Tren Karya Seni Berbasis Vektor Android.
Di kemajuan teknologi seperti ini, iya nggak sih jika kita akan meninggalkan cara lama kita dalam mengembangkan sebuah karya. Satu karya yang kini menjadi trending kekinian yang memanfaatkan android bahkan computer untuk merubahnya menjadi karya yang modern, salah satunya karya vector yang kini menjadi peminat karya seninya.
Vector yang digambarkan tidak hanya gambar wajah saja, beberapa bentuk hewan yang terlihat sangat nyata, dan lain-lainnya. Peluang ini menjadikan banyak yang mengembangkan serta terus membuat karya sendi itu dengan basis vector. Aplikasi vector yang kini banyak di gunakan salah satunya adalah infinite desgin untuk android, Photoshop untuk komputer, dan adobe sketch yang bisa digunakkan di kedua media itu.
Penggunaan aplikasi itu terus bisa melaju sesuai perkembangannya. Banyak remaja mulai dari sekolah menengah pertama sampai beberapa remaja di perguruan tinggi. Hasil karya dari mereka sendiri juga digambar dengan langkah-langkah tangan mereka sendiri yang menggunakan kreatifitasan mereka.
Jadi sebenarnya, buat apa sih mereka mengembangkan karya seni vector berbasis android ini?
Ya, mereka membuat kreatifitasa mereka untukemperjualkan gambar hasil karya gambar tangan mereka di android, bahkan satu gambar dengan kwalitas bagus pun harganya juga lumayan sekali. Harga penjualan vector gambar wajah dengan kwalitas bagus sampai kwalitas terbaik bisa mencapai Rp50.000-Rp80.000/hasil gambar. Mereka juga mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan vector mereka. Kini saja banyak sekali penerbit yang mencari editor yang memiliki kemampuan mengkreasikan vector dalam bentuk cover buku, pembatas buku atau light stick card, sovenir bonus pembelian buku, dan lain-lain.Pada awalnya grafis vector ini juga ada sejak tahun 1959. Pada waktu itu hanya ada maraknya bentuk-bentuk sederhana dari desain grafis, yaitu bentuk Polygon, persegi, segitiga, dan lain sebagainya.
Pemanfaatan grafis vector di era saat ini dengan android sudah mulai marak pula, mereka membuat sendiri untuk diri mereka sendiri, membuatkan untuk teman, atau juga menjual, membuat cover untuk kebutuhan mereka untuk berkarya menulis buku.
Kini pembuat grafis vector yang perfeksionis dan terkenal di media sosial wattpad adalah kamubiru, dan khia fa. Karya mereka sudah sangat legend jika untuk penerbit-penerbit-penerbit buku. Kalian bisa melihat karya mereka di Instagram mereka, @kamubiruu dan @khia_fa.
KAMU SEDANG MEMBACA
ARTIKEL CPH
Non-FictionArtikel karya member CPH yang di selenggarakan pada tanggal 27 November 2019.