Menumbuhkan Kesadaran
Sebelum kamu melakukan "Change your Mine" terlebih dahulu kamu harus "Open Your Mine". karena dengan membuka pikiranmu kamu sudah memulai langkah untuk menumbuhkan kesadaranmu .kesadaran sangat penting bagi sesesorang untuk memulai segala sesuatu. Melakukan segala hal tanpa kesadaran merupakan sebuah ketidakwarasan.
Kesadaran merupakan benih dari sebuah tindakan. Dimana kesadaran yang baik akan membuahkan sebuah hasil pencapaian yang baik dan kesadaran yang buruk akan membuahkan sebuah hasil pencapaian yang buruk.
Kalimat "kesadaran" berasal dari kata-kata "sadar". Kata ini kamus besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian insaf, tahu dan mengerti, ingat kembali. Lebih lanjut kata dasar sadar tersebut dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti menyadari, menyadarkan dan penyadaran. Semua ungkapan tersebut memiliki konotasi yang berbeda sesuai dengan perubahan kalimat dasar yang digunakan.
Kalimat "menyadari" dapat diartikan sebagai upaya dan usaha dalam menginsafi, mengetahui atau menyadari kembali. Menyadarkan berarti menjadikan (menyebabkan) seseorang sadar, menginsafkan, dan mengingatkan atau ingatan kembali(siuman). Penyadaran proses, cara, perbuatan yang menyadarkan. Kesadaran merupakan keadaan kensifan, mengerti atau hal yang dirasakan atau dialami oleh seseorang.
Dari makna sadar, kesadaran, menyadari dan penyadaran maka sadar adalah suatu tujuan yaitu lahirnya keinsafan, tahu dan mengerti dan ingatan kembali. Kesadaran merupakan situasi atau hasil dari kegiatan menyadari sedangkan penyadaran merupakan proses untuk menciptakan suasana sadar.
Sadar diri dimaknai dengan tahu diri. Tahu diri merupakan kondisi dimana seseorang mengenal hal ihwal diri serta mampu menempatkan diri sesuai dengan fungsi dan posisi yang tepat. Oleh karena itu orang yang tahu diri adalah orang yang mampu dan sanggup membawakan diri ditengah-tengaah kehidupan dan tidak mengalami kesulitan pada penerimaan orang lain akan berbagai kondisi dirinya.
Yang dimaksud menumbuhkan kesadaran disini adalah seberapa peka kamu terhdap kondisi yang ada dalam dirimu. Baik itu mengenai kondisi dirimu secara pribadi maupun kondisi hidupmu secara sosial. Singkatnya adalah faktor psikologis dan faktor sosiologis. Kedua faktor tersebut menjadi batu penyanggah atau pondasi setiap orang untuk mengembangkan dirinya.
Faktor psikologis atau faktor yang berhubungan dengan masalah perilaku / sikap seseorang (mental) menjadi satu dari dua faktor yang mempengaruhi tindakan seseorang. Dalam keadaan tertentu terkadang apa yang kita pikirkan dan rasakan baik di dalam hati maupun pikiran akan berimbas pada perilaku kita terhadap orang lain. Hal ini disebabkan karena faktor psikologis sangat kuat dalam memengaruhi kehidupan seseorang, terutama dalam memilih sebuah keputusan. Benar atau salah keputusan yang kita ambil akan berdampak langsung pada diri kita maupun orang lain di sekitar
Semakin kuat kesadaran diri itu pada seseorang, maka akan semakin besar pula kebebasan yang ada pada orang itu (Gerald Corey, 2007: 54).
KAMU SEDANG MEMBACA
Refleksi Diri (Self Improvement)
Non-FictionPengembangan diri adalah komponen terpenting untuk mencapai kehidupan yang luar biasa atau kesuksesan hidup seperti yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Pengertian pengembangan diri atau personal development jarang diartikan sebagai suatu istilah...