[Ray Dhanadyaksa]
"Ray!" panggil seseorang yang suaranya tidak asing di telinga gue.
Gue menoleh, benar kan, dia.
Meysha Fradella. Perempuan cantik berhati lembut. Yang berhasil menempati tahta di hati gue, tanpa sedikit pun dia sadari.
"Ray!" panggil dia sekali lagi sambil menepuk pundak gue.
Gue menatapnya, memberikan seluruh atensi gue untuk dia. "Kenapa?"
"Lo tahu nggak, makin banyak warga yang terkena penyakit itu, tahu!"
Gue suka saat dia sudah mulai bercerita. Wajah antusiasnya membuat gue terbuai dalam pesonanya. "Penyakit yang katanya karena kita memegang daun... daun apa ya?" Serius gue lupa.
Meysha memutar bola matanya malas. "Daun hyrex."
Gue mengangguk paham. "Siapa memangnya?"
Raut antusias kembali lagi ke wajahnya yang cantik. "Anaknya Pak Danu yang masih sepuluh tahun, kasihan banget kan ya?"
Pak Danu itu tetangganya Meysha, dan warga Desa Tiwa tentunya.
Gue mengangguk lagi. "Udah di kasih ramuan bikinan Mbok Yu?"
Nah, kalau Mbok Yu, jagonya bikin ramuan untuk meredakan rasa sakit penyakit hyrexin. Tapi, tetap tidak bisa menyembuhkannya.
"Udah. Gue heran kenapa masih ada aja ya, yang kena penyakit hyrexin padahal waktu itu, sama Pak Banyu udah di basmi tanamannya," ucapnya menunjukkan wajah heran.
Pak Banyu adalah Kepala Desa Tiwa, sebagai Kepala Desa, tentu saja ia bertindak. Beberapa hari yang lalu, orang kepercayaan Pak Banyu, ia bayar untuk memotong daun hyrex sampai tidak tersisa. Tentu saja, orang-orang kepercayaan Pak Banyu tetap berhati-hati dengan menggunakan sarung tangan.
Penyakit karena memegang daun hyrex itu, kami warga Desa Tiwa menyebutnya penyakit hyrexin. Karena penyakitnya mucul setelah seseorang menyentuh daun hyrex.
Nih gue kasih tahu, bentuk daun hyrex itu sangat khas, di setiap sisi daun terdapat lengkungan asimetris dan di bagian daunnya terdapat garis acak yang tidak beraturan. Daun hyrex memiliki warna hijau tua bergradasi merah yang sangat mencolok. Panjangnya sekitar 8-10 cm dan memiliki lebar mungkin 4-6 cm. Daun hyrex, termasuk tanaman liar yang bisa tumbuh diantara daun apa saja. Mungkin bisa disebut benalu, parasit atau semacamnya.
Penyakit yang di sebabkan karena menyentuh daun hyrex bukan penyakit biasa, ia bisa menyebabkan ruam yang amat menyakitkan di tangan, bahkan bisa menjalar sampai seluruh tubuh. Juga menyebabkan demam berkepanjangan dan lumpuh sementara.
Jangka waktu dari kita menyentuh daun hyrex sampai kita merasakan sakit itu, kalau tidak salah selama sepuluh jam atau paling lama seharian. Jika lebih dari itu, kita tidak merasakan sakit apapun, walaupun kita telah menyentuh daun hyrex. Berarti, kemungkinan besar daun yang kita kira daun hyrex itu bukan daun hyrex.
KAMU SEDANG MEMBACA
Werifesteria
Adventure[BACA SECARA LENGKAP DI PLATFORM DREAME] Ketika sebuah penyakit yang obat penawarnya hanya berada di dalam hutan melanda sebuah desa. Membuat semua orang merasa was-was dengan hal itu. Termasuk lima remaja yang sama-sama meranjak dewasa. Mereka berl...