Skip to content
Top Menu
EnglishCoo
english is easy.Main Menu
Contoh Preposition dan Kalimat Menggunakan Kata Depan Bahasa Inggris
DeariLeave a comment
Share on facebookTweet on twitter
Contoh Preposition dan Kalimat Menggunakan Kata Depan Bahasa InggrisEnglishCoo – Contoh Preposition dan kalimat menggunakan kata depan bahasa Inggris. Ada pengertian dan macam-macam preposition beserta contoh soal yang bikin kamu tambah paham.
Ingin belajar kata depan bahasa Inggris seperti in, on, at, of, to, by, before, after, for, since, under, between, among, beside, next to, with dan mencari contoh preposition beserta kalimatnya? Kamu sedang membaca artikel yang tepat. Di sini kita bahas preposition sampai tuntas. Bahkan kamu bisa berlatih menggunakannya serta membuat contoh kalimat preposition. Lengkap banget kan?
Ada 7 subpoin tentang contoh kata depan alias preposition dibahas tuntas dalam artikel ini yaitu:
Pengertian, Fungsi dan Jenis Preposition
Contoh Preposition dalam Tabel
Preposition of Time (In, On, At, Before, After, For, Since)
Preposition of Place and Direction (In, On, At, Under, Between, Among, Beside, Next to)
Contoh Preposition of Agent or Instrument (By, With, Without)
Contoh Kata Depan Bahasa Inggris Dasar Lainnya (Of dan To)
Membuat Contoh Kalimat Preposition
Belajar bahasa Inggris sebenarnya akan lebih mudah apabila kita sudah paham bahasa Indonesia. Mengapa demikian? Ada banyak materi bahasa Indonesia sama dengan bahasa Inggris, hanya berbeda bahasa saja, seperti kata depan bahasa Inggris yang disebut Preposition.Coba deh ingat-ingat kembali, kapan kamu belajar tentang kata depan? Sewaktu SD, SMP atau SMA? Materi kata depan dipelajari mulai dari SD lho. So, tentu kamu sudah punya pemahaman sekilas tentang apa itu preposition.
Jika merasa lupa-lupa ingat dengan materi preposition, nggak masalah koq. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa menjadi pengingat yang setia untukmu. Hahay!
Materi tentang preposition banyak direquest oleh pembaca setia EnglishCoo. Karena berbagai kesibukan, akhirnya baru kesampaian menerbitkan artikel ini. Bagi kamu yang sedang menunggu-nunggu terbitnya artikel ini, selamat ya, akhirnya penantianmu tak sia-sia.
Yuk lanjut.
1. Pengertian, Fungsi dan Jenis Preposition
Pengertian, Fungsi dan Jenis Preposition Bahasa Inggris
Sebelum lanjut ke contoh preposition, ada baiknya kita ketahui pengertian preposition supaya lebih mengenal apa itu kata depan dalam bahasa Inggris. Saya mengutip definisi preposition dari Oxford Dictionaries.
“A preposition is a word such as after, in, to, on, and with. Prepositions are usually used in front of nouns or pronouns and they show the relationship between the noun or pronoun and other words in a sentence. They describe the position of something, the time when something happens, the way in which something is done, etc.”Kurang lebih artinya kayak gini:
Preposisi adalah kata seperti after, in, to, on, dan with. Fungsi preposisi biasanya digunakan di depan kata benda atau kata ganti dan menunjukkan hubungan antara kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat. Mereka menggambarkan posisi, waktu, cara sesuatu dilakukan, dan lain sebagainya.Hm, masih belum paham dengan pengertian preposition di atas? Penjelasannya kepanjangan ya? Baiklah, kita bahasa secara singkat. Dalam bahasa yang lebih sederhana, preposition adalah kata yang biasanya diikuti oleh kata benda untuk menunjukkan posisi, waktu, cara dan lain-lain.
Ada beberapa jenis preposition:
Preposition of Time
Preposition of Place
Preposition of Direction
Preposition of Agent or Instrument
Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kamu menggunakan Other, Another atau kata ganti (Pronoun) dalam kalimat? Jangan lewatkan materi dasar berikut: