DUNIA ALYSSA : CHAPTER 2

11 1 0
                                    

💮


Tau gak rasanya nolak permintaan orang tua gimana? Kalian bakalan tetep nolak atau nerima? Kalo gue, gue paling gak bisa nolak. Mau itu susah apa gampang, beresiko apa nggak tetep gue 'iyain'.  Kaya sekarang, meskipun gue udah mencoba buat meluluhkan hati nyokap buat ngerelain gue buat kuliah, sama sekali nggak manjur. Gue gak bisa, karna ini juga kali pertama gue buat nolak hasilnya sama aja. Enggak!

Punya orang tua yang bukan menomersatukan pendidikan itu susah. Menurutnya, kuliah itu nggak penting penting amat. Sudut pandang masa lampau mereka yang ngeyakinin bahwa kelar SMA jalur pendidikan sudah selesai. Mereka ngeliat orang orang yang sudah mempunyai gelar Sarjana masih menganggur, sama aja buang buang duit mending langsung bekerja. Begitu katanya.

Oh My.. Rasanya pengen nangis aja dengernya.

Gue juga udah cerita ke Vanya, Dira sama Helen. Mereka kaget karna gue bilangnya mendadak dari kemarin yang kita berempat udah nyusun planning kuliah ambyar sudah, gara gara gue. Mereka sempet gabisa nerima ini, tapi gue bisa apa? Kabur? Hh yang ada di coret dari kartu keluarga.

Gue masih mau jadi anak nyokap sebelum gue nikah nanti huhu, oh iya dengan nekatnya Dira, Vannya, sama Helen mengirim pesan ke nyokap gue kalo gue jangan di bawa pindah ke kampung gue, dan akhirnya gue yang kena imbas.

"Al, lo tetep milih kan?" tanya Dira was azzzawas

"Milih apaan? Kepala desa?"

Dira memutar bola matanya malas dan melempar kacang arah gue "Yang bener ih! Kasian adek kelas kita nanti kalo lo gak milih, siapa tau juga ada satu yang nyantol terus nyokap lo berubah pikiran,"

"In your dream, Dir.." balas gue lemah ngebayanginnya aja udah gak mungkin banget

"Nggak ada yang gak mungkin Al, lo harus yakin!" kini Helen yang angkat bicara,

Gue menatap ketiganya penuh harap, bisa nggak sih hidup gue kaya mereka? Yang mau apaa aja di dukung sama keluarganya, apalagi ini buat masa depan mereka juga. Gue iri sebenernya, Vannya, Helen sama Dira aja bisa tapi kenapa gue nggak?

Semuanya sama aja, cuma keadaan yang membedakan. Perbedaan prinsip dan tujuan hidup yang jadi masalah.

"Kenapa nggak jelasin aja Al semuanya? Kan sekarang udah ada sistem bidik misi yang meringankan biaya kuliah terus lumayan juga lagi ada tambahannya,"

Hembusan nafas dan gelengan kepala berkali kali gue keluarkan seakan akan ini cara buat ngelepas semua pikiran yang ada di otak gue, berkali kali pun gue udah ngejelasin sama nyokap tentang keringanan biaya kuliah tapi omongan nyokap kaya kesepakatan hakim yang nggak bisa di ganggu gugat.

"Kalian semua tau kan gimana rasanya denger hakim memutus tindakan yang harus dilakukan? Bisa apa kita? Protes? Nolak? Nggak. Itu perintah mutlak, ini yang gue rasain.." kata gue menelungkupkan kepala di lipatan tangan ke atas meja khas orang yang sedang galau

💮

Universitas Indonesia

Universitas Negeri Jakarta

Dan

Universitas Karawang

3 pilihan gue setelah menimbang nimbang kaya penjual terigu yang harus pas berapa takarannya biar jadi pas. Kalo beruntung bagus nggak dapet juga gapapa. Kata guru gue, kalo kita nggak bisa atau nggak mau ambil SNM ini seenggaknya tetep milih, soalnya bakal berpengaruh sama adik kelas sama sekolah kita nanti nggak terpilih lagi untuk SNM tahun depan.

Gue mencoba buat legowo di masalah ini, berat pasti, sedih iya. Tapi di balik ini semua mungkin Tuhan lagi menguji kuat atau nggak nya gue me-manage ini dalam hidup. Jujur, ini kali pertamanya gue harus nentuin dan memutuskan suatu hal sendiri. Apa yang kita mau tapi nggak jadi kenyataan itu susah, bukan susah tapi lebih nggak sesuai ekspetasi kita makanya jadu runyam kaya benang kusut di untel untel.

Di umur yang makin meninjak kedewasaan ini, gue semakin ngerti manusia semua sama, cuma prinsip dan perjalanan hidupnya aja yang beda. Misalnya, banyak orang yang depresi di berbagai macam masalah yang datang ke hidupnya, jawabannya cuma satu. Mereka ngejalaninnya penuh hati yang ikhlas atau nggak, kalo mereka ikhlas mudah mudahan apa yang dilakukan setelahnya bisa jadi harapan yang bagus nantinya, kalo nggak? Mereka gampang nyerah dan langsung terpuruk. Justru itu yang menghambat. Dalam artian, kalo mereka nyerah? Siapa yang bakal ngelanjutin mimpi mimpi indah nya yang udah sedemikian rupa di gambar dalam memori dengan penuh warna? Cuma kita, diri kita sendiri. Gak ada yang lain.

So, tetep jalanin walau itu susah kita terima. Jangan nyerah, anggap aja Yang MahaKuasa sayang sama kita. Sayang banget makanya kita di keep supaya tetep nyebarin positive vibes di dunia ini di berbagai perjalanan hidup yang rasanya pahit, asem, manis dan nggak ada rasanya sekalipun.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
DUNIA ALYSSATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang