PAKET 1 - PEMBAHASAN SOAL

680 19 0
                                    

***BANTU SUPPORT DENGAN VOTE DAN FOLLOW AKU  INI YAH***

TERIMAKASIH DAN SELAMAT BELAJAR

***********************


1.    Tokoh terkemuka yang menentang "Generatio Spontanea" yang dikemukan oleh Aristoteles yaitu...
(1)    Louis Paster
(2)    Francesco Redi
(3)    Lazzaro Spalanzani
(4)    Anthony Van leewenhoek

JAWABAN: A
*Francesco Redi (1626-1697) berpendapat bahwa terbentuknya lalat pada percobaan aristoteles karena ada lalat yang meletakkan telurnya pada daging percobaan Aristoteles.
*Lazzaro Spalanzani (172917-99), memperbaiki percobaan Francesco Redi dengan menutup tabung percobannya supaya mikroorganisme dari luar tidak masuk.
*Louis Pasteur (1822-1895) memperbaiki percobaan Spalanzani dengan memasukkan udara ke dalam tabung percobaanya.

***

2.    Dari sejumlah organ binatang berikut ini :
(a) sayap kupu kupu
(b) sayap burung
(c) sayap kelelawar
(d) sirip anjing laut
(e) sirip dada ikan, terdapat pasangan pasangan organ yang analog yaitu...
(1)    d – e
(2)    a – b
(3)    a – c
(4)    b – c

JAWABAN: A
*Struktur yang ada dalam satu keturunan evolusioner, dikatakan analog dalam struktur, bila sering melakukan fungsi yang sama, di dalm keturunan evolusioner yang sama atau yang lain jika asal filetiknya dan atau asal perkembangannya tidak saling bergantungan.
*Pada sayap burung dan kelelawar ada saling ketergantungan yaitu sama-sama berkemabnag dari alat gerak tubuh bagian depan.

***

3.    Dalam menjawab permasalahan asal-usul kehidupan, ilmuwan yang berpandangan bahwa kehidupan berasal dari prinsip reaksi kimia yang ada di alam, yaitu....
(1) Louis paster
(2) Harold urey
(3) Francesco redi
(4) Alexander oparin

JAWABAN: C
Ilmuan yang berpandangan bahwa kehidupan berasal dari prinsip reaksi kimia yang ada di alam yaitu: Harold Urey dan Alexander Oparin.

***

4.    Organ tubuh manusia yang ikut terlibat dalam proses respirasi adalah...(1)    tulang rusuk
(2)    diafragma
(3)    otot antar rusuk
(4)    otot perut

JAWABAN: E
Kontrakasi otot abdomen (otot abdomen adalah otot perut)  akan menekan visera abdomen ke diafragma dan mendorong ke arah anterior, otot-otot intercostals interna menarik ujung iga sterna ke posterior sehingga mengakibatkan terjadinya ekspirasi.

***

5.    Sel mengalami fase terlama dimana sel dalam keadaan aktif melakukan metabolism, melalui tahapan...
(1)    fase G1
(2)    fase S
(3)    fase G2
(4)    fase M

JAWABAN: A
*Interfase = tahap ini sel dalam keadaan aktif melakukan metabolisme, termasuk mempersiapkan diri sebelum pembelahan.
*Interfase terbagi menjadi 3 tahap, yaitu: fase G1, fase S, fase G2.

***

6.    Aorta adalah pembuluh darah yang berasal dari ventrikel kiri yang memiliki percabangan yaitu....
(1)    arteri koronaria
(2)    arteri anterior
(3)    arteri posterior
(4)    arteriol

JAWABAN: A
Tiga arteri hasil percabangan aorta, yaitu arteri koronaria, arteri anterior, dan arteri posterior, sedangkan arteriol adalah pembuluh darah yang berasal dari percabangan arteri bukan aorta.

***

7.    Berikut ini yang termasuk dalam kelas Basidiomycetes adalah ....
(1)    jamur kuping
(2)    jamur tiram
(3)    jamur merang
(4)    jamur api

JAWABAN: E
Basidiomycota:
*jamur merang (Volvariella volvacea) yang dapat dimakan dan dikembangkan
*jamur kuping (Auricularia polytricha) yang hidup di kayu lapuk, dapat dimakan dan dikembangkan
*jamur tiram (Pleurotes) dapat dimakan
*jamur api yang dapat merusak tanaman tebu
*jamur beracun (Amanita phalloides) berwarna putih dan merah, hidup di tanah
*jamur upas (Corticum salmonella) yang hidup parasit di batang pohon karet atau buah.

***

8.    Selaput yang merupakan  pelindung sumsum tulang belakang dan otak yaitu...
(1)    arachnoid
(2)    durameter
(3)    piameter
(4)    meninges

JAWABAN: A
Lapisan pelindung  (meninges) otak dan sumsum tulang belakang yaitu:
1. piameter
2. arachnoid
3. durameter

***

9.    Otak memiliki permukaan yang tidak rata akibat adanya....
(1)    sulkus
(2)    hemisfer
(3)    girus
(4)    lobus

JAWABAN: B
Otak memiliki permukaan yang tidak rata akibat adanya lekukan-lekukan. Terdapat dua macam lekukan pada otak:
Sulkus = lekukan otak yang mengarah ke dalam (lembah)
Girus = lekukan otak yang mengarah ke atas (gunungan).

***

10.    Hormon yang bekerja mengatur kadar glukosa darah adalah...
(1)    insulin
(2)    tiroksin
(3)    adrenalin
(4)    androgen

JAWABAN: B

JAWABAN: B

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


"Semoga berkah dan bermanfaat, serta menjadi tabungan amal jariyah bagi penulis"

***TERIMA KASIH***

BIOLOGI SMA: KUMPULAN SOAL 1,2,3,4 [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang