Pernah terbayang gak dunia ini bakal dilanda wabah berbahaya hingga mematikan?
Pastinya ini membuat gempar semua orang di seluruh dunia.Tapi, tahukah kamu, dibalik musibah ini terdapat hikmah yang indah?
Tahukah kamu, Allah mendatangkan cobaan, Allah juga yang mendatangkan solusinya..Dibalik kesulitan, Allah selalu selipkan kemudahan..
Seperti di SuratAlam Nasyroh ayat 5, Allah Ta'ala berfirman yang artinya,
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."Ayat ini pun diulang di ayat berikutnya,
"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Alam Nasyroh: 6)Coba deh sekarang lihat di sekitarmu... banyak orang-orang terdampak karena wabah ini... seperti tukang ojek pangkalan maupun ojek online. Sumber pendapatan mereka menjadi berkurang karena penumpangnya banyak yang WFH... Mereka ingin di rumah aja, namun apa daya? Jika mereka tak keluar, tak ada penghasilan. Dapet uang untuk makan dari mana? Ada keluarga yang menantinya di rumah.. meskipun mereka masih bisa dapat penghasilan dari order makanan, tapi ya gak seberapa, gak seperti hari biasanya yg dapat penumpang banyak dalam sehari..
Supir angkot juga sama... jadi sepi penumpang. Banyangin udah jalan jauh... bensin habis, tapi penumpang dalam sehari misal cuma 10 orang. Kebayang dong buat beli bensinnya aja kurang.
Kaum Marjinal?
Karena ada wabah seperti ini beberapa orang jadi panik, beli banyak kebutuhan pangan untuk stok di rumah. Akhirnya bahan pokok banyak yang naik harganya. Di kondisi biasa aja mereka susah untuk beli bahan pokok... gimana di kondisi ekonomi yang sedang naik ini? Kebayang dong tambah gak bisa belinya...Tenaga Medis.
Mereka ini garda terdepan karena merawat pasien yang terkena penyakitnya. Namun, karena penularan penyakit ini lewat bersin atau droplet yang keluar, sehingga disarankan wajib memakai masker. Semua berbondong-bondong membeli masker medis... sehingga harga masker menjadi mahal dan langka. Para tenaga medis pun kekurangan masker dan beberapa APD lainnya..Namun dibalik itu semua mari kita lihat sisi satunya lagi..
Jiwa sosial kita banyak yang keluar...
Pengumpulan donasi APD untuk tenaga medis...
Pemberian sembako untuk pekerja harian lepas, kaum marjinal, ojol, opang dan yang membutuhkan lainnya...
Sampai Warung Tegal yang menyediakan makanan gratis.. MaasyaaAllah...
Semua orang berbondong-bondong bersatu mengumpulkan donasi untuk saudaranya...Inilah keindahannya... Inilah kemudahannya... Inilah solusinya... Ukhuwah berjamaah saling membantu yang sangat terlihat. MaasyaaAllah.. Tabarakallah... Semoga setelah wabah ini tuntas, saling membantunya tak lepas yaaa💞
Yuk sama-sama bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan pada Kita.. alhamdulillah... #bersyukur.
Tetap jaga kesehatan agar bisa selalu bermanfaat dan menebar kebaikan. Aamiin
KAMU SEDANG MEMBACA
#JurnalSyukur
Non-FictionSemua tulisan yang ada di sini merupakan kisah yang terjadi di dalam hidup "Author" tentang segala rasa syukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah SWT berikan. Dirangkum dalam #JurnalSyukur tuk menyambut Ramadhan di tahun 2020. Semoga bisa diberi ni...