Hai kamu sadboy dan sadgirl kebanggaan negara republik indonesia.
Entah kamu sekarang abis diputusin, diselingkuhin, digantungin, ga disukain balik, cuma dianggep temen, atau malah ga dianggep sama sekali? I know u're a strong person walau sebenernya kasian bgt.
Sakit ya? I dunno what you're feeling right know, but i'm sure pasti awal-awal rasanya kayak gamau hidup lagi di dunia dan ngerasa ga berharga banget, pengen nangis terus bawaannya.
It's a little bit dramatic sih tapi itu yang aku rasain pas patah hati, feels like semua yang aku lakuin ke dia tuh selama ini sia-sia banget. Dari sabarnya aku, pengertiannya aku, pemaafnya aku, perlakuan yang aku kasih ke dia udah gaada harganya sama sekali.
Aku gatau kamu juga merasakan hal yang sama seperti aku atau ngga karena setiap orang punya cara sendiri dalam menghadapi suatu hal.
Ada yang ngelampiasin ke hal positif, contohnya ibadah minta pertolongan ke tuhan, coba membuka diri ke hal hal yang belum pernah dia lakuin, mulai curhat ke orang tua, atau menyibukkan diri dengan segala macam kegiatan agar bisa lupa dari rasa sakit hati yang dia rasakan.
Tapi ada juga yang malah terjerumus ke hal-hal yang negatif, ga perlu aku sebutin pasti kamu ngerti kok apa maksudku.
... ♪ ~ ✮ ♥ ✮ ~ ♪ ...
Ketika kamu sakit hati, apapun yang kamu pikirin itu berubah jadi negatif dan emosional. Kamu bisa aja merusak dirimu sendiri karena gatau gimana cara ngadepin patah hati yang kamu rasain.
Aku disini, buat jadi temen kamu sakit hati.
Yes i'm a broken girl too, like you.Karena aku tipe orang yang cukup sensitif dan ga tau harus ngelakuin apa ketika sesuatu menimpa aku secara tiba tiba, yang bisa aku lakuin cuma diem. Aku jadi lebih pendiem dari biasanya dan kadang suka ngelamun sendiri.
Mungkin temen-temenku tau gimana cara aku menyikapi rasa sakit hati. Aku jadi lebih sering menghabiskan waktu sendirian, i think itu semacam healing tanpa campur tangan orang lain. Bener-bener aku yang nentuin mau apa aku kedepannya.
But whoever you are, kamu juga perlu temen cerita dan support system untuk bantu kamu keluar dari zona yang menyakitkan ini. Kamu harus sadar kalo masih banyak orang-orang yang sayang sama kamu.
Walaupun ga membantu banyak, tapi seorang teman cerita bisa membuat kamu merasa disayangi, dipedulikan dan diperhatikan. Daripada meriang merindukan kasih sayang dari doi ya kan?
... ♪ ~ ✮ ♥ ✮ ~ ♪ ...
Patah hati bukan suatu hal yang bisa membuat kamu langsung meninggal ditempat karenanya. Hidup kamu ga akan berakhir cuma karena patah hati.
Patah hati adalah wajar, karena cinta ga harus selalu berjalan mulus. jalan tol yg lurus tanpa ada polisi tidur aja ada grenjel-grenjel nya kan?
Like if you loved someone terus dia juga suka kamu terus pacaran, romantis-romantisan and then langsung nikah? kan ga seru banget gitu deh tolong. Kaga ada berantem-benrantem nya, flat bgt gitu kayak idung kamu.
But semua rasa sakit kamu, pasti ada balesannya.
You know what? Setiap rasa sakit yang kamu rasain, entah sakit fisik atau batin, itu semua adalah sebenar-benarnya kebaikan buat kamu. Apapun rasa sakitnya, sekecil atau sebesar apapun itu, tuhan dengan berbaik hati akan menggugurkan dosa-dosa kamu.Other than that, kamu akan bertumbuh menjadi seseorang yang kuat dan tekbal. apaan ya tekbal, kayak kokoh dan kuat gitu, ga gampang jatoh. Eh bener ga si? Ya gitulah pokoknya, hehehehehehe.
Aku belajar banyak dari patah hatiku yang terakhir, aku terlalu sakit dan terlarut-larut dalam rasa sakitnya. Akhirnya setelah aku sembuh, aku sadar. Aku patah hati karena terlalu berharap dan menggantungkan kebahagiaanku cuma ke dia. Jadi seolah-olah, setelah aku udah ga sama dia rasanya kayak udah gaada yang bisa jadi alasan buat aku bahagia dan aku ngerasa aku cuma bisa bahagia kalo sama dia. Apakah kamu juga sama?
... ♪ ~ ✮ ♥ ✮ ~ ♪...
Untuk sekarang, gapapa kok sedih. Gapapa jadi cengeng. Gapapa jadi anti-sosial. Gapapa ga nafsu makan. Gapapa jadi suka ngelamun. Gapapa ngerasa hampa. Gapapa selalu kepikiran dia. Gapapa selalu sakit hati kalo inget dia. Gapapa ngurung diri dikamar. Gapapa kok. Gapapa.
Nikmatin aja dulu sakitnya. Nanti setelah itu kamu pasti bakal sadar sendiri, aku gamau ngasih tau sadarnya dalam hal apa, tapi untuk semua hal yang kamu lakuin, jangan anggep itu tindakan lebay oke? Karena itu semua manusiawi.
Aku gatau apa yang kamu rasain, mungkin aku pernah berada diposisi kamu, tapi aku gatau gimana rasanya jadi kamu 'cause i'm not you.
Pesanku, semoga apa yang kamu perbuat jangan sampai merugikan orang lain. Jangan jadiin orang lain imbas kekesalan kamu atau kekecewaan kamu. Jangan bikin sakit hati orang lain karena tindakan kamu yang seolah-olah melampiaskan rasa sakit hati kamu tanpa sengaja ke orang lain.
Tolong, kamu jangan sampai melakukan self-harm dan ngelakuin hal-hal negatif lainnya. Aku yakin, banyak hal bisa kamu lakuin selain hal-hal seperti itu. Kamu harus buktiin ke orang yang menyakiti kalian kalo kamu bisa bangkit, bukan malah merusak dirimu sendiri.
Banyak kok yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan rasa sakit hati kamu, hal-hal baru yang selama ini belum pernah kamu lakuin. Just try it, kalo kamu belum coba kamu ga akan tau kan rasanya? But with the notes, harus hal-hal positif ya.
Kalo kamu tipe orang intovert dan gamau curhat ke siapa-siapa soal ini, kamu bisa curhat lewat tulisan. Iya, nulis diary. itu ga alay trust me. Tulisan itu bisa menjadi suatu luapan emosi kamu dan aku pastiin setelah kamu nulis apa yang kamu rasain, kamu pasti lega.
Sekarang coba kamu pikirin posisi dia, dia pasti punya alasan di setiap perbuatan yang dia lakuin ke kamu. Ya kecuali dia ada kelainan sih. Tapi coba juga ngerti posisi dia, mungkin dia emang ngerasa ga cocok sama kamu? Atau emang kesalahan ada di kamu? Coba ikhlas yuk!
Nah sekarang gantian pikirin kebahagiaan kamu sendiri, kalo menurutmu dia selalu bikin kamu sedih dan ga pernah bahagia, ya ngapain dikejar lagi? You don't have tho.
Sebuah hubungan harus berjalan seimbang. Kamu berjuang, dia juga harus berjuang. Ga bisa cuma kamu atau cuma dia doang. Memikirkan kebahagiaan diri sendiri juga perlu. Ini bukan egois, tapi memprioritaskan diri.
Stop berpikiran kalo kamu bakal hancur hanya karena mengalami patah hati. Tuhan selalu punya cara untuk bisa melindungi hambanya dari segala macam hal buruk. Entah lewat hal-hal yang menyakitkan atau lewat hal-hal yang membahagiakan.
Patah hati adalah salah satu cara tuhan menjauhkan kamu dari seseorang yang tidak tepat, bisa jadi orang itu akan membawa kamu ke hal-hal yang buruk, hal-hal yang akan kamu sesali kemudian hari. Atau mungkin ketika kamu terus mempertahankan dia, kamu akan mengalami patah hati yang lebih menyakitkan dari ini.
Percaya deh, jika dia emang jodoh kamu pasti akan dipersatukan lagi. Mau dia jadian sama orang lain, pindah negara, nyemplung ke empang terus ilang, pasti bakal sama kamu lagi. Ya karena dia jodoh kamu, pasti dia akan jadi milik kamu di waktu yang sudah direncakan tuhan.
Akan ada skenario-skenario baru yang bisa kamu temuin setelah ini, ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari rasa sakit ini.
Karena ga semua orang yang kita suka, harus menyukai kita. Sama hal nya ketika kita ingin sesuatu yang tidak bisa kita miliki, mau sebesar apapun usaha dan pengorbanan yang kita lakuin, jika sejatinya itu bukan milik kita, ya tidak akan menjadi milik.
All the love, A