windyharuno
💙💙💙A. Pengertian Judul
Sesuatu untuk menarik perhatian pembaca. Judul adalah hal yang sangat penting, judul juga menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang yang melihat buku kita jadi penasaran hingga timbul dibenaknya untuk membaca blurb kita.
Cara Membuat Judul yang Dapat Menarik Pembaca.
Berikut adalah tips bagaimana cara membuat judul yang baik.
1. Judul yang unik dan berbeda dari yang lain. Contoh punya Kak Crowdstroia, dia konsisten membuat judul hanya satu kata dan itu membuat orang bertanya-tanya. Contoh lain, punya Kak Raditya Dika. Beliau membuat judul yang berhubungan dengan hewan. Tapi di situlah daya tariknya.
2. Provokatif. Jadi judul yang akan kita gunakan itu baiknya sedikit provokatif. Hah? Gimana maksudnya? Maksudnya, judul yang provokatif itu yang bisa membuat kening pembaca mengerut. Sehingga dia memutuskan untuk membaca cerita kita. Contoh, cerita punya kak Alnira yang Gendut? Siapa takut. Aku tebak, pasti rata-rata pembaca Kak Alnira kebanyakan dari orang-orang yang merasa dirinya gendut. Hehe.
3. Menandakan suatu ciri khas di dalam novel. Saya ambil contoh cerita Kak Alnira lagi yang Gendut? Siapa takut. Nah, cerita ini kan tokohnya tuh digambarkan sebagai cewek yang gendut dan segala permasalahan cewek-cewek gendut. Jadi, Kak Alnira mencoba menarik fisik tokohnya menjadi sebuah judul gitu loh. Sama dengan novel Perahu Kertas, Judul ini juga ditandai dengan tokoh Kugy yang gemar sekali membuat perahu kertas, kemudian diapungkan di sungai atau laut. Begituuuuu.
4. Menandakan inti cerita. Yaitu dengan mencantumkan inti cerita pada judul novel. Ini adalah salah satu strategi yang biasa dipakai oleh penulis, termasuk saya. Misal temen-temen membuat judul cerita “RUQYAH”. Sekilas tampak ngeri dan menegangkan. Tapi dari judul tersebut, cerita novel memang berhubungan dengan ruqyah. Selain itu, pembahasan soal hal-hal ghaib memang selalu menjadi perbincangan yang hangat dan menarik.
5. Pertimbangkan dengan genre cerita. Dear Allah, Kekasih Halalmu, Dear Imamku, Akad, Untukmu Imam Rahasiaku, Mengejar Cinta Halal, dll. Membaca judul itu saja kita sudah bisa menebak judul-judul itu dikategorikan ke dalam genre apa. Ye kan?
Untuk semakin membuat pembaca penasaran dengan cerita kita, biasanya penulis menggunakan nama protagonisnya untuk judul buku novelnya. Anna Karenina, Sherlock Holmes, Carrie, Harry Potter, dan masih banyak lagi. Tapi tidak masalah juga jika temen-temen tidak ingin menggunakan nama karakter utama sebagai judul, tapi jika genre cerita teman-teman petualangan, fantasi, dan science fiction ada baiknya menggunakan nama-nama yang lebih unik atau sesuai dengan genre.
B. Blurb
PENGERTIAN : Blurb adalah deskripsi cerita. Kalau di novel yang sudah cetak letaknya berada di belakang novel. Sedangkan kalau masih di wattpad ya yang muncul saat kita membuka suatu cerita.
Cara Membuat Blurb yang Menarik.
1. Harus bikin penasaran.
2. Merupakan cuplikan dari isi cerita
3. Tidak menyebutkan ending cerita
4. Singkat, padat dan jelas. Kebayang kan kalo blurb puanjang banget? Bisa kabur duluan pembacanya.
C. QnA Sesi 1
1. Question: Untuk blurb poibt no 2 cuplikan isi cerita harus selalu ada?
Answers: Ngga juga, kok. 😊 boleh garis besarnya aja
2. Question: Jadi blurb tidak perlu panjang lebar jika sudah bisa mewakili maksud cerita ya kk
Answers: Nah, iya. Benar
3. Question: Untuk judul biasanya kan di awal kita bikin cerita. Nah jika di tengah-tengan jalan cetitanya berubah, apakah lebih lebih baik diganti judulnya atau lurusin jalan cerita?
Answers: Soal ini ngga ada aturan. Bebas. Karena ide emang gt. Bahkan saat udah buat outline pun cerita bisa berubah. Apalagi judul. Sesuaiin aja😊
4. Question: Buat blurd itu sesudah apa sebelum selesai crita?
Answers: Bebas. Tapi kalo fi wattpad kan kudu nulis blurb dulu ya baru bisa publis cerita baru. Tapi klo kamu buatnya di buku dan semacamnya mah bebas
5. Question: Provokatif maksudnya gimana kak? Aku belum paham yang di bagian itu
Answers: Kalo bahasa kasarnya tuh menghasut. Sehingga pembaca mikir, wuih judulnya keren nih. Hmm, judulnya kok aku banget? Baca, ah.
D. QnA Sesi 2.
1. Question: Jadi sebenarnya Blurb dan sinopsis itu sama atau tidak kak?
Answers: Beda, ya. Tapi ngga jarang juga aku dapet orang yg nyebut blurb itu sinopsis pendek. Bedanya, blurb itu yg ada di belakang buku. Sedangkan sinopsis itu keseluruhan rangkaian isi cerita. Mulai dari awal hingga akhir. Hanya saja dibatasi hingga 2-5 halaman.
2. Question: Kak, aku pernah nemu cerita di wattpad gak ada blurb cerita/ malah alesan kenapa penulis itu gak nyertain blurb. Menurut kakak gimana?
Answers: Sah-sah saja sih sebenarnya. Apalagi kalo judul ceritanya provokatif dan covernya jugak.
3. Question: Kak, ada teknik tersendiri nggak sih untuk membuat blurb yang benar-benar membuat pembaca penasaran?
Answers: Nope. Ini tergantung penulisnya gimana. Cara2 di atas hanya poin2 yg pernah kucb saat buat blurb. Dan bisa aja kalo pertanyaan ini diajukan ke penulis lain, jawaban mereka beda.
Buat blurb jangan ngasal sih. Pokoknya saat nulis, posisiin kami juga sebagai pembaca. Kira-kira, kamu penasaran ngga setelah baca blurb ceritamu? Atau boleh lihat cr penulis favoritmu dalam membuat blurb4. Question: Kak apa benar, kalau menulis blurb itu tidak perlu ada dialog tag, atau sedikit cuplikan omongan para tokoh tersebut?
Answers: Boleh, kok. Tapi dialog yg provokatif. Hoho
5. Question: Boleh ngga kk judul sama blurb sama
Answers: Kalau aku, jangan sih. Hihi.
Boleh, tapi sebaiknya jangan.
Mungkin bisa yg lebih provokatif. Misal;
Sasa terus mengejar Dante hingga ke tengah lapangan.
Tepat di tengah lapangan, Sasa masih berusaha mengambil sebelah sepatunya yang berada di tangan Dante.
"Dan! Balikin sepatu gue!"
"Ada syaratnya," ujar Dante dengan senyuman miring.
"Apa?!"
"Coba bilang. Dante, i love you."
Mungkin segitu aja yang bisa disampaikan. Mudahan ilmunya berguna. See you 😉
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Sastra Online [WDT]
RandomKumpulan pembelajaran teknik kepenulisan bersama para penulis terbaik.