O6: diajak kenalan

205 55 6
                                    

Jina sibuk makan apel sambil mantengin tv. Di tv lagi nayangin acara makan-makan gitu, yang setiap makan orangnya mesti bilang ADUH GUSTIII...

Jina yang liat kadang niruin trus ketawa sendiri, gak tau kenapa. Akhirnya bosen sendiri trus liatin Mamahnya yang lagi sibuk mandangin kuku.

“Mamah tuh ngapain sih?” tanya Jina geregetan soalnya dari tadi Mamahnya gak berhenti mandangin kuku.

“Ini loh mandangin kukunya Mamah. Siapa tau kukunya salting,” jawab Mina ngaco.

Jina geleng-geleng. “Nanti Papah cemburu.”

“Nanti Mamah tabok kalo beneran cemburu.”

Jina ketawa.

“Gak belajar kamu, Na? Udah kelas sembilan bukannya rajin belajar malah males-malesan,” tegur Mina.

Jina cemberut. “Jina tuh pusing, Mah. Kepalanya Jina sampe mau meledak rasanya kalo mikirin pelajaran terus menerus. Lagian buat apa belajar di rumah kalo udah belajar di sekolah.”

HALAH TADI LO DI SEKOLAH ENAK-ENAKKAN TIDUR, JINA.

“Serah kamu.”

Jina nyengir.

“Nanti gak jadi sesekolah sama Kak Allen loh, Na,” celetuk Mina.

Duh, Mamah Mina sukanya mancing-mancing.

“Mamah berhenti dong bahas Kak Allen. Nanti Jina makin pusing,” keluh Jina.

Mina ketawa. “Lah kamu tuh pake acara suka-sukaan segala. Kayak dah ngerti cinta aja.”

“Emang udah ngerti ya, Mah! Jina tuh udah gede! Udah pengen punya pacar!” sungut Jina.

Mina makin ngakak. “Aduh anak Mamah udah gede ternyata. Tapi tetep aja ya, Mamah belum bolehin kamu pacaran sampe lulus SMP.”

“Iya iyaaa.”

“Tapi sayangnya, Kak Allen udah punya pacar ya, Na?”

“HISH MAMAAHH!!”

Mina-nya ketawa.

“Oh ya, Na, Mamah tadi bikin chiffon cake. Kamu mau nganter ke rumahnya Kak Allen gak? Sekalian tuh ngapel,” celetuk Mina bikin Jina melotot.

“Jina bingung deh,” respon Jina.

“Lah kok bingung??”

“Abis Jina sih pengen banget nganterin tapi di rumahnya Kak Allen mesti ada Kak Gyuri. IHHH GAMAU NANTI JINA MARAH.”

Mina ketawa. “Hush, gak boleh kayak gitu. Pacarnya Kak Allen itu.”

“Ya abis setiap liat Kak Gyuri nempel Kak Allen tuh tubuh Jina langsung memberontak pengen misahin mereka berdua. Kenapa ya, Mah?”

“Cemburu itu mah.”

“Trus gimana caranya biar gak cemburu?”

Move on lah,” jawab Mina lalu berdiri buat ngambil chiffon cake-nya.

Jina mendengus. Move on ya? SUSAHHH.

Mina dateng trus ngasih kotak makan isinya chiffon cake. Jina mukanya udah lesu banget soalnya dia MALES tapi dia mau nganterin.

“Mamah, nanti bantuin Jina move on,” celetuk Jina abis itu pergi buat nganterin kue-nya.

Mina ketawa trus geleng-geleng kepala.

Jina keluar dari gerbang eh liat Allen sama Gyuri baru keluar dari rumahnya. Jina dengan lesu ngehampirin mereka.

“Kak Allen,” panggil Jina.

Allen noleh. “Eh, Jina? Iya, kenapa?”

Jina nahan buat gak teriak. WOI ADA PACARNYA.

Jina nyodorin kotak makan yang dibawa, Allen langsung nerima.

“Wah apa nih?” tanya Allen.

Chiffon cake buatan Mamah.”

“Wah makasih ya.”

“Iya.”

Allen balik badan trus masuk rumah, ninggalin Gyuri sama Jina berdua.

“Halo, nama gue Gyuri,” sapa Gyuri sambil ngulurin tangan.

Mau Jina tepis tapi ntar dikira kurang ajar. Jadi Jina ngulurin tangannya juga. Saliman.

“Nama gue Jina.”

Seumur hidup nih ya, JINA BELOM PERNAH pake gue-lo sama orang. Oh, kecuali Gyuri.

“Tetangganya Allen ya?” tanya Gyuri ramah.

Pengen Jina jawab, 'ya menurut loee???', tapi gak jadi.

“Iya nih, Kak Gyuri.”

Pencitraan banget Jina ini.

Karena Jina liat Allen udah jalan mau keluar rumah, Jina langsung pamit pulang.

“Gue pulang ya, Kak,” pamit Jina trus lari balik ke rumahnya.

Allen yang keluar rumah, bingung.

“Loh Jina mana?” tanya Allen ke Gyuri.

“Barusan pulang. Kenapa?”

“Ini mau balikin,” jawab Allen sambil ngangkat piring sama kotak makan yang dia bawa.

“Oh, yaudah, balikin aja,” ucap Gyuri.

“Gak ah. Nanti kalo gak besok aja,” ucap Allen trus balik ke dalam rumah buat naroh piring sama kotak makannya.

Gyuri mendengus.

Sedangkan si Jina yang sampe rumah langsung ngehampirin Mamahnya yang lagi nonton berita.

“Mah, Mamah!”

Mina gak noleh cuman 'hm' doang.

“Masa tadi Jina diajak kenalan sama Gyu— eh, Kak Gyuri.”

Mina noleh. “Gimana kenalannya?”

“Ya dia bilang, 'halo nama gue Gyuri'.”

“Trus kamu jawab apa?”

“'nama gue Jina'.”

Mina ketawa ngakak. Baru pertama kali denger anak bungsunya ngomong gue-lo. Kayak ada dendam pribadi.

“Abis itu?”

“Yaudah, cuman gitu doang,” ucap Jina trus ngambil kripik ditoples atas meja.

Mina lanjut nonton tv.

“Tapi, Mah, kalo diliat-liat nih, Kak Gyuri cantik juga,” celetuk Jina.

Mina noleh lagi ke Jina. “Nah, gitu dong, memuji orang.”

“Tapi kalo dibandingin sama Jina, tetep cantikkan Jina sih.”

Gak jadi muji.

+++

vote sama commentnya dong sayangku:'(

kak allen ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang