PAKET 2 - PEMBAHASAN SOAL

160 7 0
                                    

***BANTU SUPPORT DENGAN VOTE DAN FOLLOW AKUN INI YAH***

TERIMAKASIH DAN SELAMAT BELAJAR

***********************


1. Volume air yang dikeluarkan dalam tubuh manusia bergantung pada...

(1) jumlah air yang diminum

(2) jumlah garam yang dikeluarkan darah

(3) kerja hormon antidiuretik

(4) jumlah air didalam jaringan


JAWABAN: B

- Volume air yang dikeluarkan tubuh manusia bergantung pada (1) jumlah air yang diminum, (2) kerja dari hormon antidiuretik yang fungsinya mereabsorbsi air di tubula kontortus.

- Darah tidak pernah mengeluarkan garam secara langsung keluar tubuh karena harus melalui organ ekskresi seperti kulit dan ginjal.

- Jumlah garam yang dikeluarkan secara tidak langsung oleh darah tidak akn mempengaruhi volume air yang dikeluarkan tubuh jumalh garam yang dikeluarkan tubuh mempengaruhi kepekatan urin.

- Kadar air dalm jaringan sperti jaringan saraf, epitel, dan jaringan tulang tidak mempengaruhi volume pengeluaran air dari tubuh manusia.


***


2. Gen pembentuk insulin pada sel pankreas manusia dapat disisipkan pada plasmid bakteri dengan menggunakan...

(1) sintesis DNA

(2) rekombinasi DNA

(3) isolasi gen

(4) penyisipan gen


JAWABAN: E

• Rekombinasi DNA dikenal juga dengan sebutan penyisipan gen, yaitu memindahkan gen dari suatu organisme ke organisme lain.

• Plasma bakteri dipisahkan dari materi sel lainnya lalu di tempatkan pada suatu larutan yang mengandung enzim yang dapat memotong plasma pada tempat tertentu.

• Pada saat yang sama enzim lain memisahkan sebagian gen tertentu dari molekul DNA, lalu gen tersebut disisipkan pada plasmid bekteri yang terpotong tadi.


***


3. Jika dalam kultur sel berhijau daun dialirkan CO2 dan disinari, maka akan terjadi...

(1) pembebasan oksigen yang berasal dari H2O

(2) fotolisis air

(3) penyerapan sinar, terutama sinar nila dan merah

(4) pengikatan CO2 oleh ribulosadifosfat


JAWABAN: E

Jika dalam kultur sel berhijau daun dialirkan gas CO2 dan disinari akan terjadi proses fotosintesis.

a. Pada proses fotosintesis terjadi peristiwa fotolisis yaitu air.

2 H2O --> 2 H+ + 2 OH-

2 OH- --> H2 + O2 + E

b. Sinar yang efektif untuk fotositesa adalah nila dan inframerah.

c. Pada fotosintesis, CO diikat oleh ribulosa difosfat dijadikan karbohidrat

CO2 + RDP --> APG

BIOLOGI SMA: KUMPULAN SOAL 1,2,3,4 [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang