Oke jadi, bulan Maret pada tahun kembar, saia dan semua anak disekolah Indonesia(mungkin) diliburkan. Eh gk dey, lebih tepatnya belajar dirumah atau home learning, dikarenakan... yaa you know lah.. Gara" si Coro na:v
Reaksi saia dan teman" sekolah saia saat diumumkan bakal menjalani home learning tentu SENEEEENGG banget dong. Soalnya bisa punya waktu lebih lama untuk main hp, bisa ngerjain tugas online sambil rebahan(kaum" rebahan sueneng iki pasti e), bisa nonton anime/drakor/film, dan masih banyak lagi hal" lain yg biasanya diimpikan pelajar" saat lagi masa nya keselek tugas.
Awalnya sih yaa.. Begitulah, bingooonggg rek astaga. Kudu download aplikasi iki lah, aplikasi iku lah, trs pas ws download gaiso gawe e lah, yo pokok e ngunu..
Walaupun awal" nya agak mumet, tapi lama kelamaan dah terbiasa kok ehe. Awalnya semuanya seneng gitu kalau home learning, soalnya ya kyk tadi yg dah saia sampaikan.
Namun.. 1 bulan berlalu, tak sedikit teman saia yg sudah agak bosen #dirumahaja. Ya saia sebagai anak yg agak nolep sih b aja, soalnya enak aja gitu dirumah. Tapi anak" yg biasanya suka main keluar nih yg agak susah kalo disuruh #dirumahaja.
Eh btw, sebenarnya saia nih nolep apa nggak sih.. Kok menurut saia, saia ini introvert, tapi kadang juga bisa jadi ekstrovert, ah mbuh lah (saia ambivert kyk nya)
Oke, back to the topic. Selain dah bosan #dirumahaja, saia dan teman" ini sedikit demi sedikit merasakan dampak yg agak negatif dari home learning. Yaitu:
1. Tugasnya harus sudah selesai hari itu juga (biasanya kan kalau sekolah biasa itu tugasnya bisa dijadiin pr, tapi pas home learning itu nggak gituloh)
2. Ada beberapa pelajaran yg nggak dijelasin gituloh, jadi murid" nya tuh cuma diberi soal dan ga ada penjelasan/materi nya(biasanya langkah jitu nya sih ya buka mbah gugel)
3. Kuota. Ya ini ni masalah yg agak besar. Soalnya biasanya itu banyak kan ya yg kalo nggak punya kuota trs pergi ke warkop" yg ada wifi nya atau ke cafe" gitu. Lah mumpung gk boleh nongkrong" kyk gitu, kaum" gk bondo kuota pun akhirnya mengeluarkan uang" nya untuk beli kuota.
Tapi kaum pengguna wifi juga ada gk enak nya sih, pas ngerjain tugas tiba" lampu mati, pas mau ngirim tugas ehh tiba" nya eror. Kan gk enak gitu, alhasil kaum pengguna wifi pun membeli kuota untuk jaga".
4. Jaringan. Kalau jaringan nya lancar jaya sih ya b aja gitu. Tapi kalau jaringan nya lagi lelet dan deadline tugas mepet, rasa nya pengen banting hp seriusan.
5. Disuruh baca materi sendiri dan disuruh mahamin sendiri. Ya ini ni hal yg gaenak banget buat kaum" yg gasuka baca buku. Makanya, kalian nih jangan lupa tiap hari baca buku atau baca apa gitu, pokoknya biasakan perilaku membaca.
Oke sekian dulu ya, sebenarnya saia dah pengen buat cerita ini dari dulu pas pertengahan home learning, tapi gara" tugas, jadi nggak jadi ehe..
Oh ya, jgn lupa baca cerita saia yg lain yaa, makasih banyak🙏
To be continued~
KAMU SEDANG MEMBACA
Gara-Gara Corona
HumorSebuah kisah tentang anak nolep yang menjalani masa karantina.