Prol Tape Makanan Khas Jember

37 9 13
                                    

Oh my God, sudah tanggal 26 aja, doakan semoga aku bisa memenuhi minimal update (5 bab) di bulan ini. Juga, kuharap semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat, terhindar dari wabah Covid-19 dan penyakit-penyakit lain, stay safe and stay health ya guys. 

Jadi, kali ini aku ingin mengupas tentang makanan atau minuman khas. Karena aku akan menggunakan setting tempat di Jember, jadi aku akan mengangkat salah satu makanan khas Jember, biar Jember bisa semakin ngehits, hehe. 

Sebenarnya ingin mengangkat brownies tape, tapi "brownies" sendiri sudah terkenal, jadi kurang bombastis untuk dijadikan sebagai makanan ciri khas Jember. Ingin mengangkat nasi pecel pincuk Garahan, juga karena pecel merupakan makanan kesukaan keluarga, tapi kayaknya bisalah diselipkan dalam cerita tanpa harus di-research hehe. Terus pengen nge-blow up bakso kabut yang fenomenal, eh ternyata aku udah nulis tentang bakso berselimut telur itu dalam cerita pemburu aksara. Cari-cari lagi makanan atau minuman khas yang ada di Jember, nemu wedang cor, yaitu minuman susu jahe yang ditambah tape, *eh, ketemu tape lagi, hehe … Jember memang setape itu, maksudnya tape memang sepopuler itu di kota ini.

Setelah bermenit-menit browsing, aku mendapat satu kesimpulan, ternyata Jember punya banyak makanan khas, seperti suwar-suwir (camilan manis legit dengan aroma tape, tapi teksturnya keras), ada juga bakpia tape, ada tahu hwa (yaitu olahan makanan dari ampas tahu yang disiram dengan kuah jahe yang manis-manis pedas khas campuran rempah jahe dan gula merah. Enak sekali apalagi diminum pas malem-malem, bener-bener bikin perut jadi hangat). Dan, akhirnya pilihanku jatuh pada ... prol tape!

Kira-kira ada yang sudah tahu belum sama makanan ini? Proll tape merupakan makanan dari hasil olahan agroindustri yang memanfaatkan produk pertanian yaitu singkong yang kemudian diolah menjadi tape. Tape singkong inilah yang menjadi bahan dasar pembuatan prol tape.

Makanan khas Jember yang punya cita rasa nano-nano (bukan manis, asem, asin melainkan manis, kecut dan gurih). Makanan yang terbuat dari campuran tape, tepung terigu, susu, telur, gula dan mentega ini memiliki teksturnya padat, empuk dan lembut dengan cita rasa manis dan gurih serta aroma tape yang mendominasi. Untuk menghasilkan prol tape yang berkualitas maka tape yang akan diolah menjadi prol tape harus memenuhi kriteria, yaitu tape tidak terlalu matang maupun mentah.

A little information: kenapa disebut kue 'prol' tape? Sebab saat dimakan, kue ini akan langsung pecah di dalam mulut. Pecah dalam bahasa Jawa disebut ‘ngeprol’. Jadi secara singkat prol tape adalah kue yang berbahan dasar tape yang ketika dimakan, langsung pecah di mulut. Semarak rasa manis, kecut dan gurihnya seketika membuat lidah bergoyang dan membuat tidak ingin berhenti makan sebelum habis. 

Agar tidak bosan, biasanya pelaku usaha kuliner prol tape membuat varian rasa, diantaranya: rasa original, keju, kismis, dan coklat, sehingga membuat kue ini semakin digemari masyarakat Jember dan wisatawan yang berkunjung ke Jember. Bahkan, Claudia seorang bule asal Polandia mengaku menyukai prol tape, karena menurutnya kue khas Jember ini mempunyai kemiripan dengan kue tradisional yang ada di negaranya. “Tetapi di negara saya dibuat dengan menggunakan bahan ragi," tuturnya ketika dijumpai wartawan radar Jember di sela acara Universitas Jember International Cultural Camp (UJICC)  2019. 

Prol tape ini cocok sekali untuk camilan saat   berkumpul bersama keluarga atau dimakan bersama dalam acara reuni atau arisan. Bisa juga sebagai pilihan buah tangan saat berkunjung ke rumah saudara jauh atau ke rumah teman. Cocok juga untuk dibikin usaha, karena pembuatannya yang simple dan bahan-bahannya yang mudah ditemukan. Bahkan, menurut penjual di toko oleh-oleh khas Jember, pembeli akan membeli prol tape  setidaknya dua sampai tiga kotak, hal ini menunjukkan bahwa prospek penjualan prol tape cukup bagus. 

Penasaran kan bagaimana cara membuat prol tape ini? Just check it out … 

Bahan :

500 gr tape singkong yang matang, manis dan empuk

50 ml susu kental manis

2 butir telur

100 gr gula pasir

75 gr tepung terigu

125 gr margarin leleh

150 gr kismis 

100 gr keju cheddar parut

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.

2. Buang serat tape dan haluskan menggunakan garpu. Tuangi susu kental manis, aduk rata.

3. Dalam wadah lain kocok telur dan gula dengan mixer speed sedang sampai gula larut. masukkan tape halus, kocok sampai rata.

4. Masukkan tepung terigu, kocok perlahan sampai rata. Jika dirasa terlalu berat, matikan mixer dan aduk menggunakan sendok kayu sampai rata.

5. Masukkan margarin leleh, aduk sampai rata. Terakhir masukkan kismis, dan sebagian keju parut, aduk rata.

6. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan sisa keju. Panggang dalam oven selama 1 jam. Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong-potong kemudian sajikan.

Aneka tips membuat prol Tape Lezat Anti Gagal

1. Memilih Tape Singkong Berkualitas>>> Pilih tape singkong yang sudah matang, tidak terlalu berair, dan bertekstur lembut, karena tape yang sudah matang akan membuat cita rasa semakin lezat. Jika tape sudah manis, maka takaran gula pasir harus dikurangi supaya rasa manis prol tape tidak berlebihan dan tetap nikmat.

2. Jangan Menggunakan Tape Terlalu Banyak>>> Menambahkan tape secara berlebihan hanya akan membuat prol tape gagal mengembang. Sebaiknya ikuti takaran pada resep dengan teliti. Jangan sampai resep prol tape gagal tidak mengembang dan sulit matang karena kandungan tapenya terlalu banyak.

3. Membuang Serat-serat Tape>>> Serat-serat tape dapat mengganggu tekstur kue dan gagal mengembang. Pastikan serat-serat tape sudah tidak ada sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lain, sehingga prol tape akan terasa empuk karena mengembang sempurna dan tidak mengandung serat-serat tape.

4. Mengocok Campuran Margarin dan Gula>>> Penambahan tape akan membuat adonan agak sulit mengembang. Oleh sebab itu, terlebih dahulu kocok campuran margarin dan gula sampai benar-benar mengembang dan kental. Setelah campuran margarin dan gula benar-benar merata dan mengembang, barulah tape bisa ditambahkan. 

Referensi : 

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/kue-prol-tape-kue-nikmat-khas-jember

https://amp.kompas.com/travel/kue.prol.tape.oleh-oleh.dari.kota.jember

http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24500

https://faktualnews.resep-kue-prol-tape-khas-jember-yang-nikmat

https://radarjember.jawapos.com/headline/31/07/2019/mahasiswi-polandia-suka-kuliner-jember 

https://blueband.co.id/tips/cara-membuat-cake-tape-lezat-anti-gagal/

https://rina-dapurmanis.blogspot.com/2013/03/prol-tape-keju.html?m=1

Katalog Observasi Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang