2. Anggi

1.1K 18 2
                                    

Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan.


Dalam lingkungan hidup, penting untuk menjaga kesadaran dalam menjaga kebersihan.

Terlebih lagi terhadap kebersihan lingkungan. Banyak dari masyarakat kurang sadar terhadap kebersihan lingkungan. Mereka  tidak memperdulikan kebersihan lingkungan, seperti mereka yang membuang sampah bukan pada tempatnya. Contohnya, membuang sampah di jalan raya, di sungai, bahkan tempat yang sudah dilarang sekalipun.

Mereka selalu saja menghiraukan larangan-larangan yan sudah dibuat. Keadaan lingkungam sangat memprihatin kan. Sikap acuh masyarakat yang membuat lingkungan semakin rusak.
Faktor paling utama dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yaitu kurangnya rasa perduli terhadap sekitar dan apa yang mereka lihat. Seperti halnya  dalam pembungan  sampah. Banyak dari mereka yang membuang tanpa arah, membiarkan sampah bertumpuk-tumpuk dimana-mana. Tanpa sadar, mereka sudah menimbulkan penyakit yang akan menyerang mereka sendiri. Seperti demam berdarah, malaria, muntaber, pusing dan lain sebagainya.
Kebersihan lingkungan pun sangat tidak terjaga. Lagi dan lagi kesadaran mereka yang memengaruhi semuanya, rasa perduli yang sangat kecil, dan  tidak memperdulikan resiko besar yang akan terjadi.
Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan juga dapat menimbulkan bencana yang sangat besar. Seperti banyak yang kita  ketahui, bencana banjir tidak hanya disebabkan oleh hujan yang sangat deras. Tapi, karena orang-orang membuang sampah sembarangan di sungai, penyumbatan selokan  yang mengakibatkan tidak lancarnya aliran air sehingga air menaik ke atas permukaan yang dapat menyebakan banjir.

Oleh karena sangat penting bagi kita untuk mulai perduli terhadap kebersihan lingkungan, menumbuhkan kesadaran untuk menjaga dan terus menjaga.

ARTIKEL CPHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang