Setelah lulus SMP, aku nganggur satu tahun dan nggak lanjut ke Sekolah Menengah Atas, karena alasan biaya lagi nggak ada banget.
Aku ngerti ekonomi keluargaku saat itu gimana.
Selama satu tahun saat aku nganggur, rasanya bener-bener nggak enak. Satu tahun aku laluin hiruk-pikuk sakit yang luar biasa.
Mungkin bawaan masih nggak nerima diri yang nggak lanjut sekolah kayak temen-temen yang lain.Kadang aku iri ngeliat temen yang sekolah di tempat pilihan mereka masing-masing.
Ada yang sekolah di sekolah elite lah, sekolah di SMA 1 lah, sekolah keluar pulau lah, sampai ada yang masuk ke sekolah Polisi gitu.
Di tahun ini, aku baru tau kalo aku terkena Gangguan Psikis yaitu Bipolar Disorder Tipe 1.
Saat itu, Kakak perempuanku udah nikah.
Disana dia belum punya anak.
Dia berkunjung kerumah seminggu sekali, karena rumah suaminya jauh banget dari rumah ibuku, sekita 1 jam perjalanan kalo naik motor.
Kebetulan, ibuku emang buka warung kecil-kecilan, dan kebetulan juga, kakakku ngajakin temennya untuk berkunjung kesana. Sekedar untuk ngemil jajanan yang di warung dan juga ngobrol karena rumah temennya deket dari warung.
Katanya, itu temen SMA nya dulu di SMANDA PRAYA. (Sekolah yang berlokasi di Lombok Tengah).Aku rasa, kakakku nggak secara kebetulan ngajakin temennya mampir.
Aku ngerasain aneh itu sekarang waktu aku flasback cerita tentang kisah ini.Kenapa aneh?.
Kakaku jarang banget ngajak temennya untuk mampir, atau sekedar ngajak temennya ngobrol di rumah.
Dia juga kayak bela-belain kerumah banget padahal dia sering dilarang untuk berkunjung kerumah sama mertuanya.But, mungkin cuma fikiranku aja yang emang lagi halu saat ini.
Beberapa jam kemudian, temennya dateng.
Temennya dari Renteng, Praya. Sekitar 25 menit perjalanan kalo dari rumah.
Waktu itu, aku cuma taunya dia kedatangan temen, dan ya udah', aku pergi gitu aja karena takut ganggu obrolan mereka.Temennya berkaca mata, rambut sedikit bergelombang dan pakai jaket tebal karena waktu itu siang hari yang panas.
Aku duduk di belakang rumah, sedangkan mereka ngobrol di samping rumah.
Nggak kedap udara berhubung kita emang berada di luar sehingga aku bisa denger obrolan mereka.Aku fikir, cerita mereka bakalan asik atau ngobrol tentang kisah-kisah saat di sekolah mereka dulu.
Tapi semua itu beda.
Kakakku cerita banyak sama temennya tentang adik kandungnya. Yaitu aku.Pertama, Dia bilang aku aneh, kedua, aku gampang tersinggung, ketiga, mood-ku turun naik, dan segala hal yang bener-bener ngejelek-jelekin aku abis-abisan.
Dulu aku ngerasa bahwa kakak-ku ngejelek-jelekin adiknya sendiri dan sama aja kayak orang-orang yang ngebully aku waktu SMP, dia menceritakan segala hal tentang Gimana aku bisa brutal di dalam rumah, gimana parahnya mentalku dan segala hal kelakuan di batas kenormalan manusia.
Tapi disitu aku ngerti.
Kakakku cuma pengen nolongin aku sembuh.Temennya bingung, jelas sekali dia bingung.
Aku hanya bisa ketawa kecil waktu denger temen kakakku itu bersuara 'hah?'. Kaget.
Udah pasti dia kaget.Percakapan mereka berhenti sekian detik sampai temennya ngejawab semua cerita dari kakakku.
"Aku punya temen, dia psikiater. Siapa tau kamu bisa nemu jawaban dari dia. Kalo masalah biaya, nanti aku ngomong".
Dan yup!
Saat itu, kakakku mulai ngajak aku ke klinik tempat temennya si temennya kakakku.Untung aja disitu nggak bayar.
Karna aku tau banget sekali terapi meskipun itu cuma ngomong doang sama psikiater bisa ngabisin biaya yang nggak sembarangan.Semua cara terapi udah aku lakuin. Dan itu ngabisin waktu banget.
Sampai berhari-hari.
Mulai dari lisan, tulisan, hingga keterangan medis.
Sampai aku dikasih obat litium, natrium divalproex, Tirex, dinosaurus Bla bla blaaa...
Dan dikasih secarik kertas, yaitu beberapa keterangan soal psikisku.Bipolar Disorder Tipe 1.
Itu yang tertanam dalam jiwa, otak, dan tubuhku.Terapi, aku udah nggak terapi setelah aku tau siapa diriku.
Minum obat, aku udah nggak minum obat setelah aku tau biaya masuk terapi ke psikiater itu mahal, dan resep-pun susah di cari di Apotek.Cukup tau aja.
Cukup tau kalo aku punya itu.
Di tahun itu-pun, aku tau bahwa aku ini Lesbian.
Yang suka sama cewek.
Dan aku juga bisa tau nama dari gaya-gaya yang ada di dunia LGBT.Pertama kali, aku di kenalin sama temenku.
Dia adik ipar kakakku.
Dia tomboy, rambut pendek, sama kayak aku.Dulu aku culun abis.
Dan susah banget yang namanya kenal sama orang.Tapi lama kelamaan, seiring dengan berjalannya waktu dan umur semakin meningkat dari sebelumnya, maluku jadi berangsur-angsur sembuh.
Sekarang malah jadi malu-maluin.Adik ipar kakakku sempet bilang sama aku kalo aku kudet, kuper, dan nggak gaul.
Aku sadar kok' kalo aku nggak gaul.
Dia mulai sering ngajakin aku jalan keliling Mall dan ketemu sama beberapa orang yang penampilannya mirip banget sama kita.
Yaitu sama-sama tomboy juga.
Awalnya, aku mikir kalo semua yang rambutnya pendek dan kecowok-cowok'an kayak aku, pengidap Bipolar juga.Tapi aku salah. Aku aja yang terlalu blo'on.
Aku nanya sama adik iparnya kakakku.
Kenapa mereka sama kayak kita?
Kenapa mereka cinta sama cewek juga?Dan dijelasin lah, sama dia.
Kita ini sebenernya Lesb*, ini dunia lo, lo itu Butc*i, dan yada yada yada.Disitu aku jadi ngerti dan paham betul dunia pelangi itu kayak gimana.
Tapi, aku cuma cukup tau aja disana dan ngerasa lega karna penasaranku udah terbayarkan sama jawaban-jawaban temenku itu.