Assalamualaikum guys (cailaaaa, kebanyakan nonton vlognya orang). Salam literasi.
Gimana kabarnya? Semoga teman-teman selalu baik-baik saja dan bisa produktif dalam berkarya.
Well, kali ini RAWS batch 2 datang menyapa teman-teman semua dengan nuansa yang berbeda dari sebelumnya. Jika di batch 1 kita banyak baca dan nulis tentang fiksi, kali ini kita akan membawa warna baru! Yups, kita akan menulis non fiksi (tolong dong tepuk tangan, biar kelihatan meriah).
Kegiatan kita kali ini lebih menantang, yaitu reading, researching, writing, editing and branding. Wow, jelas bukan hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang mustahil untuk bisa dilakukan. Jadi selama rentang bulan Maret sampai Agustus kita akan menulis artikel dari hasil riset/observasi/penelitian/wawancara ataupun pengalaman pribadi.
Jika ada yang penasaran, kenapa sih kita harus melakukan riset sebelum membuat tulisan? Mungkin, kita bisa menganalogikan seorang penulis dengan seorang Chef. Bagaimana mungkin seorang chef bisa menghidangkan makanan lezat jika dia tidak mempunyai bahan yang bisa diolah? Itulah pentingnya membaca dan meriset. Sebagai cikal dari konsep yang ingin kita tuangkan dalam bentuk tulisan.
Bunda AryNilandari pernah menyampaikan, untuk membuat satu tulisan, setidaknya seorang penulis harus sudah membaca 10 tulisan. Jadi, ayo mulai meriset.
Baca, pahami, bandingkan, tarik kesimpulan, lalu mulai tuliskan dengan bahasa kita sendiri. Sebagaimana prinsip dasar RAWS #RAWSTOLAKPLAGIASI, jadi jangan lupa untuk mencantumkan sumber bacaan kita ya.
Oke, mungkin cukup segini dulu secuit kata dari aku. Oh, hampir saja lupa. Aku, umisholihahaisha adalah salah satu member dari kelompok 20. Anggotanya ada riizukiii ZYurika Afadhilla_ Ayla_zf Calandra_Dawn ElardyAschere Khil_Antartika RagenZhang Ryeon9597 WahyuAlfarih
Doakan kelompok kita ya, semoga tetap utuh tidak lekang oleh seleksi alam, dan semoga kelompok lain juga bisa menyelesaikan event ini dengan mudah.
Kalau mau kepo-kepo dan kenal lebih dekat, cari aja di instagram @umisholihahaisha, follow aja dulu, siapa tahu jodoh. Eh, siapa tahu ntar bisa jadi sobat, hehe.
Udah ya, kali ini beneran udah kok.
Salam literasi. Tetap samangat. Jangan kasih kendor (apasih?!).
Wassalamualaikum.
KAMU SEDANG MEMBACA
Katalog Observasi
No FicciónWork ini didedikasikan untuk mengikuti raws research project yang diadakan oleh RAWSCommunity Batch 2 "Apa yang bisa kau tuangkan jika tekomu tak ada isinya?" -=Umisholihahaisha=- Jadwal update: Jumat (mungkin akan ada bonus update pada hari Sabtu...