Di tinggal ?

640 26 1
                                    

Hara lagi di sekolah. Ya gitu gitu aja. Gaada yang baru. Cuma belajar, istirahat, terus sekarang uda waktunya pulang.

Hara sebenernya gamau banget buat pulang, kalo suruh milih, hara malah lebih milih buat di sekolah aja seharian penuh, tapi ya gabisa. Kalo menurut kalian sekolah itu adalah rumah kedua, beda sama hara. Hara ngerasa sekolah itu bener bener rumahnya, bukan rumah kedua. Ya gimana? Emang hara lebih bahagia di sekolah.

Hara lagi jalan di koridor sekolahnya, dia mau ke parkiran nemuin jungmo males sebenernya pulang. Tapi ya gimana? Makannya dia sengaja lambat lambatin jalannya.

Sembari jalan, dia ngebayangin. "Mama bakal marahin gua karena apa ya nanti?"  "Jennie lagi ada masalah ga ya? Kan nanti gua yang di omelin kalo jennie ada masalah"  "gua dikatain parasit lagi ga ya?"  "Mama bakal najisin gua lagi ga ya?" Ya kira kira gitu yang ara pikirin. Ya! Hara uda hapal sama kebiasaannya.

Sampe akhirnya dia uda di parkiran, terus ketemu jungmo, hara langsung naik ke motornya jungmo. Jungmo yang ngeliat muka kusam hara langsung bilang.

"Kenapa si ra? Muka lu kaya orang ga bahagia?" -jungmo
"Emang gua perna bahagia ya?"-hara
"Engga si, kecuali kalo lagi sama gua" kata jungmo sambil nyengir ga jelas.
Hara bodoamat, yang di bilang jungmo juga bener ko.

Setelah lama perjalanan, hara sama jungmo uda nyampe. Hara langsung turun terus bilang makasih sama jungmo. Jungmo gemes sendiri, tiap hari di anter jemput tapi hara ga perna ga bilang makasih, gemes banget kan? Bagi kita engga. Bagi jungmo iya.
Akhirnya jungmo ngeberantakin rambut hara, bener bener diberantakin
"Apa sih mo? Reseh lo, sana balik. Gua mau di omelin mama dulu nih"-hara
Tambah gemes deh jungmo. Tapi jungmo juga kasian.
"Yauda sana. Di marahin mak lu dulu,kalo sedih gampang. Rumah gua di depan rumah lu" kata jungmo sambil ngerusak rambut hara lagi. Manis banget:".  Hara masuk, jungmo pulang. Ga tau aja mereka, ada yang ngeliatin mereka dari tadi, pake sinis juga.

Hara pov

Gua masuk rumah. Tapi ko mama lagi siap siap? Benerin koper juga, Kaya mau pergi jauh. Pakaiannya juga bagus, pake jaket juga. Papah juga sama, tapi baju santai. Gua bingung. Mau kemana mereka?

"Mama mau kemana?" -hara
"Eh pembawa sial uda pulang..."-kata mama sambil liat muka gua.
Pembawa sial. Gapapa, udah biasa.
"Ko mama beresin koper?" Tanya gua tanpa ngegubris jawaban mama.
"Pake nanya lagi! kita mau jalan jalan lah ketempat yang jauh, sekalian mau ngejauhin kamu! Uda tau kan? Kalo kamu ga bakal diajak?! Uda pahamkan harus ngapain aja dirumah?"-kata mama.
Ini yang gua gasuka. Mama selalu kaya gini, ninggalin gua sendirian, lupain gua,jauhin gua. Gua selalu mikir. Salah gua dimana. Tapi gaada. Gua ga nemuin.

Hati gua sakit, serasa bukan anak nya,tapi babu nya. Ga perna diajak pergi, di marahin setiap hari, disalahin, disuru jagain rumah, disuruh jagain jennie, mau kabur aja rasanya. Tapi gimana? Gabisa. Gua diem. Iya gua diem sambil liatin mamah yang masi sibuk.

"Kamu ngapain liatin saya?!"-mama
s-saya?? Saya?? Serasa jauh banget pake saya sayaan
"Pergi sana, benci saya liat muka kamu!"
Yaudah, mama uda bilang gitu. Gua cuma bisa nurut, gua langsung kekamar. Galama, gua denger mama bilang.
"Gatau diri banget memang jadi anak,uda nyusahin,ga bantuin!"
Oh nyindir jennie, kan gua ga dianggep anak. Gua jalan ke atas. Sampe tengah gua balik. Gua paham bahasa mama.

"Sini ma, hara bantu"-hara
"Gausa, yang ada barang barang saya rusak sama kamu! Saya juga gamau di bantu kamu!"-mama.
"Kenapa si ma? Hara cuma mau bantu mama beresin barang"-hara

Plak.
Gua kaget, mama gampar pipi gua. Sakit banget. Perih

" Saya kan bilang pergi kan?! Yauda sana pergi! Saya benci sama kamu! Ga ngerti juga kamu! Hah?! Kamu pikir saya seneng sama kamu?! Kamu ga mikir apa?! Selama ini di keluarga ini gaada yang sayang sama kamu! Masi aja tinggal disini. Saya muak! Makannya saya yang ninggalin kamu!"-mama.
Gua kesel. Gua mau nangis. Gua mau loncat aja, mama bilang gitu sambil marah banget. Gua bingung. Cape. Mau mati aja. Salah ya? Gua mau bantuin mama? Sampe di gampar gini pipi gua.

"Kenapa sih mah? Hara ga boleh pergi? Padahal mama ga mau kan ada hara di rumah ini?" -hara
"Kamu pikir? Mama masih perlu pembantu, masi butuh orang yang jagain jennie. Masih ga paham kamu?! Sana pergi!!" Kata mama bnr bnr kesel.

Gua gakuat. Uda males banget. Uda sakit banget. Gua cuma bisa diem terus naik ke tangga lagi. Rahang gua sakit, iya sakit gara gara nahan nangis. Sampe atas gua uda mau bnr bner ngeluarin air mata. Tapi gajadi, gua liat jennie,gua tahan lagi. Rahang gua sakit lagi.

"Kasian ya jadi lo, haus kasih sayang. Gua kasian banget sama lo. Lo ga perna ya? Disayang mama sama papa? Ga perna di ajak jalan jalan juga kan? Sabar ya, turut prihatin" kata jennie sambil senyum terus lewatin gua gt aja. "Jen, kalo lo kasian, lo ga gitu sama gua. Dulu lo bilang lo sayang sama gua, lo bakal jagain gua balik. lo bakal jadi satu satunya orang yang sayang sama gua. Tapi mana? Lo bohong jen" kata gua yang uda kelewat kesel. Jennie diem. Dia ngebalik dan deketin gua.
Gua kira jennie bakal minta maaf, ternyata engga.

"Itu lo tau kalo dulu, dulu kan? Ga sekarang?"-jennie. Dia langsung pergi lagi. Ninggalin gua.
Abis gitu gua ga bisa apa apa. Males juga panjangin masalah sama dia. Nanti mama malah ikutan. Gua diem ke kamar. Terus nangis. Bener bener nangis.  Dada gua sesek. Dan gua ketiduran.

Gua bangun dari tidur. Sekarang uda jam 7an, gua tidur lumayan lama. Dari jam 5 sampe jam 7. Gua keinget kejadian tadi. Gua langsung turun.

Gua lari kesana kemari nyariin mama sama yang lainnya

"Mama! Mama! Papah! Jennie" gua teriak begitu mulu. Sambil kesana kemari. Dan gaada. Gua yakin banget mereka uda berngkat. Segitu bencinya ya? Mereka sampe ga bilang apa apa sama gua. Apa mungkin, mama sama yang lain udah mulai sayang? Sampe gamau bangunin gua yang tidur tadi.

Sedih? Banget. Tapi yauda. Uda biasa juga ko. Gua akhirnya mandi, terus rapi rapi badan. Gua ngaca. Ternyata bekas tamparan mama masi ada. Yaudah lah, gaada yang bakal ribet juga.

Tiba tiba ada yang ngetok pintu. Gua langsung lari, pas gua buka termyata jungmo.

"Kenapa mo?"-hara
"Jalan yu ra, biar lu ga bete"-jungmo
Karena gua emng bt. Ya gua ikut jungmo aja. Akirnya pergi deh sama jungmo.

Hara pov end.

Uda sekitar 1 jam hara sama jungmo jalan jalan ga jelas. Cape mereka. Akhirnya mereka duduk di taman, tapi ga di bangku. Di lesehan. Hara diem doang. Jungmo juga diem. Mereka sama sama diem.

Tiba tiba hara teriak

"Mo!!! Ada bintang jatoh mo! Cepet minta permintaan" kata hara sambil langsung minta permintaan.

"Permintaan gua,lo disayang keluarga lu ra, ga sedih lagi, tambah cakep"-jungmo.
Hara cuma diem. Itu juga yang di harapkan hara. Di sayang keluarganya.

"Mo, bagus ya,bintangnya"kata hara sambil senyum.
Jungmo cuma ngeliatin hara. Terus ikut senyum

"Lo cantik ra kalo lagi senyum, sayang nya senyum lu terus di ilangin sama manusia yang ga punya hati"kata jungmo,tapi dalem hati.

"Iya ra,bagus" cuma itu kata yang jungmo bales ke hara. Bingung. Jungmo lagi paham banget sama suasana hati hara. Jungmo juga sadar sama luka di muka hara. Dia gamau nanya, dia udah tau itu ulah siapa. Jadi jungmo cuma diem.

Abis duduk duduk dilesehan sambil liat bintang bintang, jungmo sama hara langsung pulang, uda kenyang jalan jalan. Yang jungmo pikirin "yang penting hara ga sedih lagi"

-----------------
Siapa mau punya temen kaya jungmo?!!!

pilih kasih (Revisi)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang