Halo,,senang sekali akhirnya bisa menulis apa yang saya suka.
Tentang kita kayaknya bagus ya kalo dijadikan fiksi,tapi maaf saya kurang pandai menulis fiksi.😅
Daya khayal agak cetek,bingung mau bikin konflik kehidupan.
Mungkin karena kelamaan ga bikin konflik sama diri sendiri kali yaa..🙄Btw langsung aja ya yang saya mau bahas tentang kita disini adalah tentang kita sebagai manusia.
Manusia dikenal sebagai mahluk individual sekaligus mahluk sosial.
Dalam artian kita perlu sendiri tapi juga perlu orang lain.Apa saja mengenai kita sebagai mahluk individual.
Disebut mahluk individual, karena lahir sendiri, meninggal juga sendiri.
Namun kita hidup di lingkungan sosial,dalam artian disini kita hidup di suatu tempat rame-rame.
Jadilah kita mau ga mau berhubungan dengan orang-orang dan segala hal dalam lingkungan kita.Kita tidak bisa memilih harus menjadi salah satu saja dari kedua hal itu.
Mau jadi mahluk individual aja atau mahluk sosial aja.
Ga bisa..
Karena dari awal kita lahir sudah melalui ibu,jadi sudah ada perantara orang lain.
Jadi sudah pasti kita lahir secara individual tapi lahirnya di lingkungan sosial.Bagaimana kalo kita mengasingkan diri di hutan.
Bukankah kita sendirian kalo di hutan?
Hmm,,tapi di hutan ada pohon,ada hewan,ada hantu juga mungkin,hehe..Intinya kita ga mungkin sendirilah di dunia ini.
Lawong di dalam tubuh kita aja ada mahluk lain kok.
Di kulit ada jamur,ada kuman,di perut ada cacing,di kepala ada kutu,,
Jadi ga ada kesendirian dalam hidup kita.Pemikiran yang dangkal hanya akan melihat dipermukaan saja.
Saat kita buka pintu pemahaman lebar-lebar,kita akan menyadari bahwa apa yang kita yakini selama ini tidaklah sedangkal itu adanya.Banyak hal bisa menjadi contoh.Hal sederhana yaitu membunuh, dikatakan seorang pembunuh apabila membunuh mahluk yang kasat mata secara kejam.
Padahal semua mahluk didunia ini saling membunuh.
Kita setiap detik membunuh,gerakan kita setiap saat membunuh banyak microorganisme yg tidak kasat mata.
Kita mengelap hidung saja membunuh berapa juta microorganisme yg ada di hidung dan tangan kita.Tapi hal begini tidak perlu terlalu ditanggapi,pakai selingan aja,buka buka pemikiran lebih luas dikit.
Terdapat banyak teori dan pemikiran didunia ini.Dan semua hal tersebut sangat membantu kita dalam hidup yang kita sama-sama tidak tahu bagaimana caranya menjalani.
Banyak benar dan salah yang kita tahu didunia ini.Semua itu berdasarkan pemikiran-pemikiran manusia.
Yang membagi segala sesuatu menjadi baik,buruk, benar,salah,dll.
Pembagian itu sudah menjadi sebuah keyakinan dan kepercayaan bagi kita.Kita meyakini sesuatu itu baik dan buruk karena memang begitulah orang-orang mengatakannya.
Bukan sebatas kata,melainkan sudah menjadi sebuah aturan.Baik itu tertulis maupun tidak.Kalau kita kupas satu-satu tentang apa yg diyakini itu benar dan salah,tidak akan ada penyelesaiannya.
Karena seperti kita ketahui bahwa kebenaran bisa menjadi kesalahan,dan kesalahan bisa menjadi kebenaran.Kita mengenal namanya sudut pandang,setiap orang punya sudut pandang berbeda.Tapi kalau kita telusuri semua berada dalam satu garis.
Adakah yang bisa menjelaskan sudut sebuah meja kotak?berapa ada sudutnya ?
Jawabannya adalah tidak ada.Kita coba bahas perlahan-lahan.Suatu benda tampak bersudut jika kita lihat dengan mata kita.
Tapi coba kita tutup mata dan letakkan tangan pada benda itu,kita susuri benda itu dengan tangan kita.Apakah kita menemukan sudut itu?
Bukankah bila kita telusuri dengan tangan semua bersambung tanpa sudut.
Bahkan kita tidak bisa menemukan pangkal dan ujungnya lagi.Awal dan akhirnya,karena setelah diselusuri semua berlanjut sampai kita memutuskan untuk berhenti dan membuka mata kita.Kembali tentang kita.Semua hal tentang diri kita hanyalah sebuah tampakan kasat mata.
Jika kita mau menelusuri lebih dalam maka kita akan menemukan bahwa semua itu tidak berwujud.Itulah kenapa semua hal di dunia ini kita lihat mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
Karena perubahan itu terjadi setiap saat,setiap detik,setiap waktu.Semua yang saya bahas di tulisan ini, bukan bermaksud mempengaruhi apapun yang sudah terjadi di dunia ini.
Bukan berarti kita boleh membunuh semau kita.
Hanya berbagi tentang sebuah pemikiran yang terkadang kita abaikan.
Sekali lagi semua aturan yang terdapat di lingkungan kita memang dibuat berdasarkan pemikiran-pemikiran yang panjang.
Semua itu mempermudah kita dalam menjalankan hidup bersama-sama.
Memberi kita rasa aman dalam berinteraksi dengan orang lain.
KAMU SEDANG MEMBACA
RUANG RENUNGAN SEHARI-HARI
Non-FictionIni hanya sebuah tulisan yang berisi pemahaman-pemahaman ringan penulis tentang sesuatu dan berbagai hal dalam kesehariannya. Bukan sesuatu hal yg hebat,hanya sebuah pandangan sederhana yang mungkin out of the box dari pemikiran kseharian kita. Kare...