Pengantin Tidak Shalat Karena Takut Make Up Luntur

16 0 0
                                    

السلآم  عليكم ورحمة الله وبركاته

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

"Kak, bagaimana hukumnya seorang pengantin yang menunda sholat atau malah meninggalkan sholat karena takut make up nya luntur?"
.
HARAM meninggalkan sholat/ ibadah wajib lain tanpa alasan yg jelas/ masuk akal.
.
orang2 yg tidak wajib shalat:
- kafir/ non-muslim
- anak-anak/ belum baligh
- hilang akal/ gila
- perempuan haid dan nifas
.
Selain itu haram hukumnya meninggalkan sholat dengan alasan apapun. Bahkan orang sakit parah sekalipun tetep harus sholat semampunya. Boleh duduk, berbaring, atau isyarat jika memang benar2 ngga sanggup bergerak.
.
Apalagi hanya sekedar takut make up luntur. Orang sehat wal afiat ko ninggalin sholat. 🙄Make up mah bisa dipoles kembali.
.
Untuk menghindari batalnya wudhu bisa dengan
1. Berwudhu sebelum berhias, nanti pas masuk waktu sholat, tinggal sholat aja tanpa berwudhu lagi.
2. Memakai sarung tangan untuk antisipasi/ menghindari bersentuhan dengan lawan jenis. Krn ada orang2 tertentu yg tiba2 menyentuh tangan kita krn dia belum tau bahwa bersentuhan dengan lawan jenis hukumnya haram.
3. Usahakan membuat acara tanpa melewati waktu sholat. Atau usahakan selesai sebelum waktu sholat tiba.
.
Pernikahan adalah awal mula sebuah rumah tangga. Berulang kali saya sampaikan, mulailah dengan cara yg baik tanpa melanggar syariat & ketentuan Allah.
.
Tetep pake jilbab yg syar'i saat walimah. Kadang ada orang yg kesehariannya pake jilbab lebar tapi begitu walimah jilbabnya jadi kecil tidak menutup dada bahkan ada yg dilepas dengan alasan baju dari perias seperti itu. Sungguh menyedihkan. Setiap hari ditutup padahal hanya bertemu segelintir orang, tapi di acara besar & disaksikan ribuan orang, jilbab malah dia tanggalkan.
.
Awali  dengan proses taaruf dengan baik. Bersihkan segala hal yg mengurangi keberkahan hingga benar2 sah dengan dia. Menikah bukan alasan untuk meninggalkan ibadah.
.
Justru niat utama menikah menikah itu untuk ibadah. Tanpa menyepelekan ibadah wajib lainnya, menikahlah dengan cara yg disukai Allah. Semoga dengan begitu rumah tanggamu ke depan penuh keberkahan dan senantiasa diliputi kebahagiaan. 😊

Kata MutiaraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang