Gue gak tau mau kasih judul apa.
Apa semua orang hidup punya tujuan?Gue pernah iseng nanya ke orang orang apa sih tujuan hidupnya pada. karena gue sendiri gak tau tujuan hidup gue dalam arti sebenarnya gue mau apa. Kalo dibilang mau sukses dunia akhirat semua orang pastinya mau itu.
Gue boleh kan ngehubungin tujuan hidup sama cita cita?
Sebelumnya gue mau kasih tau antara cita cita dan tujuan hidup merupakan dua kata yang memiliki makna yang beda, namun bisa saling berkaitan.
Cita cita singkatnya keinginan atau impian yang nantinya akan lu jalanin semasa hidup, sedangkan tujuan hidup adalah sesuatu yang ingin lu capai diakhir kehidupan.
Kaitannya dimana?
Oke jadi gini, menurut gue, dengan tercapai atau tidaknya cita cita lu, lu dengan itu bisa mengusahakan agar tujuan hidup lu bisa terealisasikan.Oke gue masuk ke definisi panjang cita cita dulu
Hasil pencarian gue di gugel "Cita cita adalah suatu impian dan harapan seseorang,cita cita adalah mimpi,mimpi adalah kunci yang akan menentukan mau jadi apa kita nanti di masa depan.bagi sebagian orang cita cita,impian,itu dapat memotifasi dirinya sehingga sikap perilaku dan segala aktivitas yang dilakukan diusahakan demi mencapai cita cita nya suatu hari nanti."
(dari kompasiana, ditulis sama Vira Mauliyani setahun yg lalu)Ngomongin cita cita, lu pada pastinya punya cita cita dong dari kecil. Sekarang gue tanya, yang lu lakuin sekarang nih, yang lagi lu kerjain hari ini, apa itu sesuai dengan cita cita lu?
Apa sekarang kesibukan yang lu punya mendukung cita cita lu tercapai?
Kalo boleh jujur, yang gue jalanin sekarang sebenernya gak sesuai dengan cita cita yang gue mau. Karena apa? Gue gagal di jalan untuk gue sampai ke cita cita gue.
Oke, gue kasih tau. Mungkin gak satu dua orang yang ngalamin hal yang sama kaya yang gue alamin sekarang. Tapi percaya deh, yang lu jalanin hari ini itu yang terbaik dari Tuhan.Gue pun sebenarnya pernah menyesalkan hidup yang sekarang gue jalanin. Tapi gue pernah dibilangin "banyak orang di luar sana yang pengen hidup di kondisi lu saat ini"
Kalo dipikir pikir manusia gak ada cukupnya ya, selalu ngerasa kurang aja gitu.Di awal bagian 3 ini gue bilang nanya ke orang orang apa sih tujuan hidupnya. Gue ngide bikin gform dan gue share di status wa gue. Ga nyangka banget, respon temen temen gue sebaik dan seantusias itu
Pertanyaan gue di gform itu cuma mencakup dua hal, cita cita dan tujuan hidup. Ada jawaban yang bikin gue terharu, bikin gue ngakak, dan yang paling parah ada jawaban yang bikin gue malah bingung wkwkw
Cita cita nya macem macem, mulai dari guru, pengusaha, nutrisionist, penulis, ibu rumah tangga, dll. Dan tujuan hidup semuanya kompak pada jawab sukses dunia akhirat.
Ngomong ngomong nih ya, sukses itu pilihan, dan setiap orang punya standar kesuksesannya masing masing. Jadi lu ga bisa yang namanya main judge orang "ih kok lu gitu ya, ih kok begitu sih, lah kok gitu" gue kasar gak sih?
Kalo ada yang nanya, Eh kok lu bilang sukses itu pilihan? Emang ada orang yang milih gak mau sukses?
Ini bukan soal ada orang yang milih gak mau sukses, gue yakin pembaca gue disini juga pada mau sukses. Tapi apa nya tuh yang jadi pilihan?
Jawabannya adalah perbuatan dan kesibukan lu sekarang.Gue balik ke kalimat pertanyaan gue diatas
"apa perbuatan atau kesibukan lu sekarang itu mencerminkan orang orang yang berusaha mencapai kesuksesan?"Ayo, sekarang belum telat. Garis start belum terlampaui jauh.
Buat jawaban kuisioner yang bilang kesibukan gue sekarang gak mendukung cita cita, jurusan gue gak sesuai cita cita, dan lain lain. Tenang, sama yang kaya gue bilang diatas, Hari ini gue juga berada di plan B kehidupan gue dalam mencapai cita cita. Oke gue berkali kali yakinin diri gue gak ada yang salah dari hidup gue sekarang. Entah plan B, plan C, plan D dan plan seterusnya. Dan kalian juga harus ngeyakinin hal itu dalam diri kalian. Itu semua tetep bisa jadi jalan untuk kalian mencapai garis akhir, yaitu tujuan hidup.
Tulisan gak jelas ini akan gue akhirin dengan kalimat yang gak kalah ga jelasnya
'akan selalu ada masa masa yang keluar dari jalur harapan yang kamu mau, itu wajar'
'akan selalu ada orang yang gak suka sama pilihan kamu, gapapa, itu wajar'
'akan selalu ada takdir yang jauh berbeda dengan ekspektasi, itu sangat wajar'
Gimanapun keadaannya
Bumi harus tetap berputar
Kehidupan harus tetap berjalanJadi, jalani hari ini dengan sebaik baiknya, bukan lagi tentang hal mengeluhkan sesuatu "kok dulu gue gak gitu aja ya?"
KAMU SEDANG MEMBACA
kutipanris
Short StoryLu tau gak kalo ada beberapa penulis fiksi yang sebenernya nulis kehidupan dia tapi dengan nama tokoh yang berbeda?