bin Khattab Si Singa Padang Pasir dan Hamzah bin Abdul Muthalib (paman Rasulullah saw) Sang Pemburu Singa.
6. Ada 2 Umar yang terkenal di Mekah yaitu Umar bin Khattab dan Umar bin Hisyam alias Abu Jahal. Rasulullah saw berharap agar salah satu Umar tsb masuk Islam.
7. Tadinya, orang mengira bahwa Umar tidak mungkin masuk Islam. Bahkan ada sahabat yang mengatakan bahwa Umar tidak akan masuk Islam sebelum keledai keluarga Al Khattab masuk Islam.
8. Umar adalah orang yang jenius. Bahkan musuh-musuhnya pun mengakuinya. Di jaman jahiliyah dia menjadi duta Quraisy.
9. Dia adalah satu diantara sedikit orang yang bisa membaca. Selain itu, Umar juga tahu ilmu sastra.
10. Penyebab Umar masuk Islam adalah suatu ketika, Umar memergoki adik perempuan dan adik iparnya belajar membaca Quran. Dia marah, memukul adik perempuannya, lalu menendang janggut, membanting, lalu menduduki badan adik iparnya. Umar mengambil lembaran Quran yang dibaca adiknya lalu membacanya. Sebagai orang yang paham sastra, Umar tahu bahwa tidak mungkin Quran buatan manusia. Hatinya pun tersentuh. Setelah itu, dia menuju rumah Arqam, tempat kaum muslimin belajar dan bersyahadat di sana.Setelah Umar bersyahadat, kaum muslim sangat gembira. Mereka bertakbir dengan keras hingga suaranya terdengar sampai dekat Kakbah. Padahal rumah Arqam berada di kaki bukit Shafa.
11. Baru masuk Islam, Umar mengajak Rasulullah untuk berdakwah terang-terangan dan memerangi kaum musyrik Quraisy. Padahal jumlah umat Islam saat itu baru sekitar 40 orang.
12. Setelah Umar masuk Islam, kaum muslimin berani menunjukkan keislaman mereka secara terang terangan karena dijaga 2 singa yaitu Umar dan Hamzah. Kaum muslimin bisa shalat, thawaf dan duduk melingkar di sekitar Kakbah.
13. Umar dan Hamzah masuk Islam hampir bersamaan. Hanya selisih 3 hari.
14. Setelah masuk Islam, Umar dijuluki Al Faruq yang artinya sang pembeda. Dijuluki begitu karena dia sangat tegas memisahkan antara yang baik dan yang buruk.
15. Umar banyak melakukan aksi greget. Ketika orang lain menyembunyikan keislamannya, Umar baru masuk Islam malah langsung memberi tahu Abu Jahal, orang yang paling benci Islam dan Jamil bin Ma’mar Al Jumha, seorang raja gosip nomer satu di Mekah. Si Jamil berteriak di hadapan publik bahwa Umar keluar dari agama nenek moyang mereka. Akibatnya Umar dikeroyok belasan orang. Namun, itu bukan masalah bagi seorang Umar. Dia layani mereka dan terjadilah pertarungan sengit dari pagi sampai sore. Wallahu a’lam, entah dia niat berantem beneran atau cuman pengen main-main aja. Di rumahnya pun banyak orang datang dan mencoba membunuhnya. Besoknya, dia membaca Quran di dekat Kakbah. Terjadilah pertarungan sengit lagi seperti hari sebelumnya. Besoknya juga sama. Akhirnya di hari ke 4 tak ada lagi yang berani melawan Umar.
16. Umar termasuk 10 sahabat yang dijamin masuk surga.
17. Dia 13 tahun lebih muda dari Rasulullah saw.