Hai bestie, dalam meraih impian yang paling penting adalah ketahanan mental kalian. Kalian harus siap saat gagal. Kalian harus siap menjalani proses yang panjang dan terjal. Kalau ditengah jalan kalian lelah, bolehlah beristirahat sebentar, tapi jangan lupa untuk bangkit dan berjuang lagi.
Aku sudah menulis dari SD, tapi karirku sebagai penulis aku hitung sejak tahun 2012. Karena saat itu adalah kala pertama aku berani mengirimkan naskah untuk mengikuti sebuah lomba. Hasilnya, kalah tentu saja. Karena waktu itu aku menulis sekadarnya saja. Nggak tahu apa itu PUEBI/EYD, majas, diksi dan lain sebagainya tapi nekad aja buat mengirim naskah ke lomba menulis novel sastra yang bergengsi. Agak sedikit polos ya.
Sekarang tahun 2023, kalau dihitung sudah 11 tahun berarti ya. Kalau punya anak sudah mau lulus SD. Lama juga ya. Mendadak aku jadi merasa tua. Wkwkwk. Padahal aku ngaku umur 17 tahun selamanya ya. Semangatku yang masih seperti anak 17 tahun. Aku nggak akan kalah sama para bestie sekalian dalam mengejar impian.
Aku sebenarnya generasi 90-an. Yang dulu kerjaannya nonton doraemon dan dragonball di TV pas hari minggu. Zamanku kecil dulu, TV adalah media paling istimewa, karena belum ada android dan internet belum sepesat sesekarang. Bestie yang lahir tahun 2000-an harus bersyukur, kalian lahir di era yang penuh dengan kemudahan. Dulu, aku kalau mau baca novel gratisan harus ke perpustakaan umum dulu. Sore juga udah tutup. Sekarang kalian tinggal install wattpad aja kan. Bisa baca gratis di mana saja dan kapan saja. Menurut aku, ini malah membuat anak generasi 2000-an jadi kurang daya juangnya, karena hidupnya serba mudah. Segalanya sesuatunya mau yang instan. Termasuk kesuksesan. Ada anak yang ngeluh ke aku melalui DM bahwa cerita dia nggak laku padahal dia udah nulis di wattpad selama 4 bulan. Terus dia minta tips gimana caranya dapat pembaca di wattpad. Maaf saja ya bestie, aku nggak tahu gimana caranya. Karena aku baru bisa bonding ke pembaca setelah dua tahun lamanya mainan wattpad dari tahun 2016-2018. Aku nggak tahu cara-cara yang instan.
Jadi bestie, buat kamu yang merasa susah dapat pembaca. Tetap semangat karena aku juga merasakannya, walaupun sudah 11 tahun lamanya berkarya. Nikmati saja prosesnya. Manusia itu hanya bisa berusaha, karena kita adalah tokoh dalam kehidupan. Endingnya yang menentukan adalah Sang Pencipta. Jika mental bestie sekuat baja, yakinlah suatu saat entah setahun, dua tahun atau mungkin sebelas tahun, impian kalian pasti akan tercapai.
Semangat...
KAMU SEDANG MEMBACA
Saat Naskahmu Ditolak
Non-FictionWork ini berisi tentang bagaimana aku mengatasi kegalauanku saat naskahku ditolak dan nggak laku juga di wattpad sampai akhirnya aku menemukan cara sendiri untuk menikmati proses kehidupan sebelum mencapai impian. Cerita ini kutulis buat kamu yang...