PAKET 5 - PEMBAHASAN

52 2 0
                                    

***BANTU SUPPORT DENGAN VOTE DAN FOLLOW AKUN INI YAH***

TERIMAKASIH DAN SELAMAT BELAJAR

***********************


1. Faktor-faktor penyebab punahnya hewan dan tumbuhan adalah...

(1) Perburuan liar

(2) Perubahan hutan

(3) Industrialisasi

(4) Penggunaan pestisida


JAWABAN: E

Faktor penyebab kepunahan/kerusakan:

• Perubahan hutan → menjadi tempat pemukiman, pertanian, pertambangan, pabrik, dan jalan raya akibat semakin bertambahnya populasi manusia. Pembukaan hutan akan mengurangi keanekaragaman hayati.

• Perburuan liar → penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau, penangkapan ikan dengan bom, dan perusakan terumbu karang merupakan kegiatan-kegiatan manusia yang secara langsung dapat merusak keanekaragaman hayati.

• Industrialisasi → selain menyebabkan polusi juga mengambil lahan yang cukup besar untuk aktivitas manusia sehingga mengurangi habitat hewan dan tumbuhan.

• Penggunaan Pestisida → pestisida berfungsi untuk membasmi makhluk hidup pengganggu (hama) pada tanaman, tapi jika digunakan secara berlebihan, akan menyebar ke lingkungan sekitarnya dan meracuni makhluk hidup.


***


2. Bagian bakteriofag yang masuk ke dalam tubuh hospesnya ialah...

(1) kapsid

(2) ekor

(3) leher

(4) DNA


JAWABAN: D

Virus melekatnya ekor pada bakteri, lalu dinding sel bakteri dilarutkan oleh virus, lalu DNA virus masuk ke dalam tubuh bakteri.


***


3. Protozoa melakukan perkembangbiakan secara aseksual dan seksual. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan cara....

(1) pembentukan tunas

(2) fragmentasi

(3) pembelahan biner

(4) konjugasi


PENYELESAIAN: B

Protozoa melakukan perkembangbiakan secara aseksual dan seksual. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan cara pembentukan tunas dan pembelahan biner, sedangkan perkembangbiakan seksual dilakukan dengan cara konjugasi.


***


SILAHKAN MEMBELI EBOOK INI DENGAN RESMI DI:https://karyakarsa.com/sientasnovel/biologi-sma***

BIOLOGI SMA: KUMPULAN SOAL 1,2,3,4 [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang