5 | Pekerjaan Waiter Atau Waitress

6 0 0
                                    

Waiter/s adalah seorang pelayan atau pramusaji yang mengoprasionalkan pekerjaan se-efesien mungkin, untuk mempersingkat waktu agar bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Kegiatan yang dilakukan waitress sehari-hari yaitu:

1.    Menyambut tamu pada saat datang ( greeting)
2.    Mempersilakan tamu duduk (sitting the guest)
3.    Menuangkan air putih (puring of water)
4.    Menawarkan menu kepada tamu (taking order)
5.    Menyajikan minuman, setelah itu menyajikan makanan (presentation menu)
6.    Mengambil piring-piring kotor atau gelas-gelas kotor (clear up)
7.    Menawarkan makanan penutup atau minuman yang lain (abseling)
8.    Menagihkan bon atau tagihan keada tamu (billing)
9.    Mengucapkan terima kasih kepada tamu karena telah datang ke restoran  dan mengharapkan tamu untuk datang kembali (say thank you)

Lalu bagaimana pembagian waktu pekerjaan sebagai seorang waitress?

1.  Pekerjaan yang dilakukan waitress pada saat morning shift (shift 1)

Opening (prepare untuk breakfast seperti  serving dish, kebersihan restoran, kelengkapan cutteleriss, kelengkapan dan kebersihan set up-an dimeja)
> Handling breakfast
> Closing buffet breakfast
> Re-check kelengkapan set-up an dimeja
> Set up goblet

2.  Pekerjaan yang dilakukan waitress pada saat afternoon shift (shift 2)

> Recheck kelengkapan cutteleris di meja, dan kebersihan seluruh area restoran
> Handle lunch
> Prepare untuk dinner (jika ada reservasi untuk dinner)
> Handle dinner

3.  Pekerjaan yang dilakukan oleh night shift (pukul 22.00-06.00)

Clear-up goblet (closing)
> Recheck kebersihan seluruh area restoran
> Prepare untuk breakfast (kelengkapan chinaware, kelengkapan cutteleriss, kebersihan buffet, kebersihan makanan)

4. Pekerjaan yang dilakukan waitress pada saat ada event

> Memakai uniform yang lengkap dan rapi
> Hadir atau datang 15 menit sebelum pada jam kerja (sesuai schedule)
> Menghadiri breafing terlebih dahulu
> Recheck kebersihan area kerja
> Recheck kelengkapan cutteleriss dimeja maupun serving yang ada dibuffet
> Handling event
> Closing (clear up chinaware, glassware, maupun cutteleriss)

Ada pula posisi seorang waiter atau waitress

a.    Greeter
Bertugas untuk menyambut tamu pada saat pertama kali datang dan mengarahkan tamu untuk duduk diarea good view atau dimeja yang lain.

b.    Taking Order
Bertugas untuk menjual makanan maupun minuman kepada tamu, dimulai dari makanan dan minuman promo, makanan atau minuman favorit, makanan atau minuman termahal.

c.    Food Checker
Bertugas menagani captain order yang diserahkan ke kitchen dan mengontrol makanan sebelum disajikan keapada tamu.

d.   Runner
Bertugas membantu food checker dan mengantar makanan kemeja tamu yang sudah dipesan oleh tamu.

Beberapa ketentuan mengenai penampilan yaitu:

> Kebersihan badan (Cleanlines of the body)

Kebersihan badan harus mendapat peratian yang utama, badan yang kotor dan tidak terpelihara kebersihannya akan langsung merusak pelayanan yang diberikan kepada tamu. Untuk itu seseorang pramusaji harus mandi 3 kali sehari dan diusahakan menggunakan air hangat.

> Kulit (skin)

Kesehatan dan kesegaran kulit harus mendapat perhatian yang utama. Kulit juga sangat menentukan nilai dan mutu pelayanan yang diberikan kepada tamu.
a. Harus banyak minum, makan buah-buahan, cukup tidur dan
istirahat untuk menjaga kesehatan tubuh.
b. Laksanakan diet khusus untuk perawatan kulit
c. Segala macam penyakit kulit harus diberantas.Rambut (hair)
Masalah rambut juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Rambut ialah mahkota bagi diri dan harus dijaga kebersihannya, kesehatan dan kerapiannya.
a. Cuci rambut dengan shampoo yang serasi dalam waktu tertentu untuk menjaga kebersihan rambut.
b. Pergunakan minyak rambut, sisir dengan rapi. Rambut yang
acak-acakan mencerminkan pribadi yang acak-acakan
juga.
c. Bebaskan rambut dari kutu dan ketombe, jaga agar jangan
sampai menimbulkan aroma atau bau yang tidak sedap.
d. Pria tidak dibenarkan memanjangkan rambut.
e. Dilarang menyisir rambut atau menggaruk-garuk kepala ditempat umum terutama didekat dapur, meja makan dan peralatan makan.
f. Dilarang memegang rambut atau kepala pada saat melayani tamu.
g. Bagi wanita dibenarkan memanjangkan rambut hingga atas bahu. Tetapi jika dipanjangkan lebih dari sebatas bahu dengan alasan pribadi maka rambut harus ditutup dengan hair nett.

>Kumis dan Jenggot

Bagaimana juga service yang diberikan kepada tamu akan bernilai lebih baik jika karyawan yang memberikannya tidak memelihara kumis dan jenggot. Oleh sebab itu memelihara kumis dan jenggot dilarang sama sekali.

> Tangan dan Kuku

a. Kuku dan tangan harus bersih untuk menjamin kebersihan pelayanan yang diberikan kepada tamu.
b. Harus mencuci tangan sehabis merokok atau keluar dari refreshing room atau toilet.
c. Seorang karyawan tata hidangan makanan tidak boleh memelihara dan memanjangkan kuku. Ujung kuku kaki harus dipotong rapi dan tidak kelihatan kotor.
d. Pelihara kesehatan kulit telapak tangan, pergunakan jeruk nipis untuk mencuci tangan agar kulit menjadi lembut dan halus.
e. Jari tangan jangan ada kesan nikotin bagi yang merokok.
f. Hindari pemakaian cat kuku yang keras.

> Mulut dan Gigi

Bagian ini merupakan bagian terpenting dan tidak boleh dianggap remeh. Hal ini disebabkan karena setiap karyawan akan berhadapan dengan setiap tamu, atasan dan juga teman kerja.
a. Sikatlah gigi minimal 3kali dalam sehari dengan menggunakan pasta dan sikat gigi yang serasi.
b. Sering berkumur-kumur apalagi jika berjam-jam tidak makan sesuatu.
c. Makanlah dengan teratur, kesehatan perut akan berhubungan dengan rongga mulut.

> Kaki, kaus kaki dan sepatu

Kebersihan dan kesegaran kaki haruslah dipelihara secara cermat. Kaus kaki tidak boleh dipergunakan secara panjang sehingga menimbulkan bau kotoran busuk.
a. Pakai talcum powder pada telapak kaki supaya tetap segar meskipun banyak berjalan atau berdiri.
b. Pada waktu malam hari, ganjallah betis dan tumit dengan bantal sehingga ketinggiannya melebihi kepala, dengan cara demikian peredaran darah akan berjalan lancer dan akan mengurangi keletihan dan jari kaki tidak cepat rusak.
c. Hindari pemakaian sepatu yang ujung nya lancip agar tidak menimbulkan keletihan.
d. Bahan sepatu harus terbuat dari kulit yang bewarna gelap, selalu disemir sehingga bersih dan mengkilap.
e. Selalu perhatikan telapak sepatu, apakah ada sepatu yang menonjol.
f. Wanita dilarang memakai sepatu yang bertumit tinggi ketika sedang bertugas. Dianjurkan memakai stocking yang sama dengan warna kulit.

> Emas dan Perhiasan

a. Dilarang memakai perhiasan secara menyolok.
b. Karyawan wanita dilarang memakai ear ring ketika bertugas.
c. Hindari segala bentuk penampilan menyolok ketika bertugas.

Sumber :

https://barthaisite.wordpress.com/about/beverage/pengertian-waiter-waitress-tugas-tugasnya/

https://betypuspitasari.wordpress.com/2013/11/19/tugas-waiter-dan-waitress-2/amp/

=====

Finally, 5 chapter guys!! Rasanya seneng banget. Terharu akuu:(

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 31, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Research Story being an AuthorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang