Doa ini bagus sekali diamalkan dan dihafalkan, karena berisi permintaan ampunan kepada Allah atas segala kezaliman. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sahabat yang mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, ia berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ajarkanlah kepadaku satu doa yang bisa kubaca di dalam shalatku.”
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Katakanlah: ALLOOHUMMA INNII ZHOLAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIROO WA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA, FAGHFIR LII MAGHFIROTAN MIN ‘INDIK, WARHAMNII INNAKA ANTAL GHOFUURUR ROHIIM. (HR. Bukhari, no. 834 dan Muslim, no. 2705).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Keterangan doa:
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
INNII ZHOLAMTU NAFSII ZHULMAN KATSIIROO, artinya: aku telah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang besar. Maksud zalim adalah menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Kezaliman yang paling besar adalah syirik kepada Allah, di bawahnya adalah dosa besar dan dosa kecil.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
FAGHFIR LII, artinya ampunilah aku. Maksudnya, tutupilah dosa-dosaku.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dianjurkan untuk membaca doa ini sebelum salam. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan bahwa doa ini bisa jadi dibaca ketika sujud atau setelah tasyahud akhir (sebelum salam).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Setelah mengetahui hal ini, hendaknya kita berusaha menghafalnya, mengamalkan, dan mengajarkan pada yang lain.
Semoga bermanfaat :)
.
.
Kontribusi oleh @rumayshocom#duniajilbab