Chapter 2: My School Life

6 0 0
                                    

Kalau ngomongin soal kehidupan sekolah ku yah bisa di bilang aku banyak nelan asam garam di kehidupan sekolah ku. Karena menurut ku kehidupan sekolah ku yah gitu2 aja nggak ada yg terlalu menarik tapi nggak bosenin juga. Awal2 sih masih oke tapi lama kelamaan pasti ada kejadian yg nggak terduga.

Pertama kali masuk TK, aku di kenal sebagai anak yg ramah, selalu tersenyum, suka menolong dan populer di kalangan guru2 dan temen2. Jujur aja sih, aku nggak terlalu inget masa2 ku di TK seolah memori ku terkubur dalam2 tanpa sebab tapi aku masih inget beberapa guru dan temen yg aku tau pas TK dulu dan temen ku itu yg sekarang jadi sahabat ku.

Pas masuk SD yah awal2 aku kelas 1 sampe kelas 3 masih normal2 aja tapi semenjak naik ke kelas 4, nilai ku menurun dan Mama ku meriksain aku ke psikolog dan katanya aku punya ADD (Attention Deficit Disorder) dan aku sempet kaget karena aku nggak nyangka punya kelainan itu tapi buat Mama ku dia cukup perspektif dan udah tau itu meski kita blm ke psikolog sama sekali mengingat dia dokter juga. Setelah aku tau kalau aku punya ADD aku berusaha nggak terlalu terpengaruh dengan keadaan ku itu dan untungnya aku lulus SD dengan nilai yg lumayan tidak terlalu rendah maupun tinggi yg penting rata2 aja (sumpah aku sendiri kaget pas liat nilai IPA ku lebih tinggi di banding mapel UN yg lain😂)

Masuk SMP menurut ku itu masa yg paling banyak manis dan pahitnya. Di manisnya aku beruntung bisa dapet sahabat2 yg baik mulai dari yg sekelas sampe yg beda kelas dan mereka udah kuanggap kayak saudara2 ku sendiri dan fyi aku kalau udah punya sahabat pasti protektif banget sama mereka tapi nggak sampe over kok. Dan pahitnya pas aku kelas 2 anak2 cowok di kelas ku mulai gangguin aku tanpa alasan yg jelas tapi kalau kata temen2ku itu karena aku yg waktu itu terlalu polos dan baik to be honest I'm not surprised karena Mama ku juga bilang sifat ku yg seperti ini yg membuat aku mudah di perdaya sama orang lain. Karena aku sering di gangguin sama mereka kondisi mental ku jadi terpengaruh dan itu membuat ku kebayang dengan apa yg mereka lakuin ke aku. Aku hampir nyaris nggak naik kelas 3 gara2 nilai ku rendah dan aku nggak ngumpulin tugas2ku entah kenapa aku merasa kalau aku tuh nggak mau ngelakuin segala hal itu meski pun itu kewajiban ku sebagai murid, aku di marahin sama orang tua ku karena itu dan karena aku nggak pernah cerita soal masalah ku ke mereka juga dan jujur aku merasa sedih dan tertekan banget sampe aku berpikir untuk bunuh diri tapi aku masih punya akal sehat buat nggak ngelakuin itu karena aku tau kalau aku ngelakukan bunuh diri aku mikirin bagaimana perasaan orang2 terdekat ku kalau aku udah nggak ada, aku berusaha untuk menyingkirkan pikiran tersebut dengan cara melihat dan melakukan hal positif.

Masuk SMA kali ini terasa beda, karena aku masuk sekolah negeri untuk pertama kalinya meski aku masih pengen ngelanjutin di SMA swasta yg satu yayasan sama SD dan SMP ku tapi Mama ku nyuruh aku buat masuk negeri katanya sih biar bisa ganti suasana setidaknya aku harus masuk sekolah negeri sekali aja. So aku turutin aja dan nyoba masuk negeri lewat seleksi BL (Bina Lingkungan) and aku keterima meski nyaris tereliminasi tapi hey setidaknya aku keterima lagipula kalau aku keterima di negeri, Mama ku udah janji bakal beliin hp baru gara2 aku udah ngerengek pengen ganti hp dari dulu😂😂😂 tapi Mama ku pasti ngasih banyak syarat kalau aku pengen sesuatu kayak nilainya harus bagus lah, bisa masuk sekolah negeri dan sebagainya😑. Karena ini pertama kalinya aku masuk sekolah negeri sumpah aku merasa kena culture shock apalagi lingkungannya beda bener sama sekolah swasta, jujur karena aku introvert dan nggak banyak ngomong aku jadi susah punya temen pas SMA apalagi sama yg satu jurusan kayak aku yaitu IPS, aku mikir rasanya miris bener anak IPS tapi susah berteman dengan yg lain kalau nginget soal itu rasanya sakit bener tapi aku berusaha buat senyum aja di luar biar nggak ada seorang pun yg tau kesedihan ku. Tapi sahabat ku yg masuk di sekolah yg sama kayak aku bisa ngeliat itu semua, mungkin buat kita berdua bisa di bilang kita tau pikiran satu sama lain dan ikatan kita berdua kuat banget; aku cerita sama dia soal masalah ku dan dia berusaha buat bantuin aku untungnya dia ngenalin aku sama beberapa temennya yg di jurusan IPA mengingat dia juga masuk jurusan itu, aku pun jadi bisa cepat akrab sama mereka. Tapi tetap aja aku kayak ngerasain kekosongan dalem hati ku entah kenapa aku ngerasain hal tersebut, kalau soal nilai pelajaran ku yah bisa di bilang kayak grafik penjualan kadang di atas kadang di bawah pas kelas 1 nilai ku average yah setidaknya itu menurut ku lumayan buat awalan tapi pas kelas 2 nilai ku menurun drastis sampai aku terancam nggak naik kelas dan Mama ku sampai nangis karena itu, aku juga sempet nangis sampai aku stress dan rasa pengen bunuh diri itu kembali lagi tapi aku berusaha buat ngilangin perasaan itu meski efeknya aku jadi lebih sering diam dan susah terbuka pada akhirnya aku menjadi orang yg dingin dan nggak banyak bertingkah tapi aku berusaha bernegosiasi dengan guru-guru ku supaya aku di beri kesempatan lagi hingga akhirnya aku berhasil menyelesaikan semua tugas dan remedial ku. Kelas 3 adalah penentu segalanya karena aku harus memutuskan buat ngelanjutin ke mana dan jujur aku udah ada 2 pilihan antara psikologi sama sastra, eh pada akhirnya aku milih psikologi waktu pun berlalu dan udah mendekati UN karena tahun lalu sistem UN nya boleh milih satu pelajaran minat aku pun ngambil sosiologi karena nilai ku paling bagus di sosiologi di banding dengan ekonomi dan geografi. Dan untungnya aku lulus dengan nilai yg lumayan meski matematika ku paling rendah aku cuman bisa dapet 40 karena memang itu pelajaran kelemahan ku.

Sebulan setelah kelulusan, aku bertekad ingin masuk UI atau UGM meski aku tau itu sangat susah tapi setidaknya aku pengen masuk di salah satunya apalagi UGM karena orang tua ku adalah alumni fakultas kedokteran di sana. Tapi sayangnya aku nggak ada keterima di dua-duanya tapi aku keterima di Malaysia karena nilai ku mencukupi untuk masuk sana dan aku tinggal mengikuti tes IELTS untuk melengkapi persyaratannya.

Oke, kehidupan sekolah ku udah selesai ku ceritakan untuk chapter berikutnya, aku bakal nyeritain kehidupan kuliah ku di luar negeri. So, stay tuned yah

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Dec 03, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Story Of My LifeWhere stories live. Discover now