4. Lathifa Okta

757 10 0
                                    

7 Tips Tembus Mayor. Penasaran?

Simak Ulasan Di Bawah Ini!
                                                
Halo, kawan. Apakah ada di antara kalian yang menjadi penulis? Atau siapa penulis terkenal favorit kalian? Penulis dikatakan benar-benar menjadi penulis jika sudah menerbitkan buku, tapi bagi yang belum tidak bisa dikatakan juga bukan penulis, melainkan proses menjadi penulis.

    Sebelum menerbitkan buku kita harus tahu mau dibawa kemana naskah cerita kita? Kalian pasti sudah tahu ada dua macam penerbitan, yaitu mayor dan indie. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian ingin menerbitkan buku cepat dan tanpa seleksi maka terbitkan di penerbit indie dengan sistem berbayar.

Namun, kalau kalian mau menerbitkan buku secara gratis maka terbitkan di penerbit mayor, tapi harus  melalui tahap seleksi dulu kawan. Biasanya kalian harus menunggu tiga sampai empat bulan. Itu pun naskah kalian bisa diterima atau ditolak. Memang sesusah itu ya, mau tembus mayor? Jangan khawatir, di bawah ini akan ada 7 tips agar karya kalian bisa tembus mayor. Cekidot!

1. Melakukan Riset Penerbitan
  Riset diperlukan agar kalian tahu mana penerbit yang cocok dengan naskahmu. Tidak mungkin bukan,  jika naskahmu itu genre teenlit dikirimkan pada penerbit genre horor?

2. Siapkan  Naskahmu  Dengan Matang
  Kamu harus menguasai ilmu kepenulisan. Ada editor di penerbitan mayor itu tingkat ketelitiannya tinggi. Kamu tidak mau ditolak, kan naskahmu? Maka kamu harus persiapkan naskah sebaik mungkin. Pelajari tanda baca, penggunaan di dan ke, dan PUEBI.

3. Tuliskan Cerita yang Kamu Suka
Pentingkah menulis cerita yang kita suka? Jawabannya penting sekali! Jika kita menulis sesuai passion yang dimiliki, maka cerita itu akan terlahir dari hati yang bahagia. Sebaik-baiknya cerita yang lahir itu dari hati.

4. Coba Lagi,  Jangan Pantang Menyerah!
  Tidak menutup kemungkinan naskah itu ditolak penerbit. Lalu sikap kita bagaimana? Kita harus semangat meski ditolak ribuan kali, penulis yang hebat lahir dari tekad yang kuat.

5. Perhatikan Prosedur Pengiriman
  Sebelum mengirim naskah, alangkah baik jika kita mengetahui prosedur dengan baik. Jangan sampai kalian sudah mengirim naskah, malah nanti langsung ditolak karena melanggar prosedur.

6. Memiliki Attitude yang Baik
  Ini nih, yang sering dilupakan para penulis. Memiki attitude yang baik. Penerbit akan  menyelidiki sikap kamu diam-diam melalui sosial media kamu. Jangan sampai citra kamu hancur di mata penerbit. Jadi, mulai sekarang perbaiki attitude kalian ya, kawan!

7. Berdoa
Ini tips yang terakhir, berdoa. Ya, kita tidak akan bisa bernapas di bumi ini kalau bukan karena Tuhan Pencipta Alam. Di sela usaha harus diimbangi dengan doa. Percayalah, Tuhan akan selalu membantu hamba-Nya.

Itulah tujuh tips tembus mayor. Kalian harus semangat ya, terus lanjutkan berkarya. Kita pasti bisa sukses!
Semoga bermanfaat, kawan.

ARTIKEL CPHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang