Chapter 2-Ujian di masa pandemi

31 2 0
                                    

Okeh, setelah 2 bulanan kita para pelajar Indonesia belajar sendiri di rumah, tibalah saat penentu hasil belajar kita selama ini. Yap, UJIAN. Berhubung saat itu saia masih kelas 8 SMP, saia melaksanakan ujian kenaikan kelas. Dan kakak-kakak yg dah kelas 9 atau 12, dan juga adek-adek kelas 6 melaksanakan ujian kelulusan.

Biasa nya saat masa masuk sekolah, ujian inilah yg sering menjadi momok pelajar-pelajar, karena kaum-kaum datang ke sekolah niat dapat uang jajan, mengerahkan otak dan waktu nya untuk belajar ngebut.

Tapi lain cerita lagi kalau ujiannya di laksanakan di rumah. Yaa... You know lah cara jitu jawab soal ehehehehe. Mungkin banyak ya murid-murid senang kalau ujian nya dirumah soalnya kalau ujian di rumah bisa buka mbah gugel karena lebih cepet atau instan. Ada juga yg senang bisa buka buku karena lebih terpercaya. Dan.. ada juga yg belajar tekun, trs pas ujian gk nyontek apa-apa(saia salut sama yg tipe ini, seriusan)

Namun, ujian dirumah ini juga ada dampak negatifnya yaitu: Murid-murid terlalu "Menanggap remeh" ujian, jadi mereka itu punya pikiran, "Halah.. gak perlu belajar, nanti pas ujian juga bisa buka gugel, buka buku juga bisa".
Jadi mereka nggak berusaha belajar gituloh. Istilah jawanya itu NGENTENGNO.
Ya menurutku gitu sih dampak negatifnya ujian di rumah (daring).

Oh ya, kalau saia pas ujian dirumah itu 1 hari sebelum ujian, saia belajar dulu, ya kayak ujian biasa gitu. Terus kalau pas ujian ada soal yg saia lupa jawaban nya, saia baru buka buku. Saia milih gk sering-sering buka gugel karena gugel iku terkadang menyesatkan rekk astaganaga!!!! Aku garap soal trs nyontoh gugel ae akeh seng salah, alhasil biji ku elek(pas ulangan harian).

Tapi bukan berarti saia gapernah buka gugel saat ujian, saia pernah buka, tapi kalau soal nya itu menyangkut materi yg nggak ada di buku gitu.

Oh ya, ujian di rumah juga ada lagi dampak negatifnya. Tapi yg ngerasain dampak ini cuman beberapa orang aja, gak semua.
Jadi.. gk enak nya ujian dirumah dan kalau kita punya adek yg masih kecil adalah adek kita tuh sering ganggu kita waktu ujian, ya namanya juga anak kecil yg polos dan ga tau apa-apa. Tapi dampaknya ke kita tuh gaenak.

Kita jadi sering ga fokus gara-gara suara-suara nya. Terus adek kita dgn polosnya minta buat kita main sama dia. Terus kalau kita bentak atau marahi dia(karena dah ganggu ujian) malah kita yang kena marah. Yaa pokok nya gitu-gitu.

Kalo punya kakak yg dah gede juga belum tentu enak. Mungkin ada kakak-kakak kalian yg bantu ngerjain soal ujian nya. Tapiii... Banyak kakak-kakak lain yg malah bodo amat urusan mu bukan urusan ku, urusan ku bukan urusan mu.

Dan saia yg sendirian aja tidak merasakan kedua hal tersebut wkwkwk.

To be continued..

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 27, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Gara-Gara CoronaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang