Ternyata bukan gue doang yang ngerasa diri gue berubah. Atau Fresha yang juga ikutan berubah mulai dari kelakuan sama penampilannya dia. Ada satu manusia lagi yang nggak gue sangka-sangka ikut jadi beda. Malah dia justru drastis banget perubahannya.
Althaf.
Althaf yang dulu tertutup, nggak pernah mau cerita, nyimpen masalahnya sendiri, sekarang bahkan bisa ngasih tau apa aja yang dia rasain. Dia juga udah ngebolehin kita ke rumahnya. Padahal dulu kita nggak pernah sekalipun diajak ke sana. Alesannya paling "males aja" di rumah, enakan di luar.
Dia udah cerita soal siapa ibu tirinya, keadaan nyokap kandungnya, adiknya, dan terakhir bokapnya. Pokoknya semua keluarganya dia beberin satu-satu. Dan waktu gue tau itu, gue jadi kasian sama dia. Ribet juga idupnya.
Ternyata, setelah gue denger dari Dion, asal muasal Althaf bisa jadi begitu itu karena Fresha. Cewek itu yang ngeyakinin Althaf kalo dia harus terbuka sama masalahnya. Cewek itu yang bilang ke Althaf kalo semua bebannya dia adalah beban kita juga.
Dan liat gimana Althaf bisa langsung dengerin kata-kata cewek itu.
Althaf bisa tiba-tiba ngerubah dirinya sendiri cuma gara-gara dengerin omongannya Fresha.
Gue, David, Dion, Kemal, Reynold dan Galih, bahkan nggak bisa bikin dia lebih terbuka dan cerita soal hidupnya. Giliran ada satu cewek yang dia kenal baru itungan bulan ngomong, ehhh dia mau buka suara.
Apa Fresha punya peran penting bagi itu anak?
Dan gimana caranya biar gue bisa biasa-biasa aja nganggep dia nggak punya rasa apa pun ke Fresha sementara dia sendiri bisa nurut banget ke cewek itu.
Tiap gue iseng ngejailin Fresha, Althaf pasti jadi orang yang (sok) ngelindungin dia. Tiap Reynold ngeledekin cewek itu, Althaf yang ngebela. Pokoknya tiap kita semua bertingkah yang keliatannya ngeganggu ketenangan Fresha dikit, pasti dia turun tangan. Padahal belum tentu juga Fresha beneran keganggu. Orang selama ini dia enjoy-enjoy aja.
Dulu, gue emang yakin Althaf nggak ngeliat Fresha sama kayak Galih atau Reynold ngeliat dia. Althaf kayak punya pandangan khusus. Dulu, gue nggak percaya kata-kata David yang selalu ngomong kalo Althaf nggak pernah punya rasa ke cewek itu. Karena ya dari apa yang gue liat, dia perhatian banget.
Sampe puncaknya kejadian hari itu.
Di mana semuanya menghancurkan keyakinan-keyakinan gue.Hari itu, hari Minggu, di rumah Althaf.
Lo mungkin udah tau apa yang terjadi di hari itu. Fresha udah nyeritain sedetail mungkin kejadiannya. Dan dia cerita seolah-olah gue nggak tau apa yang terjadi antara dia sama Althaf.
Padahal gue tau.
Gue tau persis.
Gue tau gimana dia dengan bangganya ngomong ke Althaf soal perasaannya.
Gue denger dia nangis waktu itu.
Gue bahkan ikut ngerasa sakit waktu denger jawaban Althaf.
Kalo itu anak nggak punya perasaan apa-apa ke Fresha.
What the hell!
Gue nggak bisa nahan diri gue buat nguping lama-lama di balik tiang besar dapur rumah Althaf. Gue akhirnya keluar dan bersikap seolah gue baru dateng dan nggak tau apa-apa tentang percakapan mereka. Fresha ngeliat ke gue, matanya merah, dan setelah itu dia langsung pergi. Dia langsung pulang.
Waktu Fresha ngelewatin gue, gue pengen cegah dia dan peluk dia saat itu juga. Tapi yang terjadi justru gue biarin dia pergi. Gue biarin dia bohong ke yang lain kalo dia disuruh bokapnya balik.
KAMU SEDANG MEMBACA
Prepared
Short Story[completed] Trilogy of FRE & FER Sebelum ketemu Fresha, hidup gue awalnya cuma muter-muter soal tawuran, skorsing, dan ngelakuin apa pun yang gue suka bareng anak-anak Seven Gerrard. Tapi sejak ketemu dia, dunia gue berubah. Cuma butuh satu alesan...