5.) MANDI

12 2 0
                                    

Mandi, hal yang paling dibenci sama cewek jaman now (kecuali gue)., gue bukan cewek jaman now soalnya. Tapi, jaman dimana gue mempunyai jodoh masa depan yang akan datang, ea.

Iya, jadi gue pernah ngeliat banyak di sosmed tentang cewek yang takut air, apalagi kalo pagi. Bahkan, mereka tuh kaya punya prinsip tersendiri gitu. Jadi, Senin-Sabtu sekolah, dan badan pun wangi. Tapi, pas hari Minggu, badan bau dan gak ada wangi-wanginya sama sekali. Kok, bisa? Karena, cewek itu ada beberapa macam hari libur ketika hari Minggu. Contoh, libur sekolah, libur mandi, libur uang jajan, libur hidup, dll.

Dan bisa aja cewek itu mandi seminggu sekali, kalo seumpama masuk sekolahnya cuma satu hari. Tapi, gak mungkin lah ya masuk sekolah cuma satu hari. Sekolah apaan begitu? Mendingan gak usah sekolah, sayang-sayangin duit Nyokap gue aja.

Dan..

Alasan cewek gak pernah mau mandi itu, karena gengsi buat ngedeketin airnya duluan. Apa banget, dah? Ada-ada aja alasan anehnya anak jaman sekarang. Terus, ada juga yang beralasan kalo dia udah cantik tanpa mandi. Wuanjir, pedenya sampe mentok ke pentilasi kipas angin. Dan, cewek kalo udah mandi itu lamanya parah banget. Orang haji muterin Kakbah 7 kali aja cewek belom kelar mandi. Kenapa? Karena, mereka itu kalo mandi sukanya dengerin musik, nyanyi-nyanyi gak jelas, nyiprat-nyipratin air ke atas, nyabunin badannya berasa main iklan Lux (lama, di pelan-pelanin), dll.

Kok, gue bisa bilang begitu? Karena, gue cewek, bro! Gue juga pernah ngerasain mandi lama. Dan gue paling gak suka kalo harus mandi pada saat malem. Jadi, kalo gue mandi malem terus keramas, udah gitu mata gue perih karena kena busa shamponya. Dan pikiran gue yang tadinya baik-baik aja, langsung berubah jadi horror,

Pocong di balik pintu, kuntilanak lagi duduk sambil nyengir, tuyul lagi jongkok di wc, film setan yang baru aja di tonton tadi siang. -pikiran gue

Mampus aja gue. Udah mana masih telanjang, rambut penuh shampo, mata perih pula. Mau lari kemana? Kalo mau melek, hati gue malah bilang,

"Di depan lo ada setan. Di depan lo ada setan."

Ya, gue jadi ragu mau melek. Tapi, masa iya gue sampe besok di dalam kamar mandi terus-terusan, kan gak mungkin. Udah gitu, tadi gue lagi mandi sekitar jam 04.33. Otomatis, rumah gue sepi karena masih pada tidur. Yaudah gue mandi aja karena gue mau pergi. Nah, pas gue sabunin muka gue, pikiran gue langsung ngaco ngebayangin hal yang malah bikin gue pengen buru-buru keluar aja dari kamar mandi,

Di belakang ada kuntilanak lagi duduk di atas sambil ngeliatin lo mandi, terus dia nyengir dengan ekspresi muka serem. -pikiran gue

Disitu gue usahain buat ganti pikiran gue, anjir. Tapi, gak bisa-bisa. Sialan bat kata gue. Gue juga heran, tuh pikiran bisa dateng darimana? Setau gue, dari kemaren gue gak ada tuh yang namanya nonton film horror, malahan gue nonton Naruto. Apa jangan-jangan emang bener ada, ya? Soalnya, firasat gue selalu bener. Gue selalu ngerasa merinding kalo ada setan di deket gue. Contoh, temen gue yang dateng pas lagi butuhnya doang. Kan sejenis, erere.

Terus..

Gue punya temen yang kalo hari libur kerjaannya cuma rebahan sama main hp doang dari pagi ketemu pagi. Pas disuruh beli mama lemon bilangnya,

"Panas ah, Ma."

Panas darimana nya?! Lo disuruh sama Nyokap lo waktu jam 6 pagi, bodoh. Wuanjir, betah aja gitu ya gak mandi seharian. Udah rambut banyak kutu, kulit dekil, muka buluk, gigi kuning, selangkangan isinya daki semua. Astagfirullah..

Lah, bukan maksud gue ngatain para kaum cewek. Gue juga cewek, dan pernah gak mandi seharian gara-gara keasikan main hp. Tapi, gue mah gak tiap hari, weh! Gak kaya lo yang gak mandi tiap hari, apalagi kalo gak sekolah atau pergi-pergian gitu. Dan sampe Nyokap lo bilang gini,

"Astagfirullah, perawan kerjaannya cuma rebahan, main hp, gak mandi kalo gak sekolah. Mending lo bantuin gua bebenah gidah, daripada cuma rebahan kaya orang gak punya tulang."

Atogak,

"Jadi perawan males banget. Ntar kalo lu udah punya suami gimana tuh? Malu sama mertua."

Atogak,

"Mandi sono. Tuh badan bau banget comberan. Malu apa malu."

The power of Emak. Kalo udah ngomong selalu santai tanpa merasa dosa. Bahkan, dia gak sadar kalo kita begini karena keturunan dia waktu kecil dulu. Kadang Nyokap suka juga bikin istighfar, dan mancing-mancing emosi yang ingin mentok ke kepala sampe botak.

Terus..

Ada juga Nyokap yang kerjaannya nyari-nyari alasan. Kaya umpama, gue ngomong bener, dan dia salah (ngegas). Terus, dia berusaha nyari alasan lain biar omongannya jadi bener, padahal udah jelas-jelas dia ngomong salah, ngegas pula. Kalo gue ladenin terus, dia nya gak terima. Dan akhirnya gue di elpijiin sampe emosi gue mau keluar. Kadang, Nyokap suka mancing emosi anaknya sendiri, sih. Ntar, kalo ngelawan dikatain anak durhaka, anak songong, anak gak tau diri, dll. Padahal, yang udah mancing emosi gue tuh dia sendiri. Tapi, pas gue keluarin emosi gue, dia nya malah marah-marah.

Ah, punya emak cewek tuh makan ati. Karena, pepatah jaman now mengatakan kalo cewek itu selalu benar. Emak lo cewek? Kelar idup lo. Tapi, gak kebayang juga kalo gue punya Nyokap cowok itu kaya gimana. Gue dilahirin darimana? Ya, masa iya dari lobang idung. Kan gak mungkin. Yang ada, kalo Nyokap itu cowok, bisa ngebuat tukang gali kuburan jadi orang kaya tiap hari.

Ya iyalah, anjer! Gimana enggak? Idung Nyokap cowok setiap yang mau lahiran selalu robek, udah pasti meninggal. Yang keluar dari lobang dubul aja kadang suka ada yang meninggal, apalagi lobang idung yang ada dua begitu. Repot, dong. Dokter gimana ngambilnya kalo kaki kanan ada di lobang idung kanan, dan kaki kiri ada di lobang idung kiri? Kalo kepala yang keluar duluan, terus badannya nyangkut di lobang sebelahnya, gimana?

Ah, gak tau, lah. Ribet anjir. Pusing gue.

Dan, gue juga heran sama Lucinta Luna yang pengen banget berubah jadi cewek. Kenapa gak berubah jadi siluman babi aja biar keren? Kan kalo cewek, jadi gak lucu banget. Kalo babi kan, lucu. Ntar, ketangkep pas lagi ngepet, terus digebukin sama warga. Abis itu, kita videoin sambil ketawa jahat. Ada manfaatnya.

Kalo berubah jadi cewek? Mana ada. Yang ada, dia terus-terusan di hujat sama warga +62. Tau sendiri warga +62 itu kaya gimana. Ada gempa bumi aja, masih bikin tiktok. On the spot aja sampe teheran-heran sama kelakuan warga +62 yang terlalu santuy. Gimana gak heran, anjir?! Gempa bumi, buset. Dia masih berdiri sambil joget di depan tiktok. Ada angin puting beliung malah di ajak fotbar, astagfirullah. Saking santuy nya sama diri, sampe gak kenal lagi sama yang namanya bahaya. Bahkan, setan aja di sepelein sama warga +62.

Pocong yang awalnya mukanya serem, dirubah jadi senyum pepsodent pake apk google play store. Udah gitu, ada juga yang ngusir setan tapi udah kaya ngusir kucing.

"Anas, ada hantu. Hush.. Hush.. Audzubillahiminasyaitonirrajim, Audzubillahiminasyaitonirrajim."

Gue ngakak, tai!
Ada videonya di Instagram, gue ngasih unjuk ke temen gue. Eh, dia ngakak juga. Abis, sama-sama receh.

****

Oke, sekian terima kasih. Sampe sini aja ceritanya. Gue lagi gak ngelawak, kok. Cuma kalo kalian pada ketawa sama cerita gue, ya gpp. Biar gak ngantuk gitu, yagak?

-Hisaura

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 08, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Cerita HumorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang