04.15
kringgggg...kriiiiinngggg....kriiingggg
Suara alarm Senin pagi biasanya gak enak banget. Bawannya pengen matiin terus, cuma beda sama Senin pagi hari ini. Gue matiin alarm langsung ngumpulin nyawa yang masih nyicil. Setelah udah, gue langsung jalan ambil handuk di deket jendela kamar, sekalian ngebuka jendela. Gue liat langit masih item pekat, tapi sholah-sholah udah kedengeran dari mana-mana. Ya wajar sih, kan shubuh jam empat lebih tiga puluhan. Pas udah jalan mau ke kamar mandi, tiba-tiba Ayah ngebuka pintu kamar gue.
"Tumben amat, Ji udah bangun?" Tanya Ayah heran.
"Iya dong, daripada di tarik-tarik Ayah terus." Jawab gue ngeledek.
"Dih. Yaudah gih mandi dulu, Ayah tunggu di Musholla ya." Ayah gue pun nutup pintu kamar gue, terus pergi dari kamar gue.
"SIAP YAH BOS" Teriak gue dari dalem. Gue pun langsung jalan ke kamar mandi. Kali ini gue mandi.
Singkatnya gue sama Ayah udah selesai sholat shubuh. Sholat shubuh bareng Ayah emang udah kayak kebiasaan dari kecil sih, jadi gak pernah marah kalo harus di bangunin sama Ayah pagi buta sekalipun hari libur. Setiap selesai sholat shubuh Ayah langsung ke dapur, nyiapin sarapan buat berdua. Kalo lagi gak males sih masak yang berat, kalo males ya ke dapur cuma bikin teh anget sambil nonton kartun, tar agak siangan baru ke dapur bikinin kopi buat berdua sama roti isi ala-ala pokoknya sarapan.
"Biar Aji yang bikinin, Yah." Sela gue pas Ayah mau ambil gelas buat bikin teh. Ayah natap gue curiga.
"Kamu abis ketempelan jin di mana, Ji. Udah bangun duluan, sekarang abis sholat gak langsung tidur." Tanya Ayah heran. Harusnya si bukan Ayah yang heran, harusnya gue yang heran. Kenapa gitu kalo anaknya berubah agak baik malah di curigain. Ckckck Dasar Serikat Bapak-Bapak di Whatsapp.
"Aji bosen ah di tarik-tarik Ayah cuma gara-gara di suruh mandi sama sholat. Lagian Aji gak sekali dua kali loh bikinin Ayah teh. Gak mau nih?" Jawab gue songong. Jangan di tiru ya temen-temen. Gak baik songong sama Bapak sendiri. Kecuali Bapaknya punya jiwa muda kayak Ayah. Biar gak baperan. Wkwkwkw
"Halah palingan gamau tidur biar gak kesiangan kan jemput cewe." Dih Ayah, kalo ngomong......suka bener wkwkw
"Mana ada cewe. Aji mau kerja dulu yang bener biar bisa senengin Ayah." Ngelak adalah jalan ninjaku.
"Ayah tuh pernah muda jangan sok-sok an ngelak. Jadi siapa Ji?"
"Aji gak ngelak, Yah. Emang belom deket banget, malah baru mulai buat deket. Tapi, dia lebih tua dari Aji dua tahun, Yah." denger jawaban gue, Ayah berhenti ngiris bombay buat isian roti isi. Gue bingung, apa ya gue salah ngomong? Tapi, di sebelah mananya? Hmm. "Yah, Aji salah ngomong?" Tanya gue, mastiin.
"Eh-hmm. Enggak, Aji. Ayah cuma mikir, kamu cepet banget gedenya sekarang. Udah bisa deketin cewek. Ciye. Mana ada gak fotonya, Ayah mau liat" Ledek Ayah.
"Gamau ah, nanti kepincut sama Ayah." Gue pun pergi bawa dua teh anget ke ruang TV. Setelah hampir lima belas menit akhirnya Ayah, nyusul ke ruang tamu. Sambil bawa dua roti isi di satu piring. Kita makan sambil nonton adegan patrick sama spongebob ngejar berburu ubur-ubur.
"Ji, inget. Jangan jadi laki-laki yang ngeremehin perempuan ya." Kata Ayah, gue noleh ke Ayah yang masih serius nonton kartun. "Ayah mau kamu jadi laki-laki yang bertanggung jawab. Jangan suka nyakitin hati perempuan. Kalo kamu nyakitin cewe. Sama aja kamu nyakitin Bunda kamu. Gamau kan nyakitin Bunda?" Lanjutnya. Ayah emang sayang banget sama Bunda. Gue pun juga sayang sama Bunda. Sekalipun gak pernah ketemu sama beliau.
"Yah, percaya aja sama Aji. Nanti kalo Aji sama Lala jadi. Aji bawa dia kesini." Bales gue. Ayah cuma ngangguk dan lanjut makan roti isinya. Jarang banget gue sama Ayah punya waktu kayak gini kalo gak pas hari libur. Itupun kadang gue pergi ke bengkelnya anak-anak jadi gak di rumah. Kita masih di posisi yang sama. Sampe akhirnya satu chat line masuk, ngebuyarin fokus gue ke spongebob.