Toko buku-4

145 75 6
                                    

"Sejauh manapun jarak antara kau dan dia, Allah tetap mempertemukannya dimana pun kau berada."

~Adelia~

🕊️🕊️🕊️

Pukul 04.15

Suara adzan subuh berkumandang, menandakan waktu subuh sudah tiba, Aleisha mengucek matanya menyesuaikan cahaya yang masuk ke matanya.

Ia bangun dari tempat tidur merapikan selimut dan bantal yang sudah tidak karuan.

Ia melangkahkan kaki nya memasuki kamar mandi dengan mata yang masih susah untuk dibuka, aleisha melangkah dengan sedikit sempoyongan karena efek bangun tidur.

Keran air diputar nya ia mencuci mukanya, dan diteruskan dengan mengambil air wudhu.

Aleisha kembali kekamar membuka jendela kamar seperti biasa agar angin segar dapat masuk ke kamarnya.
Ia menggelar Sajadahnya dan melaksanakan sholat subuh.

Lantunan surah Ar-Rahman terdengar dari bibir mungil Aleisha dengan merdunya.

مُتَّكِـِٕيْنَ عَلٰى رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَّعَبْقَرِيٍّ حِسَانٍۚ

Mereka bersandar pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.
فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِۚ

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

تَبٰرَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِى الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِ

Mahasuci nama Tuhanmu Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.

Aleisha memilih Qur'an Surat Ar-Rahman karena surah ini memiliki 5 keutamaan diantaranya:

1. Tingkatkan keimanan

Kata "Ar Rahman" membantu setiap pembacanya untuk selau memuji Allah yang Maha Pemurah sekaligus untuk meningkatkan keimanan, sebaiknya baca surat Ar Rahman Arab beserta dengan artinya.

2. Mendapat Ridha Allah

Secara ringkas, isi dari penjabaran surat Ar Rahman adalah menjelaskan segala nikmat Allah yang sangat banyak terhadap makhluknya. Sehingga mengingatkan seseorang untuk selalu memiliki sifat yang penuh kasih sayang pada Allah dan makhluknya.

Bagi sesorang yang rutin membaca surat Ar Rahman disebutkan bahwa Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.

3. Mensyukuri nikmat

Pengulangan ayat fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban (Surat Ar Rahman Latin) yang artinya Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Tentu menjadi pengingat diri bahwa ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan.

Ketika seorang sedang merasa terpuruk, patut mengingat betapa banyak nikmat Tuhan yang diabaikan atau tidak disyukuri. Bernapas juga termasuk dalam nikmat Allah yang harus disyukuri.

4. Matinya orang yang membaca Ar Rahman seperti Syahid

Dalam Tsawabul A'mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: "Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala'i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid." (diriwayatkan oleh Imam Ja'far)

5. Mendapat Syafaat di hari Kiamat

Kalau seseorang yang selalu membaca surat Ar Rahman ketika bangun malam atau pun setelah shalat, Allah akan membuatmu berjumpa dengannya di hari kiamat dengan wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum. (Albar)

AleishaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang