Keluarga gue bisa dibilang biasa-biasa aja, bukan orang berada, bukan juga ga mampu.
Masa kanak-kanak gue ga pernah kekurangan, selalu ada cerita yang bisa gue banggakan.
Dulu, gue terkenal sebagai anak pendiam, kalem, dan pemalu. Kadang dibilang jutek atau sombong cuma karena itu.
Gue ga terlalu mikirin mereka mau berpendapat soal gue, mungkin yang udah kenal sama gue akan tau sifat asli gue seperti apa.
Selama gue hidup, gue ga pernah merasa kekurangan yang sampai bikin gue terjatuh, puji Tuhan, Tuhan selalu beri kecukupan bahkan lebih dari yang gue minta.
Gue cukup bahagia dengan keberadaan gue saat ini, keluarga masih lengkap, suami yang baik, mertua yang pengertian, pekerjaan yang layak, dan segala sesuatunya dicukupkan.
Ada satu hal yang saat ini jadi pergumulan hidup gue, yaitu gue belum dikasih keturunan. Usia pernikahan gue udah hampir 7 tahun.
Gue udah usaha semampu gue dan suami, semuanya gue coba, setiap ada saran dan masukkan gue ikutin. Semua RS gue datengin. Dan usaha terbesar gue yaitu operasi miom 2 tahun lalu, yang bisa dibilang operasi besar.
Malu?
Ga sih, gue ga malu karena belum punya anak, cuma perasaan sedih karena belum bisa momong anak dan belum bisa kasih cucu ke kedua orang tua kita.Sudah banyak orang yang mendoakan gue dan suami. Gue sangat berterima kasih sama mereka yang udah mau support gue sejauh ini.
Tapi ternyata Tuhan masih minta gue bersabar, gue juga ga mau maksa Tuhan, tidak juga membuat iman gue luntur.
Gue selalu percaya segala sesuatunya sudah disiapkan sama Tuhan jauh lebih baik dari yang kita harapkan dan rencanakan, walaupun untuk menuju kesana butuh perjuangan.
Setiap orang punya timeline nya masing-masing.
Walaupun kadang iri liat orang lain yang baru nikah udah bisa langsung hamil, atau liat orang yang hamil di luar nikah, tanpa perlu usaha seberat gue, mereka udah bisa hamil.
Tapi, abis itu ya udah balik normal lagi untuk tetap semangat berusaha.
Bersyukur punya suami yang setia dan sepemahaman, gue bisa lebih kuat dalam bersabar. Kita nikmatin masa-masa berdua layaknya orang masih pacaran.Tapi, banyak juga orang-orang bodoh yang nge judge "Kok lama banget sih, jangan lama-lama lah"
Fuck, emang ga punya otak orang yang bilang kaya gitu.
Please buat kalian yang baca ini, jangan pernah tanyain ke cewe yang udah nikah "udah isi belum?"Kecuali mereka yang infoin kalau mereka udah hamil, jangan sekali-kali nanyain itu ke mereka, karena itu akan membuat tekanan batin buat kami-kami pejuang hamil.
Mungkin sebagian besar orang ga tau perjuangan kami, segala usaha udah kami lakukan, apalagi yang namanya program hamil di dokter itu mahal.
Apalagi menghadapi orang-orang di luar, rasanya ingin menghindari setiap pertemuan keluarga ataupun reunian.
Dan belum lagi kalau temen kita yang baru nikah udah duluan hamil dari kita, rasanya luar biasa iri.
Tapi kalau gue, udah janji sama diri sendiri, kalau gue ga akan nangisin masalah ini lagi, tapi harus tetep semangat usaha.
Karena kalau gue menelisik lebih dalam, gue selalu dikasih apa yang gue harapkan walaupun butuh waktu yang sedikit lama dibandingkan orang lain, yang penting harus sabar.
Gue selalu berprinsip, harus selalu positif thinking biar jasmaninya juga sehat.
So, sejauh ini, gue berusaha mengobati sendiri perasaan sakit yang gue alami, yang penting mindset tetap dijaga selalu positif. Dan selalu mendekatkan diri sama Tuhan, karena ini memberikan kedamaian tersendiri buat gue. Seperti punya sahabat sejati yang ga pernah pergi, dan selalu denger curhatan kita.
Tahun ini pun, gue akan amini dan imani kalau gue akan segera hamil. Doain ya. 🙏🏻