3 | Makanan Dan Minuman Khas Pontianak

9 0 0
                                    

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Pontianak atau sering dikenal dengan Kota Khatulistiwa? Hayoo..hayoo.

Disana banyak makanan lezat khas Kota Pontianak sendiri. Pokoknya beda dari yang lain. Dan disana ada es krim khas Kota Pontianak juga. Hemm, nggak bisa membayangkan rasa es krimnya gimana kan?

Hayoo siapa pecinta es krim disini!? Ikut aku ke Kota Pontianak yuk! Hehehe...

Eitss, sebelum kita bahas es krim, kita jelajah makanannya dulu ya. Enak yang panas dulu baru ke dingin hahaha.

Makanan pertama yang patut dicoba yaitu bubur ikan ahian khas Pontianak. Menu makanan khas Pontianak yang satu ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Walau sama-sama menggunakan nama bubur namun hasil olahannya berbeda. Biasanya jenis bubur yang sering kita jumpai dan sering kita nikmati adalah bubur ayam. Bubur ayam mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Di Pontianak, kalian bisa merasakan bubur yang rasanya unik. Lalu apa sih yang membedakan bubur ikan ahian dengan bubur biasanya?

 Lalu apa sih yang membedakan bubur ikan ahian dengan bubur biasanya?

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Bubur ikan ahian (www.garnesia.com)

Nah, bubur ikan ahian ini berisi kuah dan potongan ikan laut atau ikan sungai. Biasanya bubur ikan ahian juga dilengkapi dengan sayuran dan telur ayam kampung. Bubur ikan ahian ini sering dijual pada malam hari. Malam-malam, udaranya dingin, makan bubur ikan ahian jadi nyess apalagi minumnya wedang jahe. Huhuhu, tambah hangat sambil dipeluk pacar wkwkwk.

Cusss kita pindah ke Lek Tau Suan. Ini nama makanannya susah dibaca ya, bikin lidah kelilit aja. Nama Lek Tau Suan membuat aku teringat dengan paklik dan bulik. Habisnya suku kata terakhirnya sama hahaha.

Hemm, jadi gimana sih bentuk dan rasa Lek Tau Suan? Aku tanya dulu deh, kalian pasti pernah mencoba bubur kacang hijau, kan? Nah, untuk makanan khas yang satu ini, kacang hijau juga menjadi bahan utama dalam Lek Tau Suan. Sesuai dengan namanya, Lek Tau Suan adalah sajian kuliner yang memiliki nama dalam bahasa Tionghoa yang artinya butiran mutiara kacang hijau. Karena kacang hijau yang digunakan telah dikupas, maka warna yang muncul tampak seperti mutiara yang terkena cahaya.

 Karena kacang hijau yang digunakan telah dikupas, maka warna yang muncul tampak seperti mutiara yang terkena cahaya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Lek Tau Suan (www.harrishotels.com)

Bahan sampingan lain yang digunakan untuk membuat Lek Tau Suan adalah daun pandan, gula pasir, dan campuran tepung tapioka. Biasanya, makanan khas ini disajikan dengan cemilan cakwe yang gurih agar saat disantap akan membuat citarasa yang super enak di mulut. Apalagi saat hujan atau dalam cuaca dingin, Lek Tau Suan akan membuat tubuh kalian menjadi hangat.

Research Story being an AuthorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang