Meminta Restu Ortu

877 60 4
                                    

.
.
Bukan hanya pernikahan saja yang perlu restu. Tapi, juga kuliah.

Yaps, ini tentang aku yang berusaha menyakinkan orang tuaku tentang pilihanku.

Kita semua pasti tau, bahwa setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tak terkecuali perkara kuliah ini. Mereka akan lebih mengarahkan anaknya.

Walaupun ada juga yang menyerahkan segala keputusan kepada anaknya. Karena jika anaknya senang maka mereka akan senang juga.

Kalau ortuku pertengahan lah, mengarahkan tapi tidak memaksa.

Aku yang dari kelas 10 bercita-cita ingin jadi dokter. Hingga ortuku juga menaruh harapan yang sama. Aku pun saat itu semangat sekali dalam belajar. Bertahun-tahun aku do'akan cita-citaku itu.

Namun, saat kelas 12, harapan itu seolah-olah berlahan mulai pudar. Bahkan menghilang. Walaupun begitu, aku tetap berjuang dengan terus belajar, mengejar ketertinggalan. Dengan harapan, cita-citaku itu bisa terwujud.

Tepat saat sementara akhir SMA keinginanku menjadi dokter benar-benar sirna. Berganti dengan keinginan menjadi ahli matematika. Sempat ditentang oleh orang tuaku. "Coba dipikirkan lagi! Ga pengen ambil jurusan kesehatan lagi?" kata mamaku.

Aku semakin galau.
Aku sudah berusaha belajar siang dan malam. Tapi aku merasa kurang yakin dengan kemampuanku.

Matematika adalah pelajaran yang dari dulu aku sukai. Jadi, bukan mustahil, aku insyaa Allah bisa masuk sana.
.
.
.

Akhirnya, dengan bismillah, aku memilih jurusan Matematika.

Walaupun begitu, orang tuaku masih saja membujukku untuk ambil jurusan kesehatan. Karena itu yang paling dibutuhkan masyarakat, kata mereka.

Segala cara aku lakukan untuk meyakinkan mereka juga, bahwa pilihanku sudah tepat.
Selain aku suka pelajarannya, aku juga menjelaskan bahwa matematika akan selalu terpakai di mana saja. Apalagi di era teknologi sekarang. Karena yang dipelajari di matematika bukan hanya rumus-rumus jadi saja. Melainkan juga statistika, informatika, coding dan lain sebagainya.

Ini juga tips buat kalian yang ingin meyakinkan orang tua kalian.
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kalian pilih. Lalu jelaskan kepada orang tua kalian bahwa jurusan ini juga sangat berguna di masa depan. Sangat berguna di masyarakat.

Perlahan hati mereka pasti akan luluh juga.
Apalagi jika melihat tekad kita yang kuat.
.
.
.

-Libatkan Allah dalam setiap pilihanmu, maka Allah akan menunjukkan jalan yang terbaik untukmu-
*SR*

💌💌💌
Terima kasih
Sudah membaca.

Have a nice day.
See you 👋

Semester Akhir SMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang